Preview Film: Free Fire (2016)

Nama Ben Wheatley mungkin belum begitu terkenal di dunia perfilman. Namun, setelah menelurkan Free Fire, yang mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia (CGV dan Cinemaxx) pada hari Jumat (5/5) ini, sutradara asal Inggris itu mulai disebut-sebut sebagai penerus Quentin Tarantino, salah satu filmmaker paling legendaris sepanjang masa.

Jika dilihat dari style-nya, Free Fire sekilas memang dianggap mirip Reservoir Dogs (1992), film pertama garapan Tarantino yang dinobatkan sebagai film indie terbaik sepanjang masa oleh Majalah Empire. Genre-nya adalah action-crime, namun dibumbui dengan unsur drama dan komedi yang kental.

Tokoh utama dalam Free Fire adalah seorang cewek bernama Justine (Brie Larson). Dia menjadi makelar pertemuan dua geng mafia Irlandia pimpinan Vernon (Sharlto Copley) dan Ord (Armie Hammer) yang ingin melakukan jual beli senjata di sebuah gudang tua di Kota Boston pada tahun 1978.

Tak dinyana, ketika beberapa senjata ditembakkan selama uji coba, kekacauan besar terjadi. Semua orang yang berada di gudang usang tersebut kemudian terlibat aksi tembak-menembak. Mereka pun akhirnya terjebak dalam sebuah permainan hidup dan mati.

Pada mulanya, Olivia Wilde dan Luke Evans yang digadang-gadang sebagai pemeran utama Free Fire. Namun, karena jadwal syuting bentrok, mereka akhirnya mengundurkan diri. Posisi Wilde dan Evans kemudian digantikan oleh Brie Larson dan Sharlto Copley. Di samping itu, film berdurasi 90 menit ini juga diperkuat oleh dua nama beken lain, Armie Hammer dan Cillian Murphy.

Setelah tayang di Amerika Serikat pada 21 April 2017 yang lalu, Free Fire mendapat respon cukup positif dari para kritikus. Sutradara Ben Wheatley dianggap berhasil menyajikan adegan action yang kejam dan penuh darah, tetapi juga lucu. Di tangan orang yang salah, film yang hanya menghabiskan bujet USD 7 juta ini bakal berantakan. Namun, di tangan Wheatley, kisahnya menjadi sangat menarik dan dinamis.

***

Free Fire

Sutradara: Ben Wheatley
Produser: Andy Starke
Penulis Skenario: Amy Jump, Ben Wheatley
Pemain: Sharlto Copley, Armie Hammer, Brie Larson, Cillian Murphy,
Jack Reynor, Babou Ceesay, Enzo Cilenti, Sam Riley, Michael Smiley, Noah Taylor
Musik: Ben Salisbury, Geoff Barrow
Sinematografi: Laurie Rose
Penyunting: Amy Jump, Ben Wheatley
Produksi: Film4 Productions, BFI, Rook Films, Protagonist Pictures
Distributor: StudioCanal (Inggris), A24 (Amerika Serikat)
Durasi: 90 menit
Budget: USD 7 juta
Rilis: 8 September 2016 (TIFF), 31 Maret 2017 (Inggris), 21 April 2017 (Amerika Serikat), 5 Mei 2017 (Indonesia)

Rating (hingga 5 Mei 2017)
IMDb: 7,1/10
Rotten Tomatoes: 67%
Metacritic: 63/100

Advertisements
Preview Film: Free Fire (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s