Preview Film: John Wick: Chapter 2 (2017)

Setelah menjadi terkenal lewat Speed (1994) dan mencapai puncak kejayaan melalui trilogi The Matrix (1999-2003), Keanu Reeves seakan tenggelam. Nama aktor kelahiran 2 September 1964 itu memang masih menghiasi layar lebar nyaris setiap tahun. Namun, tidak ada filmnya yang berhasil meraih respon positif dari para penonton.

Baru pada tahun 2014 yang lalu, saat tampil di John Wick, Keanu Reeves kembali mendapat pengakuan sebagai salah satu aktor jempolan. Film neo-noir action thriller tersebut mendapat banyak pujian dari para kritikus, dan dianggap sebagai penebusan “dosa” bagi Reeves, yang sebelumnya pernah enam kali masuk nominasi Razzie Awards kategori aktor terburuk.

Tahun ini, Keanu Reeves ingin kembali mengulang kesuksesan sebagai John Wick dengan membintangi sekuelnya yang berjudul John Wick: Chapter 2. Film rilisan Summit Entertainment tersebut mulai tayang di Indonesia pada hari Rabu (8/2) ini. Dua hari lebih cepat daripada jadwal rilisnya di Amerika Serikat.

Bagi yang sudah lupa, atau belum pernah menonton film pertamanya, John Wick (2014) berkisah tentang seorang pembunuh bayaran yang berniat pensiun setelah sang istri, Helen (Bridget Moynahan), meninggal dunia. Dia kemudian hanya hidup berdua dengan seekor anjing pemberian mendiang istrinya.

Namun, rencana pensiun John Wick (Keanu Reeves) menjadi berantakan setelah ia mendapati rumahnya disatroni perampok dan anjingnya tewas dibunuh. Wick akhirnya bertekad untuk membalas dendam dan memburu pelakunya hingga ke New York.

Sementara itu, kisah John Wick: Chapter 2 ber-setting hanya lima hari setelah ending dari kejadian di film pertama. Wick terpaksa harus kembali menunda niatnya untuk gantung pistol karena ia harus membantu mantan rekannya, sesama pembunuh bayaran, yang terancam oleh sindikat internasional. Demi menuntaskan misinya, sang hitman legendaris itu pun sampai melanglang buana ke Roma, Italia, dan harus menghadapi para assassin paling mematikan di dunia.

Seperti film pertamanya, John Wick: Chapter 2 kembali dibesut oleh Chad Stahelski. Sutradara berusia 48 tahun itu sebelumnya sudah pernah bekerja sama dengan Keanu Reeves di trilogi The Matrix (1999-2003). Namun, kala itu, dia bertugas sebagai koreografer laga dan stuntman bagi Reeves.

Selain Stahelski, John Wick: Chapter 2 juga menjadi ajang reuni bagi Laurence Fishburne. Setelah berpisah selama 14 tahun, pemeran Morpheus dalam trilogi The Matrix itu kembali beradu akting dengan Keanu Reeves. Kali ini, aktor berusia 55 tahun itu menjadi The Bowery King, seorang pembunuh sadis terkemuka dalam jaringan mafia internasional.

Fishburne sendiri mengaku sangat menyukai film John Wick yang pertama. Oleh karena itu, begitu ada kabar bakal dibuat sekuelnya, dia langsung menghubungi Keanu dan bilang ingin bergabung di film kedua. Bak gayung bersambut, Reeves pun langsung menjawab bahwa sejujurnya memang ada lowongan bagi dia.

Stahelski, selaku sutradara, juga menyambut positif kehadiran aktor berwajah sangar tersebut. Tim produksi kemudian menciptakan satu karakter baru, yang tetap masuk akal dan tidak dipaksakan, agar Fishburne bisa tampil dalam film berdurasi 122 menit ini.

Dengan keterlibatan Fishburne dan Reeves, proyek John Wick: Chapter 2 menjadi sangat personal bagi Stahelski karena dia sudah pernah bekerja sama dengan mereka di The Matrix. Saat itu, usianya baru 26 tahun dan dia sangat mengagumi keduanya.

