Preview Film: Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge (Dead Men Tell No Tales) (2017)

Setelah enam tahun lamanya, penantian para fans Pirates of the Caribbean (PotC) akhirnya tuntas. Film terbaru, alias yang kelima, dari franchise rilisan Disney itu mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada hari Rabu (24/5) ini.

Dengan mengusung subjudul Dead Men Tell No Tales (khusus untuk kawasan Eropa dan Asia bertajuk Salazar’s Revenge), PotC tetap mengisahkan petualangan si bajak laut nyentrik, Captain Jack Sparrow. Karakter yang diperankan oleh Johnny Depp itu memang sangat ikonik dan memiliki banyak penggemar sejak film pertamanya dirilis pada tahun 2003 silam.

Meski masih mengandalkan sosok Jack Sparrow sebagai jualan utamanya, PotC 5 ini kabarnya bakal berbeda dengan seri terakhirnya, PotC: On Stranger Tides (2011). Dilihat dari trailer-nya, sepertinya memang begitu banyak yang berubah dari segi cerita bila dibandingkan dengan prekuelnya. Selain itu, ada bintang-bintang lama yang muncul kembali.

Saat diwawancarai setelah world premiere di Shanghai beberapa waktu yang lalu (12/5), duet sutradara Joachim Ronning dan Espen Sandberg mengungkap bahwa mereka memang membuat cerita yang sama sekali baru untuk PotC 5 ini. Bukan lanjutan dari film keempat, On Stranger Tides.

Meski demikian, duo sutradara yang sukses menghasilkan film Kon Tiki (2012) itu meyakinkan bahwa Salazar’s Revenge bakal lebih mudah disukai oleh para penonton dibandingkan film-film PotC sebelumnya. Alasannya sederhana. Mereka membuat seri kelima ini berdasarkan formula-formula sukses yang ada di film pertama, The Curse of the Black Pearl (2003).

Ronning tahu, sebagian besar fans PotC memang paling menyukai film perdana yang dirilis pada tahun 2003 tersebut. Adegan action-nya spektakuler. Petualangannya keren. Unsur komedinya sangat kental. Dan ada bumbu horror-nya.

Selain itu, PotC: The Curse of the Black Pearl juga menyajikan sisi emosional yang kuat. Kisah asmara antara tokoh Will Turner (Orlando Bloom) dan Elizabeth Swann (Keira Knightley) sukses menyentuh hati dan bikin baper para penonton.

Duet Ronning-Sandberg mengakui, mereka memang sangat menyukai film PotC yang pertama. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk membuat Dead Men Tell No Tales dengan mengandalkan elemen-elemen yang ada di The Curse of the Black Pearl, yaitu: action, love story, horror, dan humor. Semua dipadukan menjadi satu.

Jadi, apakah PotC 5 ini bakal mengulang plot cerita film yang pertama? Ronning menegaskan: Tidak. Mereka hanya menggunakan formulanya saja. Kisahnya sama sekali berbeda. Meski ada beberapa karakter utama yang muncul kembali, seperti Will Turner dan Elizabeth Swann.

Sandberg menyatakan, inti dari PotC 5 adalah kisah petualangan Henry Turner (Brenton Thwaites). Dilihat dari nama belakangnya, fans PotC sudah bisa menebak bahwa Henry adalah anak dari Will Turner.

Menurut Sandberg, di PotC 5 ini, porsi Will yang kembali diperankan oleh Orlando Bloom itu memang tidak banyak. Namun, dia berperan penting dalam mengantarkan anaknya untuk menjalani petualangannya sendiri.

Sebagai salah satu karakter yang disukai para fans, kembalinya Will ini memang sebuah kejutan. Bahkan, Orlando Bloom sendiri mengaku tidak menyangka bakal kembali tampil di PotC setelah terakhir kali muncul di film ketiga, At World’s End (2007), sepuluh tahun silam.

Menurut Bloom, terlibat dalam tiga film pertama PotC (2003-2007) adalah pengalaman yang luar biasa. Oleh karena itu, mantan suami Miranda Kerr tersebut mengaku langsung excited begitu sang produser, Jerry Bruckheimer, mengajaknya untuk bergabung kembali.

