Preview Film: A Quiet Place (2018)

Bosan dengan film horror semacam Insidious: The Last Key (2018) atau Danur 2: Maddah (2018) yang cuma begitu-begitu saja? Tenang. Mulai awal bulan April 2018 ini, dahaga para horrormania bakal terpuaskan dengan tontonan mencekam nan berkualitas. A Quiet Place.

Dalam beberapa tahun terakhir, genre horror memang berjaya di dunia perfilman. Terutama, di Indonesia. Bujet yang relatif kecil dengan keuntungan berlipat ganda menjadi daya tarik utama bagi para produser untuk memproduksinya. Namun, kebanyakan film horror yang dirilis akhir-akhir ini tidak memperhatikan faktor kualitas dan kekuatan cerita. Yang penting menampilkan setan-setanan. Untungnya gede. Beres.

Nah, A Quiet Place ini berbeda. Digadang-gadang sebagai salah satu film horror terbaik tahun 2018. Bahkan, para kritikus menyebut kualitas film besutan John Krasinski tersebut setara dengan The Babadook (2014), It Follows (2015), The VVitch (2015), It Comes at Night (2017), dan Get Out (2017), lima film horror terbaik dalam lima tahun terakhir.

Premis yang diangkat oleh A Quiet Place sebenarnya sangat sederhana, tapi unik. Tentang sebuah keluarga di tempat terpencil yang diteror oleh makhluk jahat yang peka terhadap suara. Tagline-nya: If they hear you, they hunt you.

Kisahnya mengambil setting di sebuah masa depan yang kelam. Di tengah hutan. Berfokus pada sepasang suami-istri, Lee (John Krasinski) dan Evelyn Abbott (Emily Blunt), yang sedang hamil, serta dua anak mereka yang masih kecil, Regan (Millicent Simmonds), yang bisu-tuli, dan adiknya, Marcus (Noah Jupe).

Keluarga Abbott harus hidup dalam kesunyian abadi. Untuk berkomunikasi, mereka menggunakan bahasa isyarat, layaknya orang bisu-tuli. Karena, jika terdengar suara sedikit saja, bakal ada makhluk jahat misterius yang secepat kilat akan meneror dan memburu mereka!

Dari trailer yang dirilis oleh Paramount Pictures beberapa waktu yang lalu, tampak gambaran kengerian yang bakal tersaji. Dalam cuplikan berdurasi dua menit tersebut, tidak ada dialog sama sekali yang terucap. Yang terdengar hanya latar belakang musik yang mencekam.

Para tokoh dalam film berdurasi 95 menit ini berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan sebisa mungkin tidak mengeluarkan suara. Samar-samar, tampak sosok mengerikan yang siap menerkam jika mereka membuat bunyi sekecil apapun!

Bisa dibilang, A Quite Place ini benar-benar film yang nyaris bisu. Bahkan, skenario aslinya, yang ditulis oleh Bryan Woods dan Scott Beck, hanya terdiri atas satu baris dialog saja!

Meski sangat minim dialog, script tersebut sangat berkualitas. Buktinya, skenario A Quiet Place berhasil masuk 10 Naskah Terbaik versi Hit List 2017, yaitu agenda voting tahunan yang dilaksanakan oleh para penulis skenario profesional.

Hal lain yang membuat A Quiet Place semakin sepi, tokohnya hanya empat orang, yaitu keluarga Abbott yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua orang anak. Uniknya, John Krasinski, pemeran sang ayah, merupakan suami dari Emily Blunt, pemeran sang ibu, di dunia nyata.

A Quite Place pun tercatat sebagai film pertama di mana Krasinski dan Blunt beradu akting secara langsung. Sebelumnya, pasangan yang menikah pada 10 Juli 2010 itu memang pernah sama-sama bermain di The Muppets (2011), tapi tidak pernah satu scene.

Krasinski, yang juga merangkap sebagai sutradara, merupakan pilihan pertama sebagai Lee Abbott. Sejak menerima naskah A Quiet Place, Paramount Pictures langsung menetapkannya sebagai pemeran utama.

