Preview Film: Ready Player One (2018)

Ready Player One, salah satu film yang paling dinanti tahun 2018, akhirnya tayang mulai hari Rabu (28/3) ini di bioskop-bioskop Indonesia. Disutradarai oleh sang Maestro, Steven Spielberg, dan diadaptasi dari novel fiksi ilmiah laris karya Ernest Cline.

Setelah diterbitkan pada 16 Agustus 2011, Ready Player One memang langsung meledak di pasaran. Kisahnya, yang dihiasi referensi dari puluhan pop culture era 1980 dan 1990-an, berhasil memukau jutaan pembaca di seluruh dunia.

Tanda-tanda kesuksesan Ready Player One, tampaknya, sudah bisa dicium oleh para produser di Hollywood. Buktinya, sebelum novel itu dirilis pada 2011, sang pengarang, Ernest Cline, sudah meneken kontrak untuk mengangkat karyanya ke layar lebar dengan Warner Bros. Pictures pada 2010.

Saat diwawancarai, Ernest Cline mengaku banyak terinspirasi dari karya Steven Spielberg, yang kebetulan menjadi sutradara Ready Player One, dalam menulis novelnya. Selama ini, Spielberg memang dikenal sebagai salah satu master film-film science fiction dan fantasy. Oleh karena itu, dia menganggap Spielberg memang sosok yang paling tepat untuk menggarap film adaptasi novel berbujet USD 175 juta ini.

Kisah Ready Player One ber-setting di masa depan. Tepatnya, pada tahun 2045. Bumi rusak parah oleh global warming, perubahan iklim yang ekstrem, overpopulation, dan kemiskinan. Orang-orang kemudian mencoba lari dari kenyataan hidup, seperti para jomblo, melalui dunia online virtual reality yang disebut OASIS (Ontologically Anthropocentric Sensory Immersive Simulation).

Orang-orang “bermain” OASIS untuk melakukan berbagai hal dan menjadi apa yang mereka inginkan. Singkatnya, dengan mengenakan headset virtual reality (VR) sepanjang hari, para penduduk Bumi yang tinggal di rumah-rumah kumuh menjalani hidup dalam fantasi.

OASIS sendiri merupakan sebuah software simulator yang diciptakan oleh James Halliday (Mark Rylance). Dia memakai avatar bernama Anorak dalam dunia virtual. Sementara itu, para pemain OASIS disebut sebagai Gunter.

Suatu ketika, sang pencipta OASIS meninggal dunia. Namun, sebelum mati, dia sempat meninggalkan wasiat berupa hunting game. Yakni, siapa pun yang berhasil menemukan semua Easter Egg dalam dunia virtual ciptaannya bakal mewarisi kuasa penuh atas OASIS, beserta uang USD 500 miliar!

Sontak, hal tersebut membuat heboh seluruh dunia, terutama para Gunter, alias para pemain OASIS. Salah satunya adalah Wade Watts (Tye Sheridan), seorang jomblo yang berambisi untuk memenangkan game tersebut. Dia biasanya memakai avatar bernama Parzival dalam dunia virtual.

Untuk mencari Easter Egg yang tersembunyi di OASIS, Wade kemudian membentuk sebuah tim yang terdiri dari para Gunter, yaitu Sam Cook aka Art3mis (Olivia Cooke), Helen alias Aech (Lena Waithe), serta kakak-beradik Daito (Win Morisaki) dan Sho (Philip Zhao). Mereka berlima kemudian memulai petualangan superseru di dunia maya.

Selain harus bersaing dengan pemain lain, Wade dkk juga harus menghadapi Innovative Online Industries (IOI) yang dipimpin oleh Nolan Sorrento (Ben Mendelsohn). IOI juga berusaha memenangkan game tersebut karena ingin menguasai OASIS secara penuh.

Tak pelak, pertempuran pun terjadi di dunia maya, yang akhirnya juga berimbas pada si pemain di dunia nyata. Sekilas, konsepnya mirip franchise The Matrix yang dibintangi oleh Keanu Reeves.

Salah satu yang membuat Ready Player One ini menarik adalah kemunculan berbagai karakter pop culture dari masa ke masa di dunia OASIS. Mulai dari King Kong, Back to the Future, hingga film horror comedy, Army of Darkness.