Di lain pihak, berita gembira kembalinya Bloom juga disertai dengan rumor yang membuat para fans was-was. Kabarnya, bakal ada satu karakter utama yang tamat riwayatnya di PotC 5 (Oh, oh.. Siapa dia?). Apakah itu Jack Sparrow? *cry*

Ronning, selaku sutradara, juga mengaku sedih harus mengakhiri nasib salah satu karakter yang dicintai oleh para fans. Namun, hal itu memang harus dilakukan karena menjadi bagian penting dari sisi emosional yang berusaha mereka angkat.

Terkait Jack Sparrow, latar belakangnya memang bakal dikupas di PotC 5 ini. Dari trailer-nya, kita bisa melihat masa muda dari bajak laut urakan tersebut. Termasuk, hubungannya dengan Captain Salazar. Ada masalah apa sebenarnya di antara mereka?

Seperti yang disebut di subjudulnya, Salazar’s Revenge, PotC 5 memang menampilkan Captain Armando Salazar (Javier Bardem) sebagai tokoh antagonis utama. Dikisahkan, bajak laut yang mukanya nyeremin banget itu memiliki dendam kesumat terhadap Jack Sparrow. Dia bakal memburu Jack hingga ke neraka sekalipun. Apakah kali ini Salazar bisa menuntaskan dendamnya?

FYI, di skenario awal, sebenarnya yang diplot sebagai musuh utama Jack Sparrow adalah Captain Brand, yang sejatinya akan diperankan oleh Christoph Waltz. Namun, karena sibuk dengan proyek film lain, Waltz akhirnya tidak jadi bergabung dengan PotC 5.

Sebagai pengganti, pihak produser kemudian memilih Javier Bardem. Uniknya, baik Waltz maupun Bardem pernah sama-sama berperan sebagai musuh James Bond-nya Daniel Craig, yaitu di Skyfall (2012) dan Spectre (2015). Untuk menyesuaikan dengan Bardem yang keturunan Latin, karakter Captain Brand yang semula bule pun harus berubah menjadi Captain Salazar.

Penampakan Captain Salazar yang cukup mengerikan sempat membuat banyak pihak khawatir PotC 5 bakal membuat anak-anak takut ketika menontonnya. Sutradara Ronning dan Sandberg pun mengakui hal itu.

Namun, mereka akhirnya tetap mengambil keputusan untuk menampilkan sosok Salazar yang menyeramkan. Duo sutradara tersebut memang harus memaksimalkan potensi dari karakter antagonis yang untuk pertama kalinya muncul di PotC 5 ini.

Terkait anak-anak yang bakal takut, Ronning dan Sandberg menyarankan agar para orang tua mendampingi mereka saat menonton di bioskop. Selain itu, anak-anak harus diberi penjelasan bahwa Captain Salazar ada di universe yang berbeda dengan kita. Jadi, meski sosoknya mengerikan, kita tidak akan pernah bertemu dengannya di dunia ini.

Selain menampilkan sisi horror Captain Salazar, PotC 5 juga bakal menyoroti love story antara Henry Turner (Brenton Thwaites) dan Carina Smyth (Kaya Scodelario). Bisa dibilang, mereka adalah versi baru dari Will Turner (Orlando Bloom) dan Elizabeth Swann (Keira Knightley), yang notabene adalah bonyoknya Henry.

Bedanya, pasangan Henry dan Carina ini bakal terasa lebih modern. Tidak kuno seperti Will dan Elizabeth. Menurut sutradara Ronning, dua muda-mudi tersebut memang sengaja ditampilkan lebih progresif dan kuat dibandingkan pendahulu mereka.

Ditambah lagi, karakter Carina, yang merupakan astronom sekaligus horologist (pakar waktu), digambarkan sangat spesial. Dia adalah sosok paling pintar di antara semua tokoh dalam franchise PotC. Sifatnya keras dan tidak takut berhadapan dengan siapa saja, termasuk para pria.

Sepertinya, Carina yang diperankan oleh si cantik Kaya Scodelario memang sengaja diorbitkan sebagai jagoan cewek baru di PotC. Dalam beberapa tahun terakhir, Disney sangat getol mengangkat tokoh-tokoh wanita sebagai andalan baru di film-film mereka. Dan, film kelima PotC ini, kayaknya, juga tidak luput dari trend “girl power” ala Disney tersebut.

