Preview Film: Man Down (2015)

Setelah “putus” dengan franchise Transformers pada tahun 2011, nama Shia LaBeouf seakan-akan tenggelam. Pemeran Sam Witwicky itu memang masih sempat muncul di beberapa big movie, seperti Lawless (2012) dan Fury (2014), tapi bukan sebagai aktor utama, melainkan hanya supporting role saja.

Tahun ini, suami Mia Goth itu kabarnya bakal kembali tampil sebagai pemeran utama di Borg vs. McEnroe. Namun, sebelum film tentang dua legenda tennis itu tayang, para moviegoer di Indonesia akan terlebih dahulu menikmati aksi Shia LaBeouf di Man Down, yang mulai diputar pada hari Jumat (17/2) ini.

Man Down sendiri berkisah tentang seorang tentara Amerika, yang baru saja pulang dari Afghanistan, bernama Gabriel Drummer (Shia LaBeouf). Selama di medan tempur, dia sangat rindu dengan kampung halaman dan ingin segera bertemu dengan keluarganya.

Namun, impiannya untuk bersatu kembali dengan anak dan istri akhirnya kandas. Saat pulang ke rumah, sang istri, Natalie (Kate Mara), sudah tidak ada. Begitu juga dengan putra semata wayangnya, Jonathan (Charlie Shotwell). Mereka telah menghilang tanpa jejak.

Dalam keadaan desperate, dengan dibantu oleh temannya, Gabriel mulai mencari keberadaan anak dan istrinya. Hingga suatu ketika, dia bertemu dengan seseorang yang membawa informasi penting mengenai keluarganya. Di manakah mereka? Dapatkah Gabriel bersatu kembali dengan Natalie dan Jonathan yang sangat dicintainya?

Berperan sebagai tentara dan seorang ayah, sebenarnya, merupakan tantangan tersendiri bagi Shia LaBeouf. Biasanya, aktor yang mulai terkenal setelah membintangi Disturbia (2007) itu selalu kebagian peran sebagai anak muda atau remaja ababil. Meski demikian, beberapa kritikus sempat memberi pujian untuk pria berusia 30 tahun tersebut. Menurut mereka, akting LaBeouf cukup apik dan berhasil membangun chemistry yang natural di Man Down.

Selain LaBeouf, film besutan Dito Montiel ini juga dibintangi oleh beberapa nama beken dari Hollywood. Sebut saja, Kate Mara, Jai Courtney, Clifton Collins, Jr., dan aktor kawakan, Gary Oldman, yang berperan sebagai Captain Peyton.

Man Down sebenarnya ditayangkan pertama kali secara internasional pada 6 September 2015 di Venice Film Festival. Namun, karena tidak ada distributor besar yang tertarik untuk mendistribusikannya, film berdurasi 92 menit ini sempat mendekam beberapa lama. Hingga akhirnya, Lionsgate Premiere mengakuisisi hak pendistribusiannya untuk kawasan Amerika Utara.

Sayangnya, setelah dirilis di Amerika Serikat pada 2 Desember 2016 yang lalu, film yang proses syutingnya dilakukan di New Orleans, Louisiana ini mendapat respon negatif dari berbagai situs review. Nama besar Shia LaBeouf, tampaknya, tidak berhasil mengangkat Man Down.

***

Man Down

Sutradara: Dito Montiel
Produser: Steve McEveety, Dawn Krantz, Jon Burton
Penulis Skenario: Adam G. Simon
Pengarang Cerita: Adam G. Simon, Dito Montiel
Pemain: Shia LaBeouf, Jai Courtney, Gary Oldman, Kate Mara, Clifton Collins Jr.
Musik: Clint Mansell
Sinematografi: Shelly Johnson
Penyunting: Jake Pushinsky, Mark Yoshikawa
Produksi: Mpower Pictures, Krannel Pictures, Binary Light, The Solution Entertainment Group
Distributor: Lionsgate Premiere
Durasi: 92 menit
Rilis: 6 September 2015 (Venice), 2 Desember 2016 (Amerika Serikat), 17 Februari 2017 (Indonesia)

Ratings
IMDb: 6,1/10
Rotten Tomatoes: 11%
Metacritic: 27/100

Advertisements
Preview Film: Man Down (2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s