Preview Film: The Emoji Movie (2017)

Di jaman internet yang serba digital ini, kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari aplikasi chat messenger yang tertanam di smartphone masing-masing. Di dalam program penyambung pesan tersebut, hiduplah yang namanya emoji, sekumpulan gambar lucu yang mampu mewakili ekspresi kita dalam perbincangan di dunia maya.

Penggunaan emoji dalam percakapan sehari-hari memang sudah mewabah. Perkembangannya sangat fenomenal. Tak heran, Sony Pictures Animation akhirnya tertarik untuk mengangkatnya ke layar lebar. Film berjudul The Emoji Movie tersebut mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada hari Jumat (11/8) kemarin.

Kisahnya tentang kehidupan para emoji yang tinggal di aplikasi Textopolis, yang ter-install di gadget milik cowok ababil bernama Alex (Jake T. Austin). Karakter utamanya adalah sebuah emoji bernama Gene Meh (T. J. Miller). Dia hidup bersama emoji-emoji lainnya, seperti hand emoji, smiley emoji, poop emoji, dancer emoji, devil emoji, dll.

Sesuai dengan namanya, “meh” emoji, Gene seharusnya menunjukkan raut muka bosan dan tidak tertarik dengan apapun. Namun, ternyata, anak pasangan Mel (Steven Wright) dan Mary Meh (Jennifer Coolidge) ini tidak seperti kedua orang tuanya yang merupakan meh emoji tulen.

Gene tiba-tiba berubah menjadi sebuah emoji yang sangat ceria dan ekspresif. Dia bisa menunjukkan berbagai macam raut muka, bukan sekadar wajah bosan atau ekspresi meh saja. Mungkin, ada yang salah dengan pemrogramannya.

Seperti di dunia manusia, keunikan Gene ternyata mendatangkan malapetaka. Dia dianggap berbeda, abnormal, dan dikucilkan dari pergaulan. Sebuah emoji seharusnya hanya bisa menampilkan satu ekspresi saja, bukan bermacam-macam seperti Gene.

Masalah menjadi semakin pelik setelah Smiler (Maya Rudolph), emoji senyum yang juga pemimpin dari Textopolis, memerintahkan para emoji robot untuk menangkap Gene. Dia dianggap sebagai pengacau dan harus dimusnahkan agar tidak merusak kehidupan emoji lainnya.

Gene yang terdesak kemudian meminta bantuan dua sahabatnya, sebuah emoji tangan bernama Hi-5 (James Corden) dan Jailbreak (Anna Faris), sebuah emoji cewek yang jago meretas program. Petualangan apa saja yang bakal mereka bertiga lalui? Mampukah Gene menyelamatkan dirinya?

Dilihat dari plotnya, kisah The Emoji Movie memang sekilas mirip dengan Wreck-It Ralph (2012), yang menceritakan petualangan karakter Ralph dalam dunia video game. Bedanya, di film berdurasi 86 menit ini, karakter Gene bakal berpetualang menjelajahi berbagai macam aplikasi terkenal dalam smartphone milik Alex, seperti Facebook, Instagram, Spotify, Candy Crush, dll.

Film yang semula berjudul Express Yourself ini juga banyak menyisipkan pesan moral, seperti persahabatan dan saling berkorban satu sama lain. Namun, yang paling utama adalah pesan untuk mencintai dan menerima diri kita apa adanya. Tidak perlu menjadi orang lain agar diri kita diterima dalam pergaulan di masyarakat.

Saat diwawancarai, sutradara Tony Leondis mengaku ingin membuat film tentang emoji karena terinspirasi dari Toy Story (1995). Kisah tentang dunia mainan itu memang sangat legendaris dan hingga kini menjadi salah satu franchise film animasi tersukses sepanjang masa.

Selain pesan moral yang mendalam, dari trailer-nya kita bisa melihat sutradara Tony Leondis berhasil menampilkan dunia Textopolis yang penuh warna dan memukau mata. Para penonton seakan dibawa masuk ke dalam dunia maya yang gegap gempita.

Untuk deretan pengisi suaranya, nama-nama yang digandeng juga bukan sembarangan, melainkan nama-nama terkenal, seperti T. J. Miller, James Corden, dan Anna Faris, yang baru saja bercerai dengan Chris Pratt. Selain itu, juga ada Sir Patrick Stewart yang berperan sebagai Poop, si emoji (maaf) tai, alias merda dalam bahasa Italia.

Oh, ya. Di samping nama-nama beken di atas, juga ada duo latin sexy, yaitu Christina Aguilera dan Sofia Vergara. Christina mengisi suara Akiko Glitter, seorang penari super cool yang tinggal di dalam aplikasi Just Dance. Sementara itu, Sofia menjadi Flamenca, sebuah emoji yang jago menari flamenco.

Sayangnya, meski diperkuat oleh sejumlah nama terkenal, ide cerita menarik, dan menyajikan visual yang indah, The Emoji Movie gagal memikat hati para kritikus. Film berbujet USD 50 juta ini dianggap tidak mampu mengikuti kesuksesan film-film sejenis, seperti Wreck-It Ralph (2012), The Lego Movie (2014), dan Inside Out (2015).

Sejumlah situs review juga memberi rating sangat negatif. Plot The Emoji Movie dinilai terlalu imajinatif. Dialognya tidak lucu. Banyak humornya yang terkesan kasar dan kurang pantas jika ditonton oleh anak-anak.

Selain itu, film yang didistribusikan oleh Columbia Pictures ini dianggap terlalu terang-terangan menampilkan konten aplikasi seperti Spotify, Candy Crush dan Just Dance. Alhasil, The Emoji Movie tampak seperti iklan aplikasi yang dibungkus menjadi sebuah film.

Untungnya, meski dihajar oleh berbagai macam kritik, masih cukup banyak yang menonton film komedi animasi ini. Sejak diputar secara global pada akhir bulan lalu, The Emoji Movie sudah mampu mengumpulkan pemasukan hingga USD 70 juta.

***

The Emoji Movie

Sutradara: Tony Leondis
Produser: Michelle Raimo Kouyate
Penulis Skenario: Tony Leondis, Eric Siegel, Mike White
Pengarang Cerita: Tony Leondis, Eric Siegel
Pemain: T. J. Miller, James Corden, Anna Faris, Maya Rudolph, Steven Wright, Jennifer Coolidge, Christina Aguilera, Sofía Vergara, Sean Hayes, Patrick Stewart
Musik: Patrick Doyle
Penyunting: William J. Caparella
Produksi: Sony Pictures Animaton
Distributor: Columbia Pictures
Durasi: 86 menit
Budget: USD 50 juta
Rilis: 23 Juli 2017 (Regency Village Theatre), 28 Juli 2017 (Amerika Serikat), 11 Agustus 2017 (Indonesia)

Rating (hingga 12 Agustus 2017)
IMDb: 1,7/10
Rotten Tomatoes: 8%
Metacritic: 12/100
CinemaScore: B

Advertisements
Preview Film: The Emoji Movie (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s