Preview Film: Resident Evil: The Final Chapter (2016)

Secara finansial, Resident Evil adalah salah satu film adaptasi video game tersukses yang pernah dibuat. Tak tanggung-tanggung, franchise yang mengusung Milla Jovovich sebagai bintang utama itu sudah diproduksi hingga enam seri! Yang terbaru, Resident Evil: The Final Chapter, bakal tayang di Indonesia mulai hari Rabu (20/1) ini.

Sesuai dengan judulnya, Resident Evil: The Final Chapter juga bakal menjadi seri terakhir dari franchise rilisan Screen Gems tersebut. Setelah 15 tahun, sejak seri pertamanya pada 2002, para penggemar harus mengucapkan selamat tinggal pada Alice not in Wonderland. Petualangan cewek jagoan pembasmi zombie itu memang direncanakan bakal tamat kali ini.

Kisah The Final Chapter mengambil setting tiga pekan setelah kejadian di seri kelima, Resident Evil: Retribution (2012). Boss Umbrella Corporation, Albert Wesker (Shawn Roberts), yang di film sebelumnya bekerja sama dengan Alice (Milla Jovovich), kembali ke tabiatnya semula sebagai orang jahat. Dia mengkhianati Alice yang sedang berada di Washington, D.C., kota terakhir yang menjadi pertahanan para survivor dalam menghadapi zombie apocalypse.

Di ambang kepunahan umat manusia, Alice masih tetap berusaha mencari sumber utama persebebaran T-virus, yang menjadi penyebab orang-orang berubah menjadi zombie. Satu-satunya cara baginya untuk menyelamatkan dunia adalah kembali ke tempat asalnya, Raccoon City, yang sudah menjadi kota mati.

Alice yakin, kemunculan para zombie tidak hanya disebabkan oleh Umbrella Corporation. Cewek yang lupa akan masa lalunya itu mendapat informasi rahasia bahwa jawaban yang ia inginkan hanya bisa diketahui dengan masuk kembali ke The Hive, tempat asal pembuatan T-virus di Raccoon City. Mampukah Alice, yang kali ini juga dibantu oleh kawan-kawan lamanya, menuntaskan misi terakhirnya untuk menyelamatkan umat manusia dari kehancuran?

Sang sutradara, Paul W. S. Anderson, yang juga merangkap sebagai penulis skenario, menyatakan bakal mengajak para penonton untuk flashback ke film pertama dengan membawa Alice dkk kembali ke The Hive. Melalui The Final Chapter ini, suami Milla Jovovich itu ingin membuat orang-orang merasa rindu dan bernostalgia dengan Resident Evil sejak awal hingga akhir.

Bagi yang sudah lupa, atau belum pernah menonton sebelumnya, film pertama Resident Evil yang dirilis pada tahun 2002 mengisahkan tentang kebocoran T-virus di The Hive, laboratorium milik Umbrella Corporation. Akibatnya, semua manusia di sana berubah menjadi zombie.

Umbrella Corporation juga memiliki program kecerdasan buatan bernama Red Queen. Tugasnya adalah mencegah agar T-virus tidak tersebar, termasuk dengan membunuh siapa pun yang ada di The Hive. Alice akhirnya berhasil menghentikan Red Queen, yang di The Final Chapter ini kembali muncul (diperankan oleh anak Milla Jovovich, Ever Gabo Anderson).

Dimatikannya Red Queen ternyata tidak menyelesaikan masalah. T-virus malah menyebar ke Raccoon City dan membuat para penduduk menjadi zombie. Di film kedua, Resident Evil: Apocalypse (2004), Alice bertemu dengan polisi cantik bernama Jill Valentine (Sienna Guillory). Mereka kemudian bahu-membahu melawan Umbrella Corporation dan berhasil lolos dari Raccoon City.

Di film ketiga hingga kelima, yang berjudul Resident Evil: Extinction (2007), Afterlife (2010), dan Retribution (2012), cerita masih berkutat pada T-virus yang semakin menyebar ke seluruh dunia. Umat manusia terancam punah. Selain itu, Alice juga masih terus diburu oleh Umbrella Corporation untuk dijadikan sebagai kelinci percobaan. Sempat ditangkap, dikloning, dan dijadikan cewek dengan kekuatan super, Alice kemudian berhasil melarikan diri.