Krasinski kemudian mengajak istrinya sendiri untuk ikut casting. Dia langsung senang bukan main ketika Blunt akhirnya mau berakting di A Quiet Place.

Blunt mengaku tertarik membintangi film horror yang berbujet hanya USD 17 juta ini setelah membaca naskahnya. Selain itu, bintang Sicario (2015) tersebut merasa tertantang untuk beradu akting dengan suaminya karena selama ini mereka belum pernah bermain bareng di satu film.

Setelah menjalani syuting, Krasinski memuji setinggi langit akting istrinya. Menurut sineas lulusan Brown University tersebut, Blunt adalah talenta luar biasa yang menginspirasinya setiap hari.

Selain menyanjung sang istri, Krasinski juga memuji penampilan aktris bisu-tuli, Millicent Simmonds, pemeran putrinya yang juga bisu-tuli di A Quiet Place. Duo penulis skenario, Woods dan Beck, menyatakan, tokoh tuli di A Quiet Place terinspirasi dari kisah rakyat The Pied Piper of Hamelin.

Terkait pemilihan Simmonds, sejak awal, Krasinski memang sengaja mencari aktris yang benar-benar tuli agar bisa mengajari para pemain lainnya untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat. Selain itu, aktingnya juga terlihat lebih natural bila dibandingkan dengan aktris normal.

Upaya keras Krasinski dalam menggarap A Quiet Place, akhirnya, berbuah manis. Setelah tayang perdana di South by Southwest (SXSW) pada 9 Maret 2018 yang lalu, film berdurasi 95 menit ini panen sambutan positif dari para kritikus. Bahkan, sempat mendapat rating 100% di situs Rotten Tomatoes!

Sepanjang sejarah perfilman, hanya ada empat film horror yang pernah meraih rating sempurna di Rotten Tomatoes, yaitu The Cabinet of Dr. Caligari (1920), Frankenstein (1931), The Bride of Frankenstein (1935), dan Repulsion (1965). A Quiet Place pun berhasil mencetak rekor baru, sebagai satu-satunya film horror yang sempat mendapat rating 100% selama 50 tahun terakhir di situs yang terkenal paling sadis tersebut.

Menurut para kritikus yang menyaksikan saat gala premiere, A Quiet Place membuat para penonton tercekat dan kehilangan kata-kata, sebelum akhirnya memberikan standing applause. Saking menegangkannya, tak jarang, teriakan kaget dari para audiens terdengar di tengah-tengah film. A Quiet Place dinilai sebagai gabungan dari drama, thriller, dan horror yang menawarkan ketakutan tak terduga. Setiap suara yang ditimbulkan oleh para karakternya bisa berpotensi mengejutkan dan mematikan!

Film ketiga besutan John Krasinski ini pun dianggap sebagai karyanya yang paling sukses. Selain itu, dia juga dinilai sangat tepat telah memilih istrinya sendiri, Emily Blunt, sebagai lawan main. Chemistry di antara keduanya sangat kuat. Tak heran, A Quiet Place akhirnya dinobatkan sebagai film horror dengan kisah keluarga yang sangat menyentuh.

***

A Quiet Place

Sutradara: John Krasinski
Produser: Michael Bay, Andrew Form, Brad Fuller
Penulis Skenario: Bryan Woods, Scott Beck, John Krasinski
Pengarang Cerita: Bryan Woods, Scott Beck, John Krasinski
Pemain: Emily Blunt, John Krasinski
Musik: Marco Beltrami
Sinematografi: Charlotte Bruus Christensen
Penyunting: Christopher Tellefsen
Produksi: Sunday Night, Platinum Dunes
Distributor: Paramount Pictures
Durasi: 95 menit
Budget: USD 17 juta
Rilis: 9 Maret 2018 (SXSW), 3 April 2018 (Indonesia), 6 April 2018 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 5 April 2018)
IMDb: 8,4/10
Rotten Tomatoes: 98%
Metacritic: 81/100
CinemaScore: –

***

Edwin Dianto
Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: A Quiet Place (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s