Preview Film: Sleepless (2017)

Saat dirilis pada tahun 2011, Sleepless Night mendapat respon sangat positif dari para kritikus. Sejumlah situs review juga memberi rating yang cukup tinggi untuk film Prancis berjudul asli Nuit Blanche tersebut.

Tahun ini, remake dari Nuit Blanche yang berjudul Sleepless dirilis oleh Open Road Films. Dengan mengusung para bintang Hollywood semacam Jamie Foxx, Michelle Monaghan, dan Gabrielle Union, film yang dibesut oleh sutradara asal Jerman, Baran bo Odar, ini berupaya untuk mengulang kesuksesan pendahulunya yang dari Prancis itu.

Kisah Sleepless berkutat pada sepasang polisi, Vincent Downs (Jamie Foxx) dan Sean Cass (T.I.), yang melakukan penyamaran selama dua tahun untuk meringkus gembong narkoba, Rob Novak (Scoot McNairy). Mereka kemudian mencuri 25 kilogram kokain yang akan dikirimkan ke boss mafia tersebut oleh pengusaha hiburan malam, Stanley Rubino (Dermot Mulroney).

Kebakaran jenggot karena pesanan boss-nya dicuri, Rubino kemudian menculik putra Downs yang bernama Thomas (Octavius J. Johnson). Tujuannya jelas. Nyawa Thomas ditukar dengan 25 kilogram kokain. Downs pun langsung panik dan berniat untuk mengembalikan barang haram yang dicurinya.

Namun, keadaan menjadi semakin pelik dengan keterlibatan seorang provost cantik bernama Jennifer Bryant (Michelle Monaghan), yang sudah sejak lama mencurigai dan ingin menangkap polisi yang dia anggap korup tersebut. Downs pun harus menghadapi dua pihak, provost dan bandar narkoba, dalam upayanya untuk menyelamatkan putranya. Mampukah dia melakukannya?

Seperti versi aslinya yang dari Prancis, Sleepless juga menyajikan banyak adegan laga, mulai perkelahian tangan kosong, menggunakan pisau, hingga baku tembak. Uniknya, semua kejadian menegangkan tersebut hanya terjadi dalam satu malam dan mengambil setting utama di sebuah night club.

Meski hanya berkutat di satu tempat, sutradara Baran bo Odar berusaha untuk membuat penonton agar tidak bosan. Sepanjang 95 menit durasi film, para penonton akan diajak untuk menebak-nebak mana polisi yang baik dan mana yang korup.

Sayangnya, setelah dirilis di Amerika Serikat pada 13 Januari 2017 yang lalu, Sleepless mendapat respon negatif dari para kritikus. Film berbujet USD 30 juta ini dianggap tidak menawarkan sesuatu yang baru dibandingkan film bertema crime drama lainnya. Twist ending-nya juga dinilai biasa saja dan tidak mengejutkan.

***

Sleepless

Sutradara: Baran bo Odar
Produser: Roy Lee, Adam Stone
Penulis Skenario: Andrea Berloff
Berdasarkan: Sleepless Night by Frédéric Jardin, Nicolas Saada, Olivier Douyère
Pemain: Jamie Foxx, Michelle Monaghan, Dermot Mulroney, David Harbour, T.I., Gabrielle Union, Scoot McNairy
Musik: Michael Kamm
Sinematografi: Mihai Mălaimare, Jr.
Penyunting: Robert Rzesacz
Produksi: Riverstone Pictures, Vertigo Entertainment
Distributor: Open Road Films
Durasi: 95 menit
Budget: USD 30 juta
Rilis: 13 Januari 2017 (Amerika Serikat), 3 Februari 2017 (Indonesia)

Ratings
IMDb: 5,6/10
Rotten Tomatoes: 14%
Metacritic: 33/100
CinemaScore: B+

Advertisements
Preview Film: Sleepless (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s