The Final Chapter, seharusnya, menjadi jawaban atas misteri yang selama ini menyelubungi sosok Alice, Umbrella Corporation, Red Queen, dan T-virus. Oleh karena itu, seri terakhir Resident Evil tersebut bakal membawa Alice kembali ke titik awal dari petualangan panjangnya.

Untuk menyajikan Raccoon City yang sudah berubah menjadi kota mati, tim produksi Resident Evil: The Final Chapter tidak menggunakan CGI (computer-generated imagery). Mereka melakukan syuting di Afrika Selatan. Di sana ada sebuah jalan tol yang terbengkalai. Suasananya menakjubkan dan tampak nyata, seperti kota yang sudah hancur beneran.

Selain Alice, Albert Wesker dan Red Queen, dua karakter lawas juga kembali muncul di film berdurasi 106 menit ini, yaitu Dr. Alexander Isaacs (Iain Glen) dan Claire Redfield (Ali Larter). Sementara itu, dua nama legendaris lainnya, Jill Valentine dan Rain Ocampo, yang dulu diperankan oleh Michelle Rodriguez, sudah tidak tampak lagi.

Bagi Ali Larter, The Final Chapter ini adalah film Resident Evil-nya yang ketiga setelah Extinction (2007) dan Afterlife (2010). MILF sexy dengan ukuran dada 32B itu mulai dikenal sejak membintangi Final Destination (2000) dan mencapai puncak kejayaan saat memerankan si kembar Niki Sanders dan Tracy Strauss di serial legendaris, Heroes (2006-10).

Bintang cewek lain yang bakal muncul adalah Ruby Rose, yang memerankan karakter baru bernama Abigail. Mantan VJ MTV asal Australia itu tahun ini juga membintangi xXx: Return of Xander Cage (sedang tayang), John Wick: Chapter 2-nya Keanu Reeves, dan Pitch Perfect 3.

Untuk menarik pasar Asia, Resident Evil: The Final Chapter juga menampilkan tokoh baru bernama Commander Lee, yang diperankan oleh Lee Joon-gi. Aktor asal Korea tersebut menjadi lawan main Milla Jovovich. Karena banyak melakukan adegan laga, dia mengaku harus berlatih untuk saling menyinkronkan gerakan dalam scene perkelahian dengan Milla.

Sementara itu, Jovovich, yang selalu tampil dalam enam film Resident Evil, mengaku tak menyangka bisa bertahan 15 tahun sebagai Alice. Baginya, karakter yang diciptakan oleh produsen video game Capcom itu sudah menjadi bagian dari dirinya sendiri.

Bahkan, proses syuting The Final Chapter sebenarnya sempat ditunda karena aktris berusia 41 tahun itu hamil dan harus menunggunya melahirkan. Milla Jovovich dan Resident Evil memang ibarat dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Setelah ini, para fans mungkin bakal merindukannya.

***

Resident Evil: The Final Chapter

Sutradara: Paul W. S. Anderson
Produser: Paul W. S. Anderson, Jeremy Bolt, Robert Kulzer, Samuel Hadida
Penulis Skenario: Paul W. S. Anderson
Berdasarkan: Resident Evil by Capcom
Pemain: Milla Jovovich, Ali Larter, Shawn Roberts, Ruby Rose, Eoin Macken, William Levy, Iain Glen
Musik: Paul Haslinger
Sinematografi: Glen MacPherson
Penyunting: Doobie White
Produksi: Constantin Film, Capcom Co, Ltd., Davis-Films, Don Carmody Productions, Impact Pictures
Distributor: Screen Gems
Durasi: 106 menit
Rilis: 23 Desember 2016 (Jepang), 25 Januari 2017 (Indonesia), 27 Januari 2017 (Amerika Serikat)

Ratings
IMDb: 6,4/10
Rotten Tomatoes: 41%
Metacritic: 53/100
CinemaScore: B

Advertisements
Preview Film: Resident Evil: The Final Chapter (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s