Bahkan, hingga kini, rasa kagum Stahelski terhadap Reeves dan Fishburne masih belum pudar. Sampai-sampai, saat syuting adegan pertama, dia tercenung dan lupa meneriakkan kata “Cut!” sebagai tanda berakhirnya pengambilan gambar. Dia mengaku, akting dua aktor kawakan itu telah membuatnya terpaku.

Selain The Bowery King, sejumlah karakter baru juga muncul di John Wick: Chapter 2, antara lain: Cassian (Common), Santino (Riccardo Scamarcio), dan Ares (Ruby Rose). Mereka bakal berjibaku dengan para tokoh lama seperti Aurelio (John Leguizamo) dan Winston (Ian McShane).

Seperti film sebelumnya, John Wick: Chapter 2 juga bakal banyak menyajikan adegan laga. Bukan hanya perkelahian, tetapi juga tembak-menembak dan kejar-kejaran mobil. Jika menonton trailer-nya, semua adegan tersebut ditampilkan dengan apik, tampak nyata, seolah-olah bukan akting.

Dalam sebuah wawancara, Keanu Reeves mengaku paling suka saat melakoni adegan perkelahian menggunakan pensil. Selain itu, dia juga excited saat harus bertarung di ruangan penuh cermin dan berduel dengan Common, yang memerankan karakter seorang bodyguard dari boss mafia.

Demi melakoni semua adegan laga, Reeves pun rela berlatih keras. Dalam sebuah video promo, Keanu dan tim produksi menceritakan bagaimana persiapan mereka sebelum menjalani syuting, mulai dari berlatih tembak-menembak, membanting setir, hingga judo. Bintang 47 Ronin (2013) itu juga mendapat bimbingan dari Aaron Cohen, mantan anggota Duvdevan, unit khusus kontrateroris dari Israel.

Semua koreografi laga di film produksi Thunder Road Pictures ini memang dikerjakan oleh para ahli dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Sutradara Chad Stahelski ingin para aktor benar-benar dilatih keras agar bisa menguasai semua koreografi adegan berkelahi mereka.

Menurut Stahelski, yang pernah menjadi pemeran pengganti almarhum Brandon Lee dalam film The Crow (1994), John Wick: Chapter 2 bakal menyajikan empat jenis ilmu bela diri, yaitu jiu jitsu dari Jepang, jiu jitsu dari Brasil, judo, dan taktis three-gun. Kombinasi dari empat seni bertarung yang berbeda itu akan menampilkan bagaimana cara berkelahi sambil melepaskan tembakan dalam waktu bersamaan.

Karena banyak menampilkan adegan perkelahian yang berdarah-darah dan sadis, John Wick: Chapter 2 pun mendapat rating “R-Rated” alias “Restricted” dari Motion Picture Association of America (MPAA). Jadi, hanya yang berusia 17 tahun ke atas yang boleh menontonnya.

Meski para penontonnya bakal terbatas untuk kalangan dewasa, setelah tayang perdana di Arclight Hollywood, Los Angeles pada 30 Januari 2017 yang lalu, sejumlah situs review dan kritikus memberi rating sangat positif untuk John Wick: Chapter 2. Secara box office, film yang bakal bersaing langsung dengan The Lego Batman Movie dan Fifty Shades Darker ini diperkirakan mampu meraup pemasukan USD 20 juta selama weekend pembuka.

***

John Wick: Chapter 2

Sutradara: Chad Stahelski
Produser: Basil Iwanyk, David Leitch
Penulis Skenario: Derek Kolstad
Pemain: Keanu Reeves, Common, Laurence Fishburne, Riccardo Scamarcio, Ruby Rose, John Leguizamo, Ian McShane
Musik: Tyler Bates, Joel J. Richard
Sinematografi: Dan Laustsen
Penyunting: Evan Schiff
Produksi: Thunder Road Pictures, 87Eleven Productions
Distributor: Summit Entertainment
Durasi: 122 menit
Rilis: 30 Januari 2017 (Arclight Hollywood), 8 Februari 2017 (Indonesia), 10 Februari 2017 (Amerika Serikat)

Ratings
IMDb: 9,7/10
Rotten Tomatoes: 93%
Metacritic: 75/100

Advertisements
Preview Film: John Wick: Chapter 2 (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s