Preview Film: Kingsman: The Golden Circle (2017)

Dirilis pada tahun 2015 yang lalu, Kingsman: The Secret Service, bisa dibilang, sukses secara komersial dan menuai respon cukup positif dari para kritikus. Film yang diadaptasi dari komik karya Mark Millar dan Dave Gibbons itu mampu meraup pemasukan USD 414 juta secara global dengan bujet “hanya” USD 94 juta.

Kesuksesan film pertama tadi, otomatis, membuat 20th Century Fox tergiur untuk melanjutkannya menjadi sebuah franchise. Film yang kedua, bertajuk Kingsman: The Golden Circle, akhirnya siap dirilis dan mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada hari Rabu (20/9) ini.

Kisah Kingsman: The Golden Circle masih akan melanjutkan film pendahulunya. Gary “Eggsy” Unwin (Taron Egerton), alias Agent Galahad, bakal kembali tampil sebagai tokoh utamanya.

Sosok yang sebelum menjadi agen rahasia dikenal sebagai pemuda madesu itu akan kembali ditemani oleh assistennya, Merlin (Mark Strong), yang jago komputer dan melek teknologi. Selain itu, Roxy Morton (Sophie Cookson), alias Agent Lancelot, yang hot and sexy, juga bakal bahu-membahu lagi dengan Eggsy.

Yang menarik, dalam Kingsman: The Golden Circle ini, karakter Harry Hart yang diperankan oleh Colin Firth itu akan kembali tampil. Padahal, dalam film pertama, mantan Agent Galahad yang posisinya kemudian digantikan oleh Eggsy tersebut dikisahkan sudah tewas tertembak di kepala.

Masih belum jelas, apakah Harry Hart benar-benar hidup kembali atau hanya sekadar muncul secara flashback dalam bentuk ingatan Eggsy. Namun, ada juga bocoran yang menyatakan bahwa Hart ternyata belum mati. Dia hanya tertembak di matanya.

By the way, Kingsman, sebuah badan intelijen independen international yang berbasis di Inggris, kini menghadapi musuh baru, yaitu The Golden Circle. Sindikat yang dipimpin oleh tante-tante sexy bernama Poppy Adams (Julianne Moore) itu ingin menguasai dunia dan membentuk sebuah orde baru seperti yang dilakukan oleh Richmond Valentine (Samuel L. Jackson) di film pertama.

Akibat ulah The Golden Circle, markas Kingsman di London dikisahkan sampai hancur lebur. Eggsy dkk terpaksa mengungsi ke Amerika dan berkolaborasi dengan Statesman, sebuah badan rahasia serupa Kingsman dari Negeri Paman Sam, yang dipimpin oleh Agent Champagne (Jeff Bridges).

Seperti halnya Kingsman, Statesman juga diperkuat oleh berbagai agen rahasia, antara lain Agent Tequila (Channing Tatum), Agent Whiskey (Pedro Pascal), dan Agent Ginger Ale (Halle Berry). Berbeda dengan Kingsman yang berpenampilan ala aristokrat Inggris, Statesman berpakaian ala koboi Amerika.

Selain deretan bintang-bintang terkenal di atas, Kingsman: The Golden Circle juga bakal diramaikan oleh Elton John. Penyanyi legendaris asal Inggris itu tampaknya akan tampil sebagai cameo memerankan versi fiksional dirinya sendiri.

Di samping Elton John, juga bakal ada mantan pemain sepak bola Vinnie Jones yang memerankan bodyguard Poppy Adams. Selain itu, aktor kawakan Bruce Greenwood juga akan muncul sebagai Presiden Amerika Serikat.

Seperti film pertamanya, Kingsman: The Golden Circle kembali digarap oleh Matthew Vaughn. Sutradara berusia 46 tahun itu juga menulis skenarionya bersama Jane Goldman.

Sejatinya, Matthew Vaughn sempat diragukan untuk membesut Kingsman: The Golden Circle. Sineas asal itu Inggris itu, kabarnya, tertarik untuk menyutradarai proyek film sci-fi Flash Gordon. Namun, pihak 20th Century Fox, tampaknya, berhasil membujuknya untuk kembali.

Proses syuting film berdurasi 141 menit ini juga sempat terganggu karena sang aktor utama, Taron Egerton, terlanjur meneken kontrak dengan Lionsgate untuk membintangi Robin Hood: Origins. Untungnya, masalah bentrok jadwal itu kemudian bisa diselesaikan.

Berkat lobi-lobi dari 20th Century Fox, Lionsgate akhirnya setuju untuk menunda proses produksi Robin Hood. Mereka baru memulainya setelah Taron Egerton menyelesaikan syuting film kedua Kingsman.

Proses pengambilan gambar The Golden Circle sendiri berlangsung mulai 15 Mei hingga 13 September 2016. Lokasi syutingnya mengambil tempat di Birmingham dan Warner Bros. Studios di Leavesden. Selain itu, juga ada pengambilan gambar tambahan yang dilakukan di London pada bulan Desember 2016.

Awalnya, film spy action comedy ini bakal dirilis pada 16 Juni yang lalu. Namun, Fox kemudian menundanya menjadi 6 Oktober sebelum dimajukan lagi menjadi 20 September 2017. Mungkin, untuk menghindari bentrok langsung dengan Blade Runner 2049 yang memang bakal tayang pada awal bulan depan.

Setelah menggelar premiere di London pada hari Senin (18/9) kemarin, untuk sementara ini, Kingsman: The Golden Circle mendapat respon cukup lumayan dari para kritikus. Nggak sebagus film pertamanya, tapi juga nggak jelek.

Yang pasti, jika film yang kedua ini sukses secara komersial di box office, pihak produser berniat untuk membuat film ketiganya. Bahkan, sutradara Matthew Vaughn, kabarnya, sudah mengincar aktor termahal di Hollywood saat ini untuk berperan sebagai villain baru, yaitu Dwayne “The Rock” Johnson!

***

Kingsman: The Golden Circle

Sutradara: Matthew Vaughn
Produser: Matthew Vaughn, David Reid, Adam Bohling
Penulis Skenario: Jane Goldman, Matthew Vaughn
Berdasarkan: Kingsman by Mark Millar, Dave Gibbons
Pemain: Colin Firth, Julianne Moore, Taron Egerton, Mark Strong, Halle Berry, Elton John, Channing Tatum, Jeff Bridges
Sinematografi: Henry Jackman, Matthew Margeson
Sinematografi: George Richmond
Penyunting: Eddie Hamilton
Produksi: Marv Films, Cloudy Productions
Distributor: 20th Century Fox
Durasi: 141 menit
Rilis: 18 September 2017 (London), 20 September 2017 (Indonesia), 22 September 2017 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 19 September 2017)
IMDb: –
Rotten Tomatoes: 62%
Metacritic: 52/100

Advertisements
Preview Film: Kingsman: The Golden Circle (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s