Preview Film: King Arthur: Legend of the Sword (2017)

Setelah beberapa kali ditunda, King Arthur: Legend of the Sword akhirnya dirilis juga pada hari Selasa (9/5) ini. Para moviemania di Indonesia, lagi-lagi, beruntung. Karena bisa lebih dulu menikmati film besutan Guy Ritchie tersebut. Tiga hari lebih cepat daripada jadwal rilisnya di Amerika Serikat.

Bagi yang belum tau, King Arthur sebenarnya merupakan sosok raja legendaris dari mitologi Inggris. Beberapa ahli meyakini, dia hidup di Camelot pada akhir abad ke-5 sampai awal abad ke-6. Banyak buku tentang King Arthur yang telah ditulis. Salah satu yang paling terkenal adalah karya Sir Thomas Malory yang berjudul Le Morte d’Arthur. Terbit pertama kali pada 1485. Novel tersebut menjadi rujukan bagi yang ingin mempelajari sastra Arthurian hingga saat ini.

Menurut kisah legenda, King Arthur dianggap sebagai pahlawan setelah berhasil mencabut pedang Excalibur dari sebuah batu, yang ajaibnya, hanya dia yang mampu mencabutnya. Selain itu, juga berkembang cerita-cerita tambahan, seperti tukang sihir Merlin dan Queen Guinevere, istri King Arthur yang cantik jelita, yang diam-diam berselingkuh dengan Sir Lancelot, ksatria anggota dari Knights of the Round Table.

Untuk versi filmnya, sudah tak terhitung berapa kali kisah King Arthur diangkat ke layar lebar maupun layar kaca. Namun, di antara banyak film tentang Raja Britania Raya tersebut, ada dua yang mungkin paling terkenal, yaitu First Knight (1995) yang dibintangi oleh Sean Connery dan Richard Gere, serta King Arthur (2004) yang mengusung Clive Owen dan si sexy Keira Knightley.

Pada Januari 2014, Warner Bros. Pictures berniat kembali mengangkat kisah King Arthur ke layar lebar. Tak tanggung-tanggung, rencana awal mereka adalah membuat franchise baru yang terdiri dari enam film, dengan seri pertama berjudul Knights of the Round Table: King Arthur.

Namun, dalam perkembangannya, judul film yang dibintangi oleh Charlie “Pacific Rim” Hunnam itu kemudian diubah menjadi King Arthur: Legend of the Sword. Jadwal rilisnya juga ditunda beberapa kali. Dari awalnya 22 Juli 2016 menjadi 17 Februari 2017, lalu 24 Maret 2017, dan akhirnya 12 Mei 2017 untuk kawasan Amerika Serikat.

Film berdurasi 126 menit tersebut bakal mengisahkan petualangan dan perjalanan King Arthur (Charlie Hunnam). Mulai dari masa kecilnya, lalu menjadi dewasa, hingga berhasil mencabut pedang Excalibur yang legendaris itu dari sebuah batu, dan akhirnya menjadi raja.

Sesuai dengan subjudulnya, Legend of the Sword, dalam film yang ceritanya dikarang oleh David Dobkin dan Joby Harold ini, Arthur dikisahkan berusaha memahami dan mempelajari pedang magis Excalibur, yang sebenarnya sangat berbahaya, yaitu bisa membangkitkan sisi jahatnya. Dia kemudian juga bertemu dengan cewek misterius, Guinevere (Astrid Berges-Frisbey), yang kelak bakal menjadi istrinya.

Sebagai villain utama, sutradara Guy Ritchie menampilkan sosok diktator kejam, Vortigern, yang diperankan oleh Jude Law. Dia sebenarnya adalah pamannya Arthur yang kemudian mencuri haknya sebagai calon raja. Vortigern sebelumnya dengan keji membunuh bokapnya Arthur, Uther Pendragon (Eric Bana).

Dari final trailer yang dirilis oleh Warner Bros. Pictures beberapa waktu yang lalu, tampak cuplikan ramalan dan pencabutan pedang Excalibur oleh Arthur. “Pria yang terlahir sebagai keturunan raja akan segera muncul,” demikian ucap sang peramal misterius tersebut.

