Preview Film: Ghost Stories (2017)

Ghost Stories merupakan drama panggung ber-genre horror yang kerap dimainkan di gedung-gedung theater terkemuka, di Inggris dan di Australia, sejak tahun 2010. Kesuksesan drama tersebut membuat duo sutradara, Andy Nyman dan Jeremy Dyson, mengangkatnya ke layar lebar dalam bentuk film.

Selain menjadi sutradara, duet Andy Nyman dan Jeremy Dyson juga menulis skenario Ghost Stories yang saat ini sedang tayang di Cinemaxx Theater dan CGV Cinemas Indonesia. Bahkan, Nyman juga merangkap menjadi pemeran utamanya. Seperti yang ia lakoni di versi dramanya.

Kisah Ghost Stories ber-setting pada tahun 1970-an. Yang menjadi tokoh utamanya adalah Professor Phillip Goodman (Andy Nyman). Seumur hidupnya, dia berupaya menyangkal dan membongkar kebohongan di balik kisah-kisah horror dan supranatural dalam serial televisi miliknya.

Suatu ketika, sikap Professor Goodman yang skeptis terhadap segala aktivitas paranormal mendapat ujian berat. Dia harus memecahkan tiga kasus misterius yang bakal mengguncang keyakinannya bahwa hal-hal supranatural dan gaib itu tidak ada.

Selain dibintangi Andy Nyman, Ghost Stories juga diperkuat oleh Martin Freeman yang sebelumnya kita kenal sebagai pemeran Bilbo Baggins di franchise The Hobbit. Rilisan Lionsgate berdurasi 98 menit ini juga disebut-sebut sebagai film horror Inggris klasik yang belakangan sudah jarang dijumpai.

Setelah tayang perdana di London Film Festival pada 5 Oktober 2017 dan dirilis di Inggris pada 6 April 2018 yang lalu, Ghost Stories mendapat respon positif dari para kritikus. Duet sutradara Andy Nyman dan Jeremy Dyson dinilai sangat detail dalam membangun suasana mencekam sepanjang film. Para penonton bakal terbawa oleh atmosfernya hingga seolah-olah sedang berada di dalamnya.

Kekuatan utama Ghost Stories terletak pada alur cerita, yang menurut para kritikus, digarap dengan apik oleh Andy Nyman dan Jeremy Dyson. Selain itu, mereka berdua juga sangat piawai dalam menghadirkan jump scare lewat suara-suara yang mengagetkan serta alunan musik yang menyeramkan di saat yang tepat.

Ghost Stories ini sebenarnya bukan film horror. Lebih condong ke misteri dan suspense. Namun, sangat layak untuk ditonton oleh para horrormania. Apalagi, bagi yang menyukai film klasik dengan balutan aspek psikologi dan penyingkapan misteri ala film-film detektif, ini jelas tidak boleh dilewatkan. Kabarnya, juga bakal ