Preview Film: Jumanji: Welcome to the Jungle (2017)

Semasa hidupnya, almarhum Robin Williams sudah membintangi berbagai macam film. Salah satu yang paling terkenal adalah Jumanji. Film yang dirilis pada tahun 1995 tersebut cukup sukses secara box office. Dengan modal “hanya” USD 65 juta, mampu meraup pemasukan hingga USD 262 juta.

Tahun ini, kisah yang diadaptasi dari buku cerita anak-anak terbitan tahun 1981 karya Chris Van Allsburg tersebut kembali diangkat ke layar lebar dengan judul Jumanji: Welcome to the Jungle. Ceritanya, bisa dibilang, merupakan lanjutan dari film yang pertama, meski tokoh-tokohnya berbeda. Jadi, film rilisan Sony Pictures ini adalah stand-alone sequel, bukan reboot ataupun remake.

Kisahnya dibuka dengan seorang ababil bernama Alex Vreeke (Mason Guccione) sedang bermain video game Jumanji pada tahun 1996. Namun, tiba-tiba, dia terhisap masuk ke dalam permainan tersebut, seperti yang dulu dialami oleh karakter yang diperankan oleh Robin Williams.

Dua puluh tahun kemudian, ada empat orang anak SMA sedang dihukum oleh kepala sekolah mereka karena telah melakukan kesalahan. Keempat ababil tersebut dijatuhi sanksi untuk membersihkan sebuah ruangan yang bakal dijadikan sebagai laboratorium komputer.

Saat sedang bersih-bersih, salah seorang di antara mereka menemukan sebuah console video game jadul semacam Nintendo. Ternyata, itu adalah video game Jumanji yang dua puluh tahun sebelumnya dimainkan oleh Alex Vreeke yang hilang secara misterius tersebut.

Sudah bisa ditebak, keempat ababil tadi juga tergoda untuk memainkan Jumanji dan semuanya ikut terhisap ke dalam permainan seperti yang dialami oleh Alex. Di hutan belantara Jumanji, keempat anak SMA tadi berubah bentuk sesuai dengan avatar masing-masing yang mereka pilih di awal permainan.

Spencer Gilpin (Alex Wolff), si nerdy gamer, berubah wujud menjadi Dr. Smolder Bravestone (Dwayne Johnson), seorang arkeolog dan petualang yang gagah perkasa. Lalu, Anthony “Fridge” Johnson (Ser’Darius Blain), seorang bintang football sekolah, menjadi Franklin “Mouse” Finbar (Kevin Hart), seorang zoologis dan ahli senjata bertubuh pendek.

Selain dua cowok di atas, dua cewek teman mereka juga berubah menjadi avatar. Martha Kaply (Morgan Turner), seorang gadis kutu buku yang selalu nyinyir, menjadi Ruby Roundhouse (Karen Gillan), seorang dance fighter yang sexy. Tapi, yang paling parah adalah Bethany Walker (Madison Iseman), seorang cheerleader yang paling cantik di sekolah, berubah wujud menjadi pria gendut, Professor Sheldon “Shelly” Oberon (Jack Black), seorang kartografer, kriptografer, arkeolog, sekaligus paleontologis.

Sementara itu, Alex Vreek, yang sudah dua puluh tahun terjebak dalam Jumanji, berubah menjadi Seaplane McDonough (Nick Jonas), seorang guide misterius, petualang, sekaligus pilot. Dia bakal memandu keempat avatar lainnya agar bisa survive di hutan rimba Jumanji.

Untuk bisa kembali ke dunia nyata, mereka harus menyelesaikan permainan, yaitu mengembalikan batu permata Jaguar’s Eye ke sebuah bukit berbentuk harimau. Hanya saja, misi tersebut tidak akan mudah.

Selain menghadapi berbagai binatang buas, mereka juga harus mengatasi seorang karakter jahat, Van Pelt (Bobby Cannavale), yang mengincar permata tadi. Mampukah Spencer dkk terbebas dari kutukan Jumanji?

Bila dibandingkan, Jumanji: Welcome to the Jungle ini memang versi modern dari film yang pertama. Tidak ada lagi board game dan dadu ala permainan Ular Tangga, tapi digantikan oleh sebuah video game. Perbedaan lainnya, bila pada film pendahulunya para pemain masuk ke Jumanji dengan raga masing-masing, kini para pemain menggunakan fisik dari avatar yang mereka pilih.

Meski lebih kekinian, dari segi cerita, Jumanji zaman now ini, kabarnya, lebih dangkal daripada film jadulnya. Tidak ada plot twist. Jalan ceritanya tidak rumit dan mudah ditebak.

Untungnya, meski plotnya sangat sederhana, Jumanji: Welcome to the Jungle terselamatkan oleh unsur humornya yang kental. Setelah tayang secara global sejak hari Rabu (20/12) yang lalu, para kritikus menilai film berdurasi 119 menit ini cukup menghibur.

Penampilan dua komedian, Kevin Hart dan Jack Black, dijamin bakal membuat para penonton tertawa dengan lelucon-lelucon nakal yang mereka lontarkan nyaris sepanjang film. Ditambah lagi, performa Dwayne “The Rock” Johnson juga dinilai cukup luwes dan bisa mengimbangi kelucuan dua rekannya tersebut.

Overall, para kritikus menganggap Jumanji: Welcome to the Jungle lebih menghibur daripada Jumanji-nya Robin Williams. Film berbujet USD 110 juta ini menawarkan sebuah tontonan ringan yang segar, tapi tidak menyimpang dari sumber aslinya.

Saat diwawancarai, The Rock sangat berharap mendiang Robin Williams bangga dengan Jumanji: Welcome to the Jungle. Awalnya, mantan pegulat tersebut mengaku cukup terbebani karena takut film versi baru ini tidak sesukses film pertamanya. Begitu juga dengan para pemain lainnya, semacam Kevin Hart, merasakan beban yang sama.

Namun, dengan keberhasilan film yang disutradarai oleh Jake Kasdan ini meraup USD 100 juta dalam sepekan pertama pemutarannya, The Rock dkk seharusnya tidak perlu terlalu risau. Almarhum Robin Williams, sepertinya, memang bakal bangga di atas sana.

***

Jumanji: Welcome to the Jungle

Sutradara: Jake Kasdan
Produser: Matt Tolmach, William Teitler
Penulis Skenario: Jake Kasdan, Chris McKenna, Erik Sommers, Scott Rosenberg, Jeff Pinkner
Pengarang Cerita: Chris McKenna
Berdasarkan: Jumanji by Chris Van Allsburg
Pemain: Dwayne Johnson, Jack Black, Kevin Hart, Karen Gillan, Nick Jonas, Bobby Cannavale
Musik: Henry Jackman
Sinematografi: Gyula Pados
Penyunting: Mark Helfrich, Steve Edwards
Produksi: Columbia Pictures, Matt Tolmach Productions, Radar Pictures, Seven Bucks Productions
Distributor: Sony Pictures Entertainment
Durasi: 119 menit
Budget: USD 110 juta
Rilis: 5 Desember 2017 (Grand Rex), 20 Desember 2017 (Amerika Serikat & Indonesia)

Rating (hingga 26 Desember 2017)
IMDb: 7,2/10
Rotten Tomatoes: 77%
Metacritic: 58/100
CinemaScore: A-

Advertisements
Preview Film: Jumanji: Welcome to the Jungle (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s