Preview Film: Hacker (2016)

Nama Callan McAuliffe mulai dikenal oleh publik Hollywood sebagai aktor remaja saat tampil di I Am Number Four (2011). Cowok kelahiran tahun 1995 itu kemudian sempat menyabet Young Artist Award 2014, sebagai aktor pendukung terbaik, berkat perannya sebagai Jay Gatsby muda di The Great Gatsby (2013) yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

Awal tahun ini, McAuliffe kembali menghiasi layar lebar sebagai pemeran utama lewat film thriller bertajuk Hacker. Film yang di Amerika Serikat dirilis dengan judul Anonymous tersebut mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia sejak hari Jumat (20/1) yang lalu.

Kisah Hacker berfokus pada kehidupan Alex Danyliuk (Callan McAuliffe), seorang bocah ababil ahli komputer. Setelah orang tuanya, yang merupakan imigran dari Ukraina, mengalami kesulitan finansial, Alex tergerak untuk membantu mereka. Demi menghidupi keluarganya, dia terpaksa melakukan sejumlah pekerjaan ilegal di internet, seperti membobol rekening bank dan kartu kredit orang lain.

Aksi Alex tersebut didukung oleh sahabatnya, Sye (Daniel Eric Gold), seorang dealer pasar gelap yang sering membantunya untuk menghasilkan uang haram. Sye juga yang akhirnya mengenalkan Alex pada Kira Whittal (Lorraine Nicholson), seorang hacker cewek yang jago menjebol sistem keamanan bank.

Kiprah ketiga bocah tersebut dengan cepat memicu kekacauan di pasar keuangan. Kehebatan mereka kemudian menarik perhatian seorang boss penjahat online dengan nama julukan Z (Clifton Collins, Jr.). Pria misterius yang selalu memakai topeng saat tampil di internet itu adalah buruan utama FBI. Apa yang sebenarnya diinginkan Z dari Alex dkk? Bagaimana nasib mereka selanjutnya?

Film Hacker ini merupakan film berbahasa Inggris pertama dari sutradara Akan Satayev. Sebelumnya, pria 45 tahun asal Kazakhstan itu sudah pernah menghasilkan beberapa karya layar lebar dengan judul Racketeer (2007), Strayed (2009), dan Myn Bala (2011).

Ide untuk membuat film Hacker sebenarnya sudah dibicarakan sejak bulan Juli 2013. Namun, proyek tersebut baru terealisasi pada tahun 2015 setelah mendapatkan pendanaan. Proses syuting kemudian di beberapa negara. Film berdurasi 95 menit ini akhirnya menghabiskan bujet sekitar USD 2 juta dan tayang perdana di Thailand pada 15 September 2016 yang lalu.

***

Hacker

Sutradara: Akan Satayev
Produser: Akan Satayev, Sanzhar Sultan
Penulis Skenario: Sanzhar Sultan
Pengarang Cerita: Akan Satayev
Pemain: Callan McAuliffe, Lorraine Nicholson, Daniel Eric Gold, Clifton Collins, Jr.
Musik: Steve Cupani
Sinematografi: Pasha Patriki
Penyunting: Alex Marquez
Produksi: Sataifilm, Skylight Picture Works, Brillstein Entertainment Partners
Distributor: Archstone Distribution
Durasi: 95 menit
Budget: USD 2 juta
Rilis: 15 September 2016 (Thailand), 20 Januari 2017 (Indonesia)

Ratings
IMDb: 6,4/10

Advertisements
Preview Film: Hacker (2016)

One thought on “Preview Film: Hacker (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s