Di lain pihak, saat konferensi pers, Johnny Depp mengaku senang bisa kembali memerankan Jack Sparrow setelah menghilang enam tahun. Menurutnya, Jack adalah tokoh yang mewakili sense kebebasan. Hanya saat memerankan bajak laut gendeng tersebutlah Depp bisa bebas berekspresi tanpa dikekang oleh konsekuensi apapun.

Jack Sparrow memang sosok yang kontroversial. Dia nggak pernah belajar dari masa lalu. Sejak dulu, karakternya nggak pernah berubah. Jack adalah gambaran tokoh yang tak punya konsekuensi.

Namun, di balik segala kontroversinya tersebut, para penonton menyukainya. Oleh karena itu, bersama dengan Captain Hector Barbossa (Geoffrey Rush) dan Joshamee Gibbs (Kevin McNally), Jack Sparrow adalah karakter yang selalu muncul dalam semua film PotC.

Saat konferensi pers, Johnny Depp juga sempat mengungkap hal yang menarik. Sebelum ini, dia sudah pernah bermain bareng Javier Bardem di Before Night Falls (2000). Di film tersebut, ada adegan saat keduanya berciuman.

Lucunya, Depp ternyata juga pernah melakukan adegan kissing dengan Penelope Cruz, yang kini menjadi istri Bardem di dunia nyata. Ciuman tersebut mereka lakukan saat Penelope memerankan Angelica di film keempat PotC: On Stranger Tides (2011).

Oh, ya. Di film kelima ini, PotC juga meneruskan tradisi menampilkan seorang penyanyi rock gaek sebagai cameo. Di film sebelumnya, ada gitaris The Rolling Stones, Keith Richards, yang memerankan bokap Jack Sparrow. Kali ini, ada Paul McCartney dari The Beatles. Namun, masih belum terungkap dia berperan sebagai siapa.

Btw, berbeda dengan film-film sebelumnya, Salazar’s Revenge ini menjadi film PotC pertama yang syutingnya tidak dilakukan di Karibia. Disney lebih memilih lokasi pengambilan gambar di Australia, negara asal Brenton Thwaites.

Karena PotC ini adalah film kolosal, maka lokasi syuting di Aussie pun selalu dipenuhi oleh ribuan orang. Sutradara Ronning dan Sandberg, bahkan, menyebutnya sebagai parade sirkus raksasa.

Bila dibandingkan dengan film mereka sebelumnya, Kon Tiki (2012), PotC memang sangat besar. Bisa dibilang, ini adalah film blockbuster pertama yang mereka garap. Oleh karena itu, Ronning mengaku rasanya seperti mimpi.

Ketika ditanya tentang sekuel, alias film keenam, Sandberg menyatakan mungkin saja terjadi. Tapi, semua itu tergantung dari kesuksesan PotC 5. Yang pasti, jika Disney ingin melanjutkan kerja sama, dia dan Ronning selalu siap.

Setelah tayang secara terbatas di CinemaCon, Caesars Palace, Las Vegas pada 28 Maret 2017 dan menggelar world premiere di Shanghai Disney Resort pada 11 Mei 2017, reaksi para penonton cukup positif. Respon dari para kritikus masih belum diketahui karena PotC: Dead Men Tell No Tales baru akan dirilis secara global pada 26 Mei 2017.

***

Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (Salazar’s Revenge)

Sutradara: Joachim RΓΈnning, Espen Sandberg
Produser: Jerry Bruckheimer
Penulis Skenario: Jeff Nathanson
Pengarang Cerita: Jeff Nathanson, Terry Rossio
Berdasarkan: Pirates of the Caribbean by Walt Disney dan Characters by Ted Elliott, Terry Rossio, Stuart Beattie, Jay Wolpert
Pemain: Johnny Depp, Javier Bardem, Brenton Thwaites, Kaya Scodelario, Kevin McNally, Geoffrey Rush
Musik: Geoff Zanelli
Sinematografi: Paul Cameron
Penyunting: Roger Barton, Leigh Folsom Boyd
Produksi: Walt Disney Pictures, Jerry Bruckheimer Films
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
Durasi: 129 menit
Budget: USD 230 juta
Rilis: 11 Mei 2017 (Shanghai), 24 Mei 2017 (Indonesia), 26 Mei 2017 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 23 Mei 2017)
IMDb: 8,5/10
Rotten Tomatoes: 35%
Metacritic: 47/100

Advertisements
Preview Film: Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge (Dead Men Tell No Tales) (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s