Preview Film: A Dog’s Purpose (2017)

A Dog’s Purpose pernah nangkring di daftar New York Times bestseller selama 49 pekan setelah dirilis pada 2010. Novel karya W. Bruce Cameron itu berkisah tentang perjalanan jiwa seekor anjing yang berinkarnasi dari satu kehidupan ke kehidupan lainnya. Sekuelnya, yang berjudul A Dog’s Journey, terbit pada 2012.

Kesuksesan novel laris tersebut memantik DreamWorks Pictures untuk membeli hak atas A Dog’s Purpose. Studio yang didirikan oleh Steven Spielberg itu kemudian memfilmkannya. Dan, hasilnya sudah bisa kita nikmati di bioskop-bioskop Indonesia mulai hari Jumat (3/2) yang lalu.

Kisah A Dog’s Purpose diawali dengan seekor anjing golden retriever bernama Bailey yang dipelihara oleh seorang bocah bernama Ethan Montgomery (Bryce Gheisar). Seperti halnya manusia, Bailey ternyata juga kerap menanyakan pada diri sendiri, apa tujuan hidupnya sebagai seekor anjing.

Sekian tahun lamanya dia hidup bersama Ethan, hingga bocah tersebut beranjak remaja (diperankan oleh K. J. Apa). Bailey pun terus mempertanyakan apa sebenarnya esensi dari kehidupan ini. Namun, tepat ketika dia merasa sudah menemukan tujuan hidup, maut menjemputnya.

Jiwa Bailey kemudian bereinkarnasi menjadi jenis anjing yang berbeda. Kali ini, dia dilahirkan sebagai seekor anjing gembala Jerman bernama Ellie. Sesuai dengan kodratnya sebagai anjing pelacak, Ellie dipelihara oleh seorang polisi bernama Carlos (John Ortiz). Seperti ketika menjadi Bailey, Ellie pun terus mempertanyakan tujuan hidupnya.

Sayangnya, Ellie juga tidak bisa melawan takdir. Saat sedang bertugas menangkap penjahat bersama Carlos, dia tewas tertembak. Ellie kemudian kembali bereinkarnasi. Dan setelah itu mati lagi. Uniknya, dia masih bisa mengingat kehidupan-kehidupan sebelumnya meski sudah lahir dan mati berulang kali.

Pada reinkarnasinya yang keempat, Bailey ternyata bertemu kembali dengan pemiliknya yang pertama, si bocah Ethan, yang kini sudah menjadi om-om (diperankan oleh Dennis Quaid). Di kehidupan keempatnya inilah, dia baru menemukan jawaban apa sebenarnya tujuan hidup dari seekor anjing.

Seluruh kisah dari film ini memang diceritakan dari sudut pandang seekor anjing. Dialog-dialog yang berputar di dalam pikirannya pasti bakal membuat kita tertawa karena saking polosnya. Apalagi, yang mengisi suaranya adalah seorang komedian, Josh Gad. Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa inner voice si Bailey ini bakal diisi oleh Bradley Cooper.

Meski bergenre drama-komedi, bukan berarti A Dog’s Purpose hanya berisi hal-hal lucu dan ringan. Secara cerita, film berdurasi 120 menit ini kabarnya juga cukup mengharukan. Terutama bagi para pemilik binatang peliharaan.

Sang sutradara, Lasse Hallstrom, yang sebelum ini sukses membuat seisi bioskop banjir air mata lewat Hachiko: A Dog’s Story (2009), memang piawai menghasilkan karya yang menghibur, sekaligus mengaduk-aduk perasaan para penonton. Meski tidak semengharukan Hachiko, A Dog’s Purpose ini dijamin tetap menyentuh.

Sayangnya, sebelum tayang di bioskop, film rilisan Universal Pictures ini sempat menuai kontroversi. Pada proses pembuatannya, terungkap sebuah video yang memperlihatkan seorang pelatih memaksa seekor anjing gembala Jerman masuk ke dalam kolam air berarus deras.

Setelah video tersebut tersebar, berbagai kecaman pun bermunculan, terutama dari organisasi-organisasi pecinta hewan. Bahkan, sempat ada petisi untuk memboikot dan tidak menonton film A Dog’s Purpose di bioskop.

Amblin Entertainment, anak perusahaan DreamWorks Pictures, selaku rumah produksi, langsung memberi penjelasan resmi terkait dengan video pemaksaan terhadap anjing bernama Hercules tersebut. Mereka menyatakan, tim produksi sudah mengikuti protokol yang ketat untuk membuat lingkungan yang aman bagi binatang.

Pihak Amblin Entertainment mengakui, memang ada beberapa hari pelatihan di air agar Hercules nyaman dengan semua adegan yang akan diambil. Namun, saat itu mereka tidak melanjutkan pengambilan gambar karena si doggy-nya tidak ingin tampil. Jadi, tidak ada pemaksaan. Saat ini, Hercules dalam keadaan sehat dan bahagia.

Kontroversi video tersebut tampaknya juga berpengaruh terhadap respon dari para kritikus. Sejumlah situs review memberi A Dog’s Purpose rating kurang positif. Meski demikian, secara box office, film yang dirilis di Amerika Serikat sejak pekan lalu ini sudah mengumpulkan pemasukan USD 30 juta, melampaui bujetnya.

***

A Dog’s Purpose

Sutradara: Lasse Hallström
Produser: Gavin Polone
Penulis Skenario: W. Bruce Cameron, Cathryn Michon, Audrey Wells, Maya Forbes, Wally Wolodarsky
Berdasarkan: A Dog’s Purpose by W. Bruce Cameron
Pemain: Dennis Quaid, Britt Robertson, Josh Gad, K. J. Apa, Juliet Rylance, John Ortiz, Kirby Howell-Baptiste, Peggy Lipton
Musik: Rachel Portman
Sinematografi: Terry Stacey
Penyunting: Robert Leighton
Produksi: Amblin Entertainment, Reliance Entertainment, Walden Media, Pariah Entertainment Group
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 120 menit
Budget: USD 22 juta
Rilis: 27 Januari 2017 (Amerika Serikat), 3 Februari 2017 (Indonesia)

Ratings
IMDb: 3,8/10
Rotten Tomatoes: 34%
Metacritic: 43/100
CinemaScore: A

Advertisements
Preview Film: A Dog’s Purpose (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s