Preview Film: Wakefield (2016)

Edgar Lawrence Doctorow, atau yang beken dengan nama E. L. Doctorow, adalah seorang penulis asal New York, Amerika Serikat, yang cukup ternama. Bahkan, pria yang meninggal di usia 84 tahun pada 21 Juli 2015 yang lalu itu dianggap sebagai salah satu novelis terpenting di abad ke-20.

Selain menghasilkan berbagai novel, E. L. Doctorow juga menelurkan banyak short story, alias cerita pendek. Salah satu cerpennya yang terkenal adalah Wakefield, yang diterbitkan pada tahun 2008, dan film adaptasinya saat ini sedang tayang di Cinemaxx Theater dan CGV Cinemas Indonesia.

Wakefield sebenarnya bukan karya original E. L. Doctorow. Dia menulisnya berdasarkan cerita pendek klasik terbitan tahun 1835, berjudul sama, karya Nathaniel Hawthorne. Novelis asal Amerika yang hidup pada abad ke-19 (1804-1864) itu dikenal lewat karya-karyanya yang ber-genre dark romantic.

Kisah Wakefield sendiri berfokus pada kehidupan Howard Wakefield (Bryan Cranston), seorang pengacara sukses dari Manhattan, New York. Dia tinggal bersama istrinya, Diana (Jennifer Garner), dan dua putrinya di sebuah rumah yang nyaman di pinggiran kota.

Namun, kebahagiaan yang terlihat dari luar sering kali hanyalah kebahagiaan semu (seperti hubungan kamu dengan dia). Jauh di dalam hatinya, Wakefield ternyata galau berat. Dia kemudian membuat keputusan yang mengejutkan: Bersembunyi dan mengunci diri di sebuah loteng di atas garasinya.

Mendapati suaminya tiba-tiba menghilang, sang istri pun langsung kebingungan. Dia sampai tidak menyadari bahwa Wakefield sebenarnya sedang mengawasinya dari atas loteng.

Lewat jendela, berbulan-bulan lamanya Wakefield memata-matai dan mempelajari kehidupan istrinya, dua putri kembarnya, dan tetangga-tetangganya. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Apakah Wakefield pada akhirnya bersatu kembali dengan keluarganya?

Film drama produksi Mockingbird Pictures ini awalnya diputar di Telluride Film Festival pada 2 September 2016, lalu di Toronto International Film Festival sepekan kemudian. Setelah dirilis secara terbatas di Amerika oleh IFC Films pada 19 Mei 2017 yang lalu, Wakefield mendapat respon cukup positif dari para kritikus.

Film berdurasi 96 menit ini dinilai memiliki cerita yang smart, membuat para penonton penasaran, dan provokatif. Selain itu, kehadiran dua bintang ternama, Bryan Cranston dan mantannya Ben Affleck, Jennifer Garner, membuat Wakefield semakin layak untuk ditonton.

***

Wakefield

Sutradara: Robin Swicord
Produser: Bonnie Curtis, Wendy Federman, Julie Lynn, Carl Moellenberg
Penulis Skenario: Robin Swicord
Berdasarkan: Wakefield by Nathaniel Hawthorne
Pemain: Bryan Cranston, Jennifer Garner, Beverly D’Angelo, Jason O’Mara, Pippa Bennett-Warner
Musik: Aaron Zigman
Sinematografi: Andrei Bowden-Schwartz
Penyunting: Matt Maddox
Produksi: Mockingbird Pictures
Distributor: IFC Films
Durasi: 96 menit
Rilis: 2 September 2016 (Telluride), 19 Mei 2017 (Amerika Serikat), 4 Oktober 2017 (Indonesia)

Rating (hingga 9 Oktober 2017)
IMDb: 6,4/10
Rotten Tomatoes: 74%
Metacritic: 62/100

Advertisements
Preview Film: Wakefield (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s