Preview Film: Downsizing (2017)

Seorang professor asal Norwegia, Dr. Jorgen Asbjornsen (Rolf Lassgard), sedang melakukan penelitian untuk menyusutkan tubuh manusia. Alasannya sederhana. Semakin hari, populasi manusia di dunia semakin banyak dan mengakibatkan kerusakan lingkungan. Jika tubuh manusia bisa mengecil, menjadi hanya setinggi lima inchi saja, itu akan sangat membantu menyelamatkan Bumi dari kehancuran.

Setelah bertahun-tahun melakukan percobaan, Dr. Jorgen Asbjornsen akhirnya berhasil menemukan prosedur yang dia sebut sebagai downsizing. Professor jenius tersebut kemudian mengajak keluarga dan beberapa relawan untuk berubah menjadi kecil dan hidup di tempat mini yang disebut sebagai Leisureland.

Itulah awal dari kisah Downsizing yang dirilis oleh Paramount Pictures pada bulan Desember 2017 yang lalu. Film yang disutradarai oleh Alexander Payne ini juga dibintangi oleh aktor-aktor ternama semacam Matt Damon dan Christoph Waltz.

Dalam film Downsizing, Matt Damon berperan sebagai Paul Safranek, seorang terapis yang sedang terbelit masalah finansial. Di lain pihak, dia punya impian hidup bahagia dan sejahtera bersama istri tercintanya, Audrey (Kristen Wiig).

Suatu ketika, Paul dan Audrey menghadiri pameran properti yang diadakan oleh Leisureland, tempat para manusia mini tinggal dan hidup dengan damai. Di dunia yang serba kecil tersebut, orang-orang bisa hidup sejahtera tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Setelah mempertimbangkan berbagai macam hal, Paul dan Audrey memutuskan untuk pindah ke Leisureland dan mengikuti program downsizing untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Namun, setelah Paul terlanjur menjalani prosedur pengecilan tubuh, Audrey membatalkan niatnya.

Paul akhirnya harus tinggal menjomblo tanpa istrinya di Leisureland. Lebih ngenes lagi, setahun kemudian, Audrey menceraikannya. *krai*

Meski hidup penuh kemewahan di dunia mini Leisureland, hati Paul tetap hampa tanpa Audrey di sisinya. Sampai akhirnya, dia bertemu dengan Dusan Mirkovic (Christoph Waltz), tetangga berisik sebelah apartemen yang setiap malam menggelar pesta, dan pembantu rumah tangganya, Ngoc Lan Tran (Hong Chau). Dari wanita asal Vietnam yang kakinya diamputasi itulah Paul belajar tentang kenyataan hidup. Bahwa dunia, sejatinya, tidak sekecil tubuhnya.

Sebagai sebuah film drama komedi berbalut sci-fi, Downsizing memang bakal menampilkan berbagai macam kelucuan. Paul yang polos dan baik hati akan selalu dikerjai oleh Dusan yang menyebalkan. Selain itu, aksi Ngoc Lan Tran yang jenaka dijamin bakal mengundang tawa para penonton.

Iya, akting Hong Chau di film berdurasi 135 menit ini memang mendapat banyak pujian dan mengalahkan dua aktor kawakan, Matt Damon dan Christoph Waltz. Tak heran, dia masuk nominasi Golden Globe Awards 2018 kategori Best Supporting Actress.

Di lain pihak, secara ide, kisah Downsizing memang cukup menarik. Alexander Payne, selaku sutradara dan penulis skenario, tampaknya, ingin menyajikan sesuatu yang berbeda. Sangat jarang ada film fiksi ilmiah yang memasukkan banyak unsur komedi di dalamnya.

Untuk pengambilan gambar, Payne melakukan syuting di Amerika, Kanada, dan Norwegia. Yang menarik, saat berada di Norwegia, dia menyewa sebuah hotel mengambang (floating hotel) di Vesteralen yang ditempati oleh 160 orang kru dan pemain.

Sayangnya, akting ciamik dari para bintangnya dan ide unik dari Downsizing tidak mampu menarik hati para penonton. Sejauh ini, film rilisan Paramount Pictures itu baru meraup pemasukan USD 52 juta. Sepertinya, tidak akan menutupi bujetnya yang cukup besar. Mencapai USD 68 juta.

Meski secara umum review-nya relatif bagus, para kritikus menilai sutradara Alexander Payne gagal mengeksekusi ide cerita Downsizing dengan baik. Alurnya mengambang dan penekanannya kurang kuat, antara drama, komedi, atau fiksi ilmiah. Mungkin, hal inilah yang membuat para penonton kebingungan.

***

Downsizing

Sutradara: Alexander Payne
Produser: Mark Johnson, Alexander Payne, Jim Taylor
Penulis Skenario: Alexander Payne, Jim Taylor
Pemain: Matt Damon, Christoph Waltz, Hong Chau, Kristen Wiig, Udo Kier
Musik: Rolfe Kent
Sinematografi: Phedon Papamichael
Penyunting: Kevin Tent
Produksi: Ad Hominem Enterprises
Distributor: Paramount Pictures
Durasi: 135 menit
Budget: USD 68 juta
Rilis: 30 Agustus 2017 (Venice), 22 Desember 2017 (Amerika Serikat), 2 Februari 2018 (Indonesia)

Rating (hingga 22 Februari 2018)
IMDb: 5,7/10
Rotten Tomatoes: 51%
Metacritic: 63/100
CinemaScore: C

Advertisements
Preview Film: Downsizing (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s