Preview Film: Nine Lives (2016)

Selama ini, ada mitos yang menyatakan bahwa seekor kucing itu memiliki sembilan nyawa. Entah benar atau tidak, yang pasti, anggapan tersebut masih melekat di kalangan masyarakat hingga saat ini.

Salah penyebab seekor kucing dianggap memiliki sembilan nyawa, alias tidak mati-mati, mungkin, adalah fakta bahwa binatang penjilat itu mampu meloncat dan jatuh dari sebuah gedung tinggi, namun tetap hidup. Fenomena tersebut sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah.

Kucing dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki keseimbangan yang sangat baik. Setiap kali terjatuh, mereka dapat memosisikan diri dengan kaki menapak terlebih dahulu. Jika jatuh dalam posisi terbalik, seekor kucing bakal segera sadar dan mampu memosisikan kakinya di bawah.

Saat terjatuh dan hampir menyentuh tanah, kaki-kaki kucing biasanya akan meregang. Lalu, saat menempel tanah, mereka akan menekuk kaki untuk mengurangi kecepatan jatuh, yang biasanya 100 km/jam. Dua kali lebih lambat daripada manusia yang mencapai 200 km/jam. Jadi, keempat kaki kucing yang panjang dan berotot itu bisa berfungsi sebagai pegas, yang bakal menahan tubuh mereka saat jatuh dari ketinggian.

Nah, mitos dan misteri seputar kucing inilah yang diangkat menjadi sebuah film komedi berjudul Nine Lives. Meski diproduksi oleh studio asal Prancis, EuropaCorp, film besutan sutradara Barry Sonnenfeld ini dibintangi oleh sejumlah bintang terkenal dari Hollywood. Sebut saja Kevin Spacey, Jennifer Garner, Robbie Amell, dan Christopher Walken.

Kisahnya berawal dari Tom Brand (Kevin Spacey), seorang pengusaha sukses dan seorang workaholic yang tidak punya waktu untuk berkumpul dengan keluarganya, yaitu sang istri (kedua), Lara (Jennifer Garner), dan putrinya, Rebecca (Malina Weissman). Hubungan Tom dangan David (Robbie Amell), putranya dari istri pertama, Madison Camden (Cheryl Hines), juga buruk.

Suatu ketika, Rebecca berulang tahun yang ke-11. Tom kehabisan ide untuk memberi kado apa pada putrinya tersebut. Akhirnya, ia membeli seekor kucing dari sebuah pet store eksotik milik Felix Perkins (Christopher Walken).

Sialnya, dalam perjalanan menuju pesta ulang tahun sang putri, Tom mengalami kecelakaan lalu lintas. Saat membuka mata, dia terbangun dalam tubuh si kucing yang diberi nama Mr. Fuzzypants (Jon Olson). Sementara itu, tubuhnya sendiri terbujur koma di rumah sakit.

Untungnya, Rebecca kemudian memelihara Mr. Fuzzypants, yang tak lain adalah “bokap”-nya sendiri. Felix Perkins, pria misterius pemilik pet store, memperingatkan Tom bahwa ia tak akan bisa kembali menjadi manusia jika tak segera memperbaiki hubungan buruknya dengan keluarganya. Mampukah Tom alias Mr. Fuzzypants melakukannya?

Selain “menjual” dua aktor kawakan, Kevin Spacey dan Christopher Walken, serta mantan istri Ben Affleck, Jennifer Garner, Nine Lives juga dibesut oleh sutradara yang cukup berpengalaman. Barry Sonnenfeld, selama ini, dikenal sebagai sosok dibalik kesuksesan franchise Men in Black (1997, 2002, 2012). Selain itu, dia juga pernah menghasilkan Wild Wild West (1999).

Sayangnya, meski ide ceritanya cukup menarik dan diperkuat oleh bintang-bintang yang cukup ternama, Nine Lives gagal memikat hati para kritikus. Sejumlah situs review juga memberi rating yang negatif. Meski demikian, film berbujet USD 30 juta ini mampu meraup pemasukan hingga USD 44 juta. Selain itu, tidak ada salahnya bagi para pencinta kucing untuk menontonnya.

***

Nine Lives

Sutradara: Barry Sonnenfeld
Produser: Lisa Ellzey
Penulis Skenario: Gwyn Lurie, Matt R. Allen, Caleb Wilson, Daniel Antoniazzi, Ben Shiffrin
Pemain: Kevin Spacey, Jennifer Garner, Robbie Amell, Cheryl Hines, Mark Consuelos, Malina Weissman, Christopher Walken
Musik: Evgueni Galperine, Sacha Galperine
Sinematografi: Karl Walter Lindenlaub
Penyunting: Don Zimmerman, David Zimmerman
Produksi: Fundamental Films
Distributor: EuropaCorp
Durasi: 87 menit
Budget: USD 30 juta
Rilis: 31 Juli 2016 (Los Angeles), 3 Agustus 2016 (Prancis), 5 Agustus 2016 (Amerika Serikat), 29 November 2016 (Indonesia)

Ratings
IMDb: 5,2/10
Rotten Tomatoes: 11%
Metacritic: 11/100
CinemaScore: B+

Preview Film: Nine Lives (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s