Selain itu, juga ada karakter dari berbagai video game legendaris. Sebut saja Lara Croft dari Tomb Raider, Chun-Li dan Ryu dari Street Fighter, Cassie Cage dan Kitana dari Mortal Kombat, Shotaro Kaneda dari Akira, Tracer dari Overwatch, hingga Dizzy Wallin dari Gears of War.

Bagi yang ingin bernostalgia, Ready Player One juga menyajikan berbagai kendaraan dari film dan serial televisi lawas. Di antaranya adalah KITT-nya Knight Rider, van-nya The A-Team, 4th Falcon Interceptor-nya Mad Max, Mach 5-nya Speed Racer, dan Batmobile jadulnya Batman dari tahun 1960-an.

Dari trailer yang dirilis beberapa waktu lalu, juga ada scene yang memperlihatkan Wade masuk ke sebuah klub di OASIS. Para pengunjungnya adalah karakter dari berbagai komik dan film, yaitu Joker, Harley Quinn, Deathstroke, Gundam, Boneka Chucky, Shrek, Conan the Barbarian, Freddy Krueger, The Iron Giant, hingga Gandalf dari The Lord of the Rings!

Bisa dibilang, Ready Player One ini menjadi semacam pesta Comic-Con, tapi berupa film. Para penggemar pop culture pasti bakal merasa dimanjakan saat menontonnya selama 140 menit.

Selain dihiasi oleh berbagai tokoh dari budaya pop dunia, Ready Player One juga menggunakan musik-musik lawas, seperti franchise Guardians of the Galaxy, sebagai backsound-nya. Dari yang muncul di trailer saja, setidaknya, ada tiga lagu. Semuanya merupakan lagu yang nge-hit di masanya, yaitu Pure Imagination (1971)-nya Willy Wonka and the Chocolate Factory, Jump (1983)-nya Van Halen, dan Take on Me (1985)-nya A-ha yang dulu sempat di-remake oleh A1.

Satu hal lagi yang membuat Ready Player One menarik, para aktor di film ini harus memainkan dua peran yang berbeda, yaitu di dunia nyata dan di dunia maya OASIS. Mereka mengoperasikan tubuh photorealistic, alias avatar, dengan menggunakan motion capture wajah.

Sementara itu, saat diwawancarai dalam ajang San Diego Comic-Con pada bulan Juli tahun lalu, Steven Spielberg menyatakan perwujudan dunia masa depan pada 2045 adalah hal yang keren untuk difilmkan. Meski demikian, dia berusaha menghindari referensi dari film-film scifi lamanya agar tidak terkesan narsistik, alias mengagungkan karya sendiri.

Setelah menggelar premiere di South by Southwest (SXSW), Austin, Texas pada 11 Maret 2018, sejauh ini, Ready Player One mendapat respon positif dari para kritikus. Steven Spielberg, sekali lagi, membuktikan tangan dinginnya sebagai seorang maestro science fiction. Dia berhasil menyajikan sebuah film petualangan yang menegangkan serta penuh dengan nostalgia manis. Jadi tidak sabar untuk menontonnya!

***

Ready Player One

Sutradara: Steven Spielberg
Produser: Steven Spielberg, Donald De Line, Dan Farah, Kristie Macosko Krieger
Penulis Skenario: Zak Penn, Ernest Cline
Berdasarkan: Ready Player One by Ernest Cline
Pemain: Tye Sheridan, Olivia Cooke, Ben Mendelsohn, T.J. Miller, Simon Pegg, Mark Rylance, Lena Waithe, Philip Zhao, Win Morisaki, Hannah John-Kamen
Musik: Alan Silvestri
Sinematografi: Janusz Kamiński
Penyunting: Michael Kahn, Sarah Broshar
Produksi: Warner Bros. Pictures, Village Roadshow Pictures, Amblin Entertainment, Amblin Partners, De Line Pictures, Farah Films & Management
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 140 menit
Budget: USD 175 juta
Rilis: 11 Maret 2018 (SXSW), 28 Maret 2018 (Indonesia), 29 Maret 2018 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 26 Maret 2018)
IMDb: 8,1/10
Rotten Tomatoes: 82%
Metacritic: 64/100
CinemaScore: –

***

Edwin Dianto
Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sport, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: Ready Player One (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s