Prediksi Last 16 Champions League dan Last 32 Europa League 2017-2018

Fase knock-out Liga Champions bakal dimulai tengah pekan ini. Sebanyak 16 tim terbaik di Eropa akan berjibaku untuk lolos dari lubang jarum menuju babak perempat final bulan depan.

Jika ditilik dari hasil drawing yang dilakukan pada bulan Desember 2017 yang lalu, setidaknya, bakal tersaji dua laga yang berstatus big match di babak 16 besar musim ini, yaitu Paris Saint-Germain melawan Real Madrid dan Barcelona yang akan ditantang oleh Chelsea. Bagaimana hasil akhirnya? Siapa saja tim yang bakal selamat dari kejamnya babak eliminasi? Berikut ini adalah prediksinya.

Juventus vs Tottenham Hotspur

Juventus cukup “beruntung”. Berstatus sebagai runner-up grup, sang Nyonya Tua terhindar dari lawan berat di babak 16 besar. Iya, tanpa bermaksud memandang sebelah mata, Tottenham Hotspur memang termasuk “ringan” jika dibandingkan dengan Manchester City dan United yang sebenarnya berpotensi menjadi lawan Juve di babak knock-out ini.

Dilihat dari materi pemain yang dimiliki, Bianconeri memang sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan Spurs yang hanya mengandalkan Harry Kane di depan. Meski demikian, tetap saja, tim asuhan Mauricio Pochettino itu tidak bisa diremehkan.

Saat fase grup, Spurs, tanpa diduga sebelumnya, mampu keluar sebagai juara. Mereka mengangkangi Real Madrid dan Borussia Dortmund yang notabene lebih diunggulkan dan lebih berpengalaman di Eropa.

So, jika tidak berhati-hati, bisa saja Juventus terpeleset. Oleh karena itu, pelatih Max Allegri harus menentukan strategi yang tepat, terutama dalam meredam Hurrikane yang saat ini sedang ganas-ganasnya menjebol gawang lawan.

Prediksi: Juventus 55-45 Tottenham Hotspur

Basel vs Manchester City

Manchester City adalah unggulan utama untuk menjuarai Liga Champions musim ini. Permainan tim asuhan Pep Guardiola itu memang sedang moncer-moncernya. Mereka memuncaki klasemen Premier League dengan gap yang sangat jauh dari tim peringkat kedua, Manchester United.

Di babak 16 besar ini, The Citizens juga mendapat lawan yang paling enteng, yaitu Basel. Dibandingkan 15 kontestan lainnya, juara Liga Swiss itu memang, bisa dibilang, paling lemah, meski saat fase grup mereka mampu lolos ke babak knock-out dengan menyingkirkan Benfica yang notabene lebih superior di ajang Eropa.

Jadi, jika tidak ada kejutan besar, seharusnya, City bisa dengan mudah mengeliminasi Basel. Satu-satunya yang wajib diwaspadai oleh Kun Aguero dkk adalah track record Basel yang kerap menyulitkan, bahkan, menyingkirkan tim asal Inggris di Liga Champions.

Prediksi: Basel 30-70 Manchester City

Porto vs Liverpool

Liverpool akhirnya kembali mencicipi babak 16 besar Liga Champions setelah sekian lama menghilang. Yang menjadi lawan the Reds kali ini adalah jagoan Portugal, FC Porto. Ditilik dari materi pemain, Liverpool jelas lebih unggul. Namun, jangan pernah lupakan kemampuan Emre Can dkk dalam mengecewakan para pendukungnya.

Kekuatan Liverpool saat ini memang tereduksi seiring dengan dibajaknya Philippe Coutinho oleh Barcelona. Tanpa si Penyihir Kecil tersebut, Juergen Klopp kelimpungan mencari pemain kreatif yang mampu memasok bola bagi trio Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane di depan.

Oleh karena itu, laga melawan Porto, jelas, bukan laga yang ringan bagi Liverpool. Apalagi, jika lini belakang the Reds masih keropos meski sudah diperkuat oleh bek termahal di dunia, Virgil Van Dijk. Siap-siap saja para Liverpudlian kembali menelan ludah kekecewaan jika Kloppo tidak segera membenahi bobroknya benteng pertahanan timnya.

Prediksi: Porto 45-55 Liverpool

Sevilla vs Manchester United

Jose Mourinho, sepertinya, tersenyum gembira setelah mengetahui Manchester United “hanya” menghadapi Sevilla di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Iya, Sevilla memang termasuk lawan yang enteng jika dibandingkan dengan Real Madrid atau Bayern Muenchen, misalnya.

Ditambah lagi, saat ini, Sevilla sedang porak-poranda. Kehadiran pelatih baru, Vincenzo Montella, yang dicampakkan oleh Milan, belum mampu mengangkat permainan Ever Banega dkk. Alhasil, rival sekota Real Betis tersebut terlempar dari empat besar La Liga, posisi yang biasanya mereka tempati.

Maka dari itu, di atas kertas, Manchester United, seharusnya, bisa melewati Sevilla. Apalagi, Liga Champions musim ini merupakan salah satu trofi yang paling realistis untuk mereka rebut karena di Premier League sudah tertinggal jauh dari Manchester City.

Prediksi: Sevilla 40-60 Manchester United

Real Madrid vs Paris Saint-Germain

Iya, Real Madrid adalah juara back-to-back Liga Champions dan Club World Cup dua musim terakhir. Iya, Los Merengues adalah klub tersukses di Eropa dengan 12 kali merebut trofi si Kuping Besar. Tapi, untuk laga melawan Paris Saint-Germain kali ini, Cristiano Ronaldo dkk harus rela untuk tidak diunggulkan.

