Preview Film: Annabelle: Creation (2017)

Meski hanya muncul sebentar di film The Conjuring (2013) yang diangkat dari kisah nyata, Annabelle berhasil membuat sebagian besar penonton merinding disko. Penampakan boneka kayu yang dirasuki setan itu memang cukup menyeramkan. Apalagi, jika dia tiba-tiba nonggol dalam kegelapan, saat kita sedang tidur sendirian malam-malam. Hiiiy..

Kesuksesan Annabelle dalam menebar kengerian tersebut membuat Warner Bros. Pictures tertarik untuk membuat film solonya. Sayangnya, meski berhasil secara box office (meraup pemasukan USD 256 juta dengan bujet hanya USD 6,5 juta), spin-off dari franchise The Conjuring yang dirilis pada tahun 2014 yang lalu itu mendapat sambutan negatif dari para kritikus.

Tahun ini, Warner Bros. Pictures kembali merilis film tentang Annabelle. Kisahnya merupakan prekuel dari film yang pertama. Menceritakan origin, alias asal-usul, dari Annabelle. Jauh sebelum Ed dan Lorraine Warren bertemu dengan boneka setan yang akhirnya disimpan di Museum Warren Occult, di Monroe, Connecticut, Amerika Serikat tersebut.

Annabelle, pada mulanya, dibuat oleh suami-istri perajin boneka, Samuel (Anthony LaPaglia) dan Esther Mullins (Miranda Otto), yang berduka atas kematian putri semata wayang mereka. Setelah dua belas tahun berlalu, pasangan Mullins kemudian membuka rumah mereka untuk menampung sejumlah anak perempuan yatim piatu asuhan Suster Charlotte (Stephanie Sigman).

Rumah yang semula sepi itu langsung menjadi ramai. Namun, sesuatu yang menyeramkan mulai terjadi. Boneka kayu Annabelle ternyata sudah dirasuki oleh hal gaib. Bukan arwah dari putri pasangan Mullins, melainkan roh jahat yang akan meneror siapa pun yang tinggal di rumah itu!

Dengan mengambil setting di masa lalu, proses produksi film berdurasi 109 menit ini dilakukan di Warner Bros. Studios yang terletak di Los Angeles, California. Pengambilan gambarnya sendiri berlangsung selama hampir dua bulan, sejak 27 Juni 2016 hingga 15 Agustus 2016.

Menariknya, sebelum proses produksi dimulai, ada seorang pendeta yang memberkati lokasi syuting. Dalam berbagai proyek film horror, pemberkatan memang sering dilakukan agar proses syuting berjalan lancar dan tidak “diganggu” oleh hal-hal supranatural.

Apalagi, sang aktris utama, Stephanie Sigman (pemeran Suster Charlotte), mengaku takut beneran pada boneka Annabelle. Alhasil, dia meminta lokasi syuting diberkati oleh pendeta yang dulu juga melakukan pemberkatan saat syuting The Conjuring 2 (2016).

Proses syuting Annabelle: Creation sendiri akhirnya bisa diselesaikan dengan baik. Menurut sang sutradara, David F. Sandberg, tidak ada hal-hal aneh yang terjadi selama proses produksi. Semuanya berlangsung normal dan aman.

Berbeda dengan film pertamanya yang mendapat sambutan negatif, prekuel Annabelle ini menuai respon positif dari para kritikus. Setelah tayang perdana di LA Film Festival pada bulan Juni 2017 yang lalu, situs Rotten Tomatoes, yang biasanya galak, bahkan, sempat mengganjarnya dengan rating 100 persen!

Dari 15 orang kritikus yang sudah memberikan review-nya kala itu, semuanya bilang film garapan David F. Sandberg ini bagus. Meski rating di atas baru sementara, belum pernah terjadi sebelumnya ada film, apalagi film horror, yang mendapat rating sempurna, alias 100%, di Rotten Tomatoes.

Salah satu hal yang menjadi kunci kesuksesan Annabelle: Creation adalah kepiawaian David F. Sandberg dalam menyajikan cerita horror dengan cermat. Film keempat dari The Conjuring Universe ini dianggap jauh lebih baik dari pendahulunya yang digarap oleh J. R. Leonetti.

Sandberg dinilai mampu menampilkan kisah horror klasik dengan cara yang elegan. Penampakan boneka kayu Annabelle menjadi lebih menyeramkan dengan teknik baru yang ia sajikan.

Keahlian Sandberg dalam mengarahkan film horror sebenarnya sudah terbukti dalam Lights Out yang dirilis tahun lalu. Sejumlah kritikus memberi respon cukup positif untuk karya sutradara muda yang baru berusia 36 tahun tersebut.

Seperti halnya Lights Out, Annabelle: Creation, kabarnya, juga banyak menyajikan adegan seram. Bahkan, jump scare-nya lebih mencekam dan mengagetkan. Mulai dari teror di dalam rumah yang kelihatannya aman, suara-suara misterius di ruangan gelap, hingga pintu yang tertutup secara tiba-tiba.

Selain itu, karakter para tokoh dalam Annabelle: Creation ini dianggap lebih menarik dan menghanyutkan daripada film pertamanya. Ending-nya juga tidak terlalu rumit. Tak heran, banyak kritikus yang menyebut film horror berdurasi 109 menit ini sebagai salah satu film terbaik dalam franchise The Conjuring.

***

Annabelle: Creation

Sutradara: David F. Sandberg
Produser: Peter Safran, James Wan
Penulis Skenario: Gary Dauberman
Pemain: Stephanie Sigman, Talitha Bateman, Anthony LaPaglia, Miranda Otto
Musik: Benjamin Wallfisch
Sinematografi: Maxime Alexandre
Penyunting: Michel Aller
Produksi: New Line Cinema, Atomic Monster Productions, The Safran Company, RatPac Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 109 menit
Rilis: 19 Juni 2017 (LAFF), 9 Agustus 2017 (Indonesia), 11 Agustus 2017 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 8 Agustus 2017)
IMDb: 7,4/10
Rotten Tomatoes: 86%
Metacritic: 69/100

Advertisements
Preview Film: Annabelle: Creation (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s