Preview Film: Pacific Rim Uprising (2018)

Pacific Rim Uprising adalah salah satu sekuel film yang paling ditunggu tahun ini. Apalagi, film pertamanya, Pacific Rim (2013), termasuk sukses secara box office. Karya sutradara Guillermo del Toro tersebut mampu meraup pemasukan USD 411 juta dengan modal USD 190 juta. Selain itu, respon dari para kritikus juga cukup positif.

Bagi yang belum menonton film pertamanya, atau mungkin sudah lupa dengan ceritanya, Pacific Rim mengisahkan tentang perjuangan umat manusia melawan serbuan alien raksasa. Makhluk asing yang disebut sebagai Kaiju tersebut datang dari planet antah-berantah. Mereka menginvasi Bumi melalui sebuah portal interdimensional yang terdapat di dasar Samudera Pasifik.

Untuk menghadapi para monster laut tadi, umat manusia bersatu dan menciptakan Jaeger, yaitu robot mecha raksasa yang dikendalikan oleh dua orang pilot. Setelah bertahun-tahun berjuang, para Jaeger yang dikomandani oleh Jenderal Stacker Pentecost (Idris Elba) akhirnya berhasil menghabisi para Kaiju. Mereka meledakkan, sekaligus menutup, portal interdimensional yang menghubungkan Bumi dengan planet para alien tersebut.

Namun, situasi aman, ternyata, tidak berlangsung lama. Pacific Rim Uprising ber-setting 10 tahun setelah Battle of the Breach di film pertama. Kedamaian umat manusia kembali terusik. Portal di dasar Samudera Pasifik tiba-tiba terbuka lagi. Entah apa, atau siapa, yang membukanya. Para Kaiju yang sudah berevolusi dengan kemampuan adaptasi yang lebih tinggi pun kembali menyerang Bumi.

Akan tetapi, kali ini, umat manusia sudah lebih siap menyambut para monster tersebut. Program Jaeger semakin berkembang dan melahirkan generasi robot mecha raksasa baru yang jauh lebih kuat dan canggih.

Yang menjadi tokoh utamanya adalah Jake Pentecost (John Boyega). Iya, dari namanya sudah bisa ditebak bahwa dia adalah anak dari almarhum Jenderal Stacker Pentecost yang dikisahkan mengorbankan dirinya untuk meledakkan portal pada ending film pertama.

Jake bakal menjadi pilot dari Jaeger generasi terbaru yang dijuluki Gypsy Avenger. Kemungkinan, dia akan ber-partner dengan Mako Mori (Rinko Kikuchi), cewek Jepang yang diasuh oleh Jenderal Pentecost dan menjadi co-pilot Gypsy Danger bersama Raleigh Becket (Charlie Hunnam).

Dilihat dari namanya yang mirip, Gypsy Avenger memang merupakan versi upgrade dari Gypsy Danger. Tentu saja, robot mecha raksasa generasi terbaru ini lebih besar, lebih canggih, dan lebih lengkap persenjataannya daripada pendahulunya.

Sementara itu, Raleigh Becket, kali ini, tidak muncul. Kabarnya, Charlie Hunnam, yang menjadi pemeran tokoh utama di film pertama tersebut, tidak bisa ikut proyek Pacific Rim Uprising karena jadwal syutingnya bentrok dengan King Arthur: Legend of the Sword (2017).

Meski demikian, para fans tidak perlu kecewa dengan absennya Charlie Hunnam. Selain John Boyega, yang sudah terkenal lewat franchise Star Wars, dan Rinko Kikuchi, sudah ada sederet bintang baru yang siap meramaikan Pacific Rim Uprising. Di antaranya adalah jebolan franchise Fast & Furious, Scott Eastwood, dan aktris China yang sedang naik daun, Jing Tian.

Berbeda dengan pendahulunya, film yang kedua ini memang banyak melibatkan cast dari Tiongkok. Hal tersebut berkaitan dengan diakuisisinya Legendary Pictures, produser franchise Pacific Rim, oleh Chinese Wanda Group. Selain itu, film yang pertama dulu juga sangat laris di China.

Sang pemilik baru Legendary Pictures, tentu saja, berharap Pacific Rim Uprising bisa sesukses, atau, bahkan, melebihi film pendahulunya. Namun, banyak pengamat yang meragukan sekuel ini. Salah satu sebabnya adalah posisi sutradara yang tidak lagi dipegang oleh Guillermo del Toro.

Sineas yang baru saja menyabet Piala Oscar kategori Best Director itu memang masih menjadi salah satu produser Pacific Rim Uprising. Namun, dia tidak lagi menjadi sutradara karena lebih memilih fokus menggarap The Shape of Water yang kemarin menjadi film terbaik di ajang Academy Awards ke-90.

Ditambah lagi, yang menduduki kursi pengganti Guillermo del Toro (GdT) tergolong sebagai nama baru, yaitu Steven S. DeKnight. Pacific Rim: Uprising merupakan debutnya sebagai sutradara film layar lebar.

Meski banyak diremehkan, saat diwawancarai, DeKnight menegaskan tidak akan mengecewakan para fans Pacific Rim. Dia sudah mempelajari secara mendalam seluruh aspek di film pertama, terutama elemen-elemen original peninggalan GdT. Menurutnya, film pertama sangat penting karena ada beberapa hal yang berhubungan erat dengan film kedua ini.

Jika Pacific Rim Uprising bisa sesukses pendahulunya, DeKnight malah sudah punya rencana untuk menjadikannya sebagai franchise baru semacam Star Wars atau Star Trek. Ceritanya bakal dia kembangkan dan tidak menutup kemungkinan adanya kisah sempalan, alias spin-off.

Di lain pihak, jika Pacific Rim Uprising ini benar-benar meledak di box office, Legendary Pictures, bahkan, sudah menyiapkan rencana yang lebih gila lagi. Mereka berniat membuat film crossover antara Pacific Rim Universe dengan MonsterVerse yang berisi Godzilla, King Kong, dll. Jadi, kita tunggu saja hasilnya.

***

Pacific Rim Uprising

Sutradara: Steven S. DeKnight
Produser: John Boyega, Cale Boyter, Guillermo del Toro, Jon Jashni, Femi Oguns, Mary Parent, Thomas Tull
Penulis Skenario: Emily Carmichael, Kira Snyder, Steven S. DeKnight, T.S. Nowlin
Pengarang Cerita: Steven S. DeKnight, T.S. Nowlin
Berdasarkan: Karakter-karakter ciptaan Travis Beacham
Pemain: John Boyega, Scott Eastwood, Jing Tian, Cailee Spaeny, Rinko Kikuchi, Burn Gorman, Adria Arjona, Zhang Jin, Charlie Day
Musik: Lorne Balfe
Sinematografi: Dan Mindel
Penyunting: Dylan Highsmith, Zach Staenberg
Produksi: Legendary Pictures, UpperRoom Entertainment Limited, DDY
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 111 menit
Budget: USD 150 juta
Rilis: 21 Maret 2018 (Indonesia), 23 Maret 2018 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 19 Maret 2018)
IMDb: –
Rotten Tomatoes: –
Metacritic: –
CinemaScore: –

Advertisements
Preview Film: Pacific Rim Uprising (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s