Performa Real yang angin-anginan di level domestik menjadi salah satu penyebabnya. Saat ini, tim besutan Zinedine Zidane itu masih tercecer di peringkat keempat La Liga. Jangankan mengejar Barcelona di puncak klasemen, untuk menggeser Atletico dan Valencia saja mereka tidak becus!

Bandingkan dengan PSG yang dengan perkasa menguasai Ligue 1. Performa Neymar dkk saat fase grup Liga Champions juga mengerikan. Sering pesta gol. Bahkan, tim sekelas Bayern Muenchen pernah mereka bantai tanpa ampun.

Meski demikian, bukan berarti Le Parisien bakal menghabisi Madrid dengan mudah. Real tetaplah Real. Saat bermain di Eropa, Gareth Bale dkk seakan punya energi lebih. Ingatlah tragedi Juventus yang begitu jumawa dan diunggulkan di final Liga Champions musim lalu, tapi akhirnya malah dipermalukan oleh Real.

Maka dari itu, big match kali ini, sepertinya, akan tetap berjalan ketat. Madrid tidak akan menyerah begitu saja di hadapan PSG. Apalagi, Champions League musim ini adalah harapan terakhir Zinedine Zidane untuk meraih trofi setelah tersingkir secara memalukan dari Copa Del Rey dan terseok-seok di La Liga.

Prediksi: Real Madrid 45-55 Paris Saint-Germain

Shakhtar Donetsk vs Roma

Dibandingkan tujuh laga babak 16 besar lainnya, laga ini, bisa dibilang, paling medioker karena mempertemukan dua tim semenjana. Iya, Shakhtar Donetsk adalah juara Liga Ukraina dan Roma merupakan tim papan atas di Italia. Namun, mereka tidak pernah berprestasi di Liga Champions.

Jika dilihat dari materi pemain, Roma layak untuk sedikit diunggulkan. Apalagi, saat fase grup yang lalu, tim besutan Eusebio Di Francesco itu mampu membuat kejutan dengan menjadi pemuncak klasemen. Mereka melindas Chelsea dan mengeliminasi Atletico yang dalam beberapa musim terakhir ini sangat kuat di Eropa. So, Shakhtar, yang tidak sekuat the Blues dan Atleti, seharusnya, bisa diatasi.

Prediksi: Shakhtar Donetsk 45-55 Roma

Chelsea vs Barcelona

Laga ini, sebenarnya, layak disebut big match. Namun, kondisi Chelsea saat ini sedang limbung. Mereka dengan mudah dibantai oleh tim antah-berantah semacam Bournemouth dan Watford di Premier League. Tidak ada lagi benteng pertahanan yang tangguh seperti musim lalu. Antonio Conte seakan kehilangan sentuhan midasnya.

Di lain pihak, Barcelona sedang hot-hotnya musim ini. Gelar juara La Liga hampir pasti dalam genggaman. Jarak mereka dengan Atletico cukup jauh. Apalagi, jika dibandingkan dengan Real Madrid. Jauh banget.

Meski demikian, Barca tetap harus waspada. Chelsea adalah lawan yang kerap merepotkan mereka di Liga Champions. Ingatlah tragedi pada tahun 2012. Lionel Messi dkk, yang saat itu lebih diunggulkan, malah keok di semifinal. Sebaliknya, Chelsea, yang kala itu dilatih oleh manager karteker penuh hoki, Roberto Di Matteo, akhirnya malah bablas menjadi juara.

Prediksi: Chelsea 40-60 Barcelona

Bayern Muenchen vs Besiktas

Seperti halnya Manchester City, Bayern Muenchen adalah tim unggulan yang mendapat lawan ringan di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Besiktas memang mampu membuat kejutan dengan menjadi juara di fase grup dengan melibas Monaco. Namun, secara materi pemain, jelas, tim asal Turki itu bukan tandingan Arjen Robben dkk.

Jadi, jika tidak ada kejutan besar, sudah sepantasnya Bayern melaju ke perempat final. Kalau sampai gagal, bakal menjadi aib memalukan bagi klub raksasa asal Jerman yang dilatih oleh Jupp Heynckes tersebut.

Prediksi: Bayern Muenchen 70-30 Besiktas

Europa League Last 32

Babak 32 besar Liga Europa musim ini sangat menarik karena dihiasi oleh banyak tim bernama besar. Ada yang memang memulai dari fase grup, seperti Milan, Lazio, Arsenal dan Zenit, serta ada pula yang merupakan buangan dari Liga Champions, semacam Atletico, Borussia Dortmund dan Napoli.

Ketujuh tim tadi diunggulkan untuk melaju ke babak 16 besar. Bahkan, Arsenal, satu-satunya wakil Inggris yang masih tersisa di Liga Malam Jumat musim ini, difavoritkan untuk terus melaju hingga partai puncak. Tim-tim yang diprediksi menjadi pesaing berat bagi the Gunners antara lain Atletico, Borussia Dortmund dan Napoli.

Bagaimana dengan AC Milan? Melihat performa tim asuhan Gennaro Gattuso yang masih termehek-mehek, tampaknya, para Milanisti harus lebih banyak berdoa. Setidaknya, mereka harus berharap Rossoneri terlebih dahulu mampu melewati tantangan tim jagoan Bulgaria, Ludogorets, sebelum berpikir untuk merebut trofi Europa League dan meraih tiket menuju Liga Champions musim depan.

Advertisements
Prediksi Last 16 Champions League dan Last 32 Europa League 2017-2018

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s