Preview Film: Truth or Dare (2018)

Truth or Dare adalah sebuah permainan yang cukup populer di berbagai negara, terutama di Amerika. Biasanya, para ababil yang kerap memainkannya. Dalam permainan ini, kita diharuskan untuk berkata jujur atau melakukan tantangan yang diberikan oleh si lawan main.

Sangat menarik, memang. Bisa mengetahui teman-teman kita mengungkapkan rahasia pribadi masing-masing secara jujur. Apalagi, jika jawaban yang mereka berikan tidak kita duga sebelumnya. Begitu juga saat kita melihat mereka melakukan tantangan yang seru dan lucu.

Permainan Truth or Dare itulah yang diangkat sebagai tema film supernatural horror berjudul sama oleh Blumhouse Productions. Dirilis di Amerika saat Friday the 13th bulan April 2018 yang lalu dan akhirnya juga tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai hari Rabu (2/5) ini.

Kisah Truth or Dare berfokus pada sekelompok ababil asal Amerika yang sedang menikmati liburan musim panas di Meksiko, yaitu Olivia Barron (Lucy Hale), Lucas Moreno (Tyler Posey), Markie Cameron (Violett Beane), Tyson Curran (Nolan Gerard Funk), Penelope Amari (Sophia Ali) dan Ronnie (Sam Lerner). Di sana, keenam mahasiswa tersebut secara tak sengaja bertemu dengan Carter (Landon Liboiron).

Singkat cerita, mereka kemudian diajak bermain Truth or Dare oleh Carter. Celakanya, permainan yang semula seru dan menyenangkan itu kemudian berubah menjadi mengerikan. Penyebabnya, ada makhluk jahat supranatural yang masuk dan meneror mereka!

Sesuai dengan peraturan Truth or Dare, setiap pemain bisa memilih untuk berkata jujur atau melakukan tantangan yang diminta. Tapi, jika salah satunya tidak terpenuhi, alias melanggar aturan, kali ini, nyawa mereka yang menjadi taruhannya!

Berbeda dengan film-film horror Indonesia yang selalu menyajikan penampakan hantu-hantuan dengan backsound yang mengagetkan, Truth or Dare malah tidak menampilkan setannya secara langsung. Sutradara Jeff Wadlow hanya memperlihatkan seseorang yang sedang kerasukan dengan mimik muka yang cukup menyeramkan.

Produser dari Truth or Dare adalah Jason Blum, pendiri Blumhouse Productions yang selama ini memang dikenal sebagai penghasil film-film horror berkualitas semacam Get Out (2017) dan Happy Death Day (2017). Sayangnya, respon dari para kritikus, kali ini, tidak sebaik terhadap dua film tadi.

Dari segi cerita, Truth or Dare sebenarnya cukup menarik. Namun, eksekusinya dianggap kurang maksimal. Akting para pemainnya juga dinilai sangat monoton dan kurang ekspresif. Selama 100 menit, sutradara Jeff Wadlow hanya mengandalkan jump scare yang mengagetkan, bukan membangun adegan-adegan yang bakal membuat para penonton merasakan ketegangan.

Akan tetapi, meski mendapat respon negatif dari para kritikus, secara box office, Truth or Dare mencatat hasil yang lumayan. Bahkan, bisa dibilang, sangat menguntungkan. Dengan bujet hanya USD 3,5 juta, film rilisan Universal Pictures ini mampu meraup pemasukan hampir USD 50 juta. Ini artinya masih cukup banyak horrormania yang tertarik untuk menontonnya.

***

Truth or Dare

Sutradara: Jeff Wadlow
Produser: Jason Blum
Penulis Skenario: Michael Reisz, Jillian Jacobs, Chris Roach, Jeff Wadlow
Pengarang Cerita: Michael Reisz
Pemain: Lucy Hale, Tyler Posey, Violett Beane, Hayden Szeto, Landon Liboiron
Musik: Matthew Margeson
Sinematografi: Jacques Jouffret
Penyunting: Sean Albertson
Produksi: Blumhouse Productions
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 100 menit
Budget: USD 3,5 juta
Rilis: 13 April 2018 (Amerika Serikat), 2 Mei 2018 (Indonesia)

Rating (hingga 30 April 2018)
IMDb: 4,5/10
Rotten Tomatoes: 15%
Metacritic: 35/100
CinemaScore: B-

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: Truth or Dare (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s