Prediksi Quarterfinal Champions League dan Europa League 2017-2018

Secara hasil, sebenarnya, hanya ada satu kejutan di babak 16 besar Liga Champions kemarin, yaitu lolosnya Sevilla dengan menghabisi Manchester United. Tim-tim lainnya, yang kini berada di perempat final, memang sudah diperkirakan sebelumnya. Mungkin, yang sedikit di luar dugaan adalah Real Madrid yang relatif mudah dalam mengeliminasi Paris Saint-Germain.

Bagi Sevilla, kemenangan mengejutkan atas Manchester United di 16 besar memberi mereka tiket perempat final untuk menghadapi raksasa Jerman, Bayern Muenchen. Sementara itu, Barcelona, yang berhasil menghajar Chelsea bakal ditantang oleh Serigala Ibukota Italia, AS Roma. Dua partai tadi bakal melengkapi dua big match yang tersaji di perempat final, yaitu Juventus melawan Real Madrid dan Liverpool versus Manchester City. Bagaimana peluang dari masing-masing tim dan siapa yang kira-kira bakal lolos ke semifinal? Berikut ini adalah prediksinya.

Barcelona vs Roma

Barcelona terakhir kali bersua Roma pada matchday kelima grup E Liga Champions 2015-2016. Kala itu, Lionel Messi dkk berhasil menghajar Giallorossi dengan skor telak, 6-1.

Kali ini, Barca kembali diunggulkan untuk menjungkalkan Roma. Materi pemain yang jauh lebih mentereng serta permainan yang sedang hot-hotnya membuat La Blaugrana di atas angin.

Sementara itu, bagi Roma, berhasil menembus babak perempat final, sebenarnya, adalah capaian yang sangat memuaskan. Tim asuhan Eusebio Di Francesco tersebut bakal nothing to lose saat menantang Barca. Target realistis bagi mereka adalah tidak dipermak lagi dengan skor telak. Sambil berharap ada keajaiban.

Prediksi: Barcelona 60-40 Roma

Sevilla vs Bayern Muenchen

Selain Roma, Sevilla adalah tim kuda hitam di perempat final Liga Champions musim ini. Oleh karena itu, keberhasilan lolos ke babak delapan besar, sejatinya, merupakan prestasi yang membanggakan.

Pertanyaannya, apakah kejutan tim besutan Vincenzo Montella itu bakal terus berlanjut? Tanpa bermaksud meremehkan, sepertinya, sulit. Sudah ada tim raksasa Bundesliga yang menghadang, yaitu Bayern Muenchen.

Di tangan Jupp Heynckes, Bayern adalah tim yang solid. Mereka bukan tim labil semacam Manchester United besutan Jose Mourinho. Jadi, bakal sangat sulit bagi Sevilla untuk kembali membuat kejutan seperti di babak 16 besar. Butuh keajaiban.

Prediksi: Sevilla 40-60 Bayern Muenchen

Juventus vs Real Madrid

Ini adalah partai balas dendam bagi Juventus. Masih lekat dalam ingatan sang Nyonya Tua saat mereka digilas tanpa ampun oleh Real Madrid di final Liga Champions musim lalu.

Meski kali ini Cristiano Ronaldo dkk kembali diunggulkan, banyak pengamat yang percaya Juve mampu melakukan revans. Musim lalu, di babak yang sama, Bianconeri juga berhasil membuat kejutan dengan menghempaskan Barcelona.

Sejarah mencatat, Barca adalah tim yang menghabisi Juve di final Liga Champions 2014-2015. Apakah kali ini Gianluigi Buffon dkk bakal kembali mampu melakukan pembalasan terhadap tim yang menjungkalkan mereka di partai puncak semusim sebelumnya?

Prediksi: Juventus 45-55 Real Madrid

Liverpool vs Manchester City

Dua tim Inggris ini sudah sering bertemu di ajang domestik. Kali ini, hasil undian mempertemukan mereka di babak delapan besar Liga Champions. Siapa yang bakal lolos mewakili Premier League ke semifinal?

Ditilik dari materi pemain dan kematangan permainan musim ini, Manchester City yang diasuh oleh Josep Guardiola memang layak diunggulkan. Namun, Liverpool yang dibesut oleh Juergen Klopp sudah terbukti mampu menjadi pengganjal bagi Sergio Aguero dkk.

Dari 12 kali pertemuan, mulai dari Bundesliga hingga kini, Kloppo tercatat lebih banyak menang (enam kali) jika dibandingkan dengan Pep (lima kali). Bahkan, pada pertemuan terakhir di matchweek ke-23 Premier League, Liverpool yang ditangani Klopp mampu menghentikan City dengan skor 4-3. Itu menjadi kekalahan pertama the Citizens di Liga Inggris musim ini.

Tak heran, Klopp pun dijuluki sebagai Klopptonite, alias “pengapesan” bagi Guardiola. Semacam Kryptonite yang selalu membuat Superman lemah. Apakah tuah Klopptonite tersebut bakal berlanjut di ajang Eropa?

Prediksi: Liverpool 45-55 Manchester City

Babak Perempat Final Europa League

Hanya tersisa dua tim top di babak delapan besar Liga Europa musim ini, yaitu Arsenal dan Atletico Madrid. Sementara itu, Borussia Dortmund dan AC Milan sudah tersisih di 16 besar.

Arsenal bakal ditantang oleh CSKA Moskow dan Atletico dihadang Sporting Lisbon di perempat final. Dua partai tadi melengkapi dua laga yang mempertemukan tim-tim kuda hitam, yaitu RB Leipzig melawan Marseille dan Lazio versus Salzburg.

Dari materi skuad yang dimiliki, Arsenal, Atletico, dan Lazio seharusnya bisa melaju ke semifinal. Yang masih fifty-fifty, mungkin, RB Leipzig dan Marseille. Kekuatan kedua tim relatif berimbang. Selain itu, ini Europa League. Jangan kesampingkan potensi terjadinya kejutan.

Prediksi:
RB Leipzig 50-50 Olympique de Marseille
Arsenal 60-40 CSKA Moskva
Atletico de Madrid 60-40 Sporting CP
Lazio 55-45 RB Salzburg

Advertisements
Prediksi Quarterfinal Champions League dan Europa League 2017-2018

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s