Preview Film: Maze Runner: The Death Cure (2018)

Penantian para fans Maze Runner berakhir. The Death Cure, seri ketiga, alias yang terakhir, dari trilogi dystopian sci-fi karangan James Dashner tersebut akhirnya tayang mulai hari Rabu (24/1) ini di bioskop-bioskop Indonesia.

The Death Cure, semula, dijadwalkan tayang pada 17 Februari 2017. Namun, kecelakaan yang dialami oleh sang bintang utama, Dylan O’Brien, pada 18 Maret 2016 membuat 20th Century Fox menunda penayangannya hingga 26 Januari 2018.

Akibat kecelakaan yang terjadi saat syuting tersebut, Dylan O’Brien mengalami cedera cukup parah. Proses produksi The Death Cure pun harus vakum selama setahun untuk menunggu pemulihan aktor ganteng yang sekilas mirip mendiang Paul Walker itu.

Saat menjalani masa recovery, Dylan mengaku benar-benar terpuruk dalam kegelapan. Perjuangannya untuk kembali melanjutkan syuting The Death Cure sungguh tidak mudah. Bahkan, cowok yang baru berusia 26 tahun itu sempat ragu apakah dia bisa bangkit dan berakting lagi.

Untungnya, setelah berjuang selama enam bulan, masa-masa gelap itu berhasil dia lalui. Dylan merasa bersemangat untuk melanjutkan syuting The Death Cure. Kini, dia tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya melihat film yang disutradarai oleh Wes Ball itu bakal segera dirilis.

Seperti halnya Dylan, para fans Maze Runner pun sangat bersemangat menyambut perilisan The Death Cure. Sudah hampir tiga tahun mereka menunggu kelanjutan aksi Thomas dkk sejak film yang kedua, The Scorch Trials, tayang pada 2015.

Dari trailer yang dirilis beberapa waktu yang lalu, kita bisa melihat Thomas (Dylan O’Brien) bakal kembali memimpin teman-temannya, yaitu Teresa (Kaya Scodelario), Newt (Thomas Brodie-Sangster), Frypan (Dexter Darden), Jorge (Giancarlo Esposito), dan Brenda (Rosa Salazar), untuk memasuki The Last City. Kota futuristis tersebut dikelilingi oleh maze yang dikendalikan oleh musuh mereka, WCKD, dan bisa berubah menjadi labirin yang mematikan.

Misi para Gladers – sebutan bagi mereka yang terjebak di dalam labirin – adalah menembus maze, memasuki The Last City, dan menemukan The Death Cure, yaitu obat penawar untuk wabah The Flare, alias virus yang mengubah manusia menjadi semacam zombie. Selain itu, Thomas dkk juga harus menyelamatkan Minho (Ki Hong Lee) yang pada akhir film kedua ditangkap oleh WCKD.

Dari trailer, juga terlihat aksi-aksi berbahaya dan menegangkan yang dilakukan oleh para Gladers. Bahkan, kali ini, juga melibatkan kendaraan-kendaraan besar semacam truk kontainer dan helikopter.

Jika menilik versi novelnya, tidak semua Gladers bakal selamat. Yang paling menyedihkan adalah kematian Newt. Lewat media sosial, seperti Facebook dan YouTube, para fans menyuarakan harapan mereka agar versi film The Death Cure mengubah plot tersebut.

Melalui Twitter beberapa waktu yang lalu, sutradara Wes Ball meyakinkan para fans Maze Runner bahwa film The Death Cure tidak akan membuat mereka sedih dan kecewa. Memang, ada beberapa hal yang bakal sama dengan novelnya. Tapi, juga ada yang berbeda. Apakah ini pertanda bahwa Newt bakal dibiarkan hidup?

Karakter Newt memang memegang peranan penting dalam franchise Maze Runner. Dia adalah seorang mediator, penyalur ide-ide, dan sosok yang memastikan semua aksi Thomas dkk dilakukan untuk alasan yang baik.

Selain tokoh-tokoh utama di atas, The Death Cure juga bakal menampilkan karakter baru, yaitu Lawrence. Tokoh misterius tersebut diperankan oleh Walton Goggins yang sebelum ini pernah bermain di Django Unchained (2012) dan The Hateful Eight (2015).

Saat diwawancarai, sutradara Wes Ball menyatakan bahwa The Death Cure merupakan proyek terbesar dari tiga film Maze Runner. Dia juga menegaskan tidak membagi akhir dari trilogi ini menjadi dua film seperti The Hunger Games: Mockingjay (2015) dan Divergent: Allegiant (2016).

Menurut Ball, tiga film Maze Runner sudah pas, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Jadi, tidak akan ada film yang keempat. The Death Cure merupakan seri penutup, alias pamungkas. Di sini, bakal terungkap penyebab mewabahnya virus The Flare dan kondisi dunia yang sebenarnya saat itu.

Meski The Death Cure bakal menjadi film terakhir, para bintang Maze Runner, seperti Dylan O’Brien, Thomas Brodie-Sangster, dan Ki Hong Lee, mengaku tidak keberatan jika nantinya mereka harus reuni lagi. Mungkin, untuk film spin-off atau reboot.

Tiga aktor muda tersebut juga mengaku sedih dan merasa sangat emosional ketika menyelesaikan film terakhir ini. Menurut mereka, bisa terlibat dalam franchise Maze Runner selama beberapa tahun terakhir merupakan pengalaman yang sangat berharga dan spesial.

Sayangnya, setelah menggelar world premiere di Seoul, Korea, pada 11 Januari 2018 yang lalu, seri terakhir dari Maze Runner ini mendapat respon kurang positif dari para kritikus. Meski demikian, bagi para fans yang sudah menonton film pertama dan kedua, The Death Cure yang berdurasi 142 menit ini tetap wajib untuk ditonton.

***

Maze Runner: The Death Cure

Sutradara: Wes Ball
Produser: Ellen Goldsmith-Vein, Wyck Godfrey,
Marty Bowen, Joe Hartwick, Jr., Wes Ball, Lee Stollman
Penulis Skenario: T.S. Nowlin
Berdasarkan: The Death Cure by James Dashner
Pemain: Dylan O’Brien, Kaya Scodelario, Thomas Brodie-Sangster, Nathalie Emmanuel, Giancarlo Esposito, Aidan Gillen, Walton Goggins, Ki Hong Lee, Barry Pepper, Will Poulter, Patricia Clarkson
Musik: John Paesano
Sinematografi: Gyula Pados
Penyunting: Dan Zimmerman
Produksi: Gotham Group, Temple Hill Entertainment, Oddball Entertainment
Distributor: 20th Century Fox
Durasi: 142 menit
Budget: USD 83 juta
Rilis: 11 Januari 2018 (Seoul), 24 Januari 2018 (Indonesia), 26 Januari 2018 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 22 Januari 2018)
IMDb: 7,3/10
Rotten Tomatoes: 47%
Metacritic: 54/100

Advertisements
Preview Film: Maze Runner: The Death Cure (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s