Di tengah trailer, diperlihatkan adegan Arthur kecil yang diperintahkan untuk lari dan sembunyi oleh sang ayah, King Pendragon, yang hendak dibunuh oleh Vortigern. Dalam pelariannya, Arthur kemudian ditemukan dan dirawat oleh seorang pelacur dari sebuah rumah bordil di Londinium (cikal bakal Kota London).

Selain masa lalu King Arthur, video berdurasi 1 menit 35 detik itu juga menampilkan cuplikan perjalanannya untuk merebut kembali takhta kerajaan yang dikuasai oleh sang paman yang kejam. Sebagai penutup, dipilih adegan saat Arthur dan pasukannya menyerang kastil Camelot untuk mengalahkan Vortigern.

Dalam poster karakter yang dirilis oleh Warner Bros. Pictures beberapa bulan yang lalu, sosok King Vortigern yang diperankan Jude Law memang tampak sangat dingin. Sorot matanya tajam. Gambaran sifatnya yang keji semakin diperjelas dengan kutipan di gambar tersebut: “Temptation Blackens the Heart”.

Yang menarik, selain mengandalkan Charlie Hunnam dan Jude Law, King Arthur: Legend of the Sword juga bakal menampilkan David Beckham! Menurut bocoran yang beredar, mantan pemain sepak bola paling kaya di seantero jagad tersebut memerankan karakter bernama Trigger, anggota pasukan Blackleg, alias pasukan khusus yang menjadi andalan King Vortigern.

Yang mengejutkan, dari foto yang dia unggah lewat Instagram beberapa waktu yang lalu, wajah mantan kapten timnas Inggris itu tampak sangat menyeramkan. Rambut di bagian samping kepalanya terkelupas akibat jahitan yang merembet hingga ke wajahnya. Sambil menyeringai, juga tampak deretan giginya yang amburadul berwarna kuning kehitam-hitaman.

Jadi, buat para cewek pemuja wajah tampan David Beckham, siap-siap saja kaget dengan penampilan legenda Manchester United tersebut. Perubahannya sangat drastis. Tidak ada lagi wajah mulus yang selama ini membuat suami Victoria Spice Girls itu digilai oleh banyak wanita.

Berbeda dengan David Beckham, Idris Elba, yang semula digadang-gadang bakal memerankan mentor dari Arthur, akhirnya batal terlibat dalam proyek film ini. Sutradara Guy Ritchie kemudian memilih Djimon Hounsou sebagai penggantinya untuk berperan menjadi Sir Bedivere.

Begitu juga dengan Elizabeth Olsen, yang awalnya di-plot sebagai Guinevere, akhirnya juga tidak menemui kata sepakat. Posisi pemeran Scarlet Witch dalam Marvel Cinematic Universe itu kemudian diisi oleh Astrid Berges-Frisbey, aktris cantik asal Spanyol yang namanya terangkat setelah memerankan Syrena dalam Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011).

Sementara itu, respon dari para kritikus, hingga saat ini, masih belum diketahui, karena King Arthur: Legend of the Sword baru akan tayang di Amerika Serikat mulai hari Jumat (12/5). Yang pasti, 97% pengunjung situs Rotten Tomatoes ingin menontonnya. Mungkin, sebagian besar adalah ibu-ibu muda, yang ingin menikmati kejantanan Charlie Hunnam dan Jude Law.

***

King Arthur: Legend of the Sword

Sutradara: Guy Ritchie
Produser: Guy Ritchie, Akiva Goldsman, Joby Harold, Tory Tunnell, Steve Clark-Hall, Lionel Wigram
Penulis Skenario: Guy Ritchie, Lionel Wigram, Joby Harold
Pengarang Cerita: David Dobkin, Joby Harold
Pemain: Charlie Hunnam, Àstrid Bergès-Frisbey, Djimon Hounsou, Aidan Gillen, Jude Law, Eric Bana
Musik: Daniel Pemberton
Sinematografi: John Mathieson
Penyunting: James Herbert
Produksi: Warner Bros. Pictures, Weed Road Pictures, Safehouse Pictures, Ritchie/Wigram Productions, Village Roadshow Pictures
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 126 menit
Budget: USD 102 juta
Rilis: 8 Mei 2017 (TCL Chinese Theatre), 9 Mei 2017 (Indonesia), 12 Mei 2017 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 10 Mei 2017)
IMDb: 7,2/10
Rotten Tomatoes: 18%

Advertisements
Preview Film: King Arthur: Legend of the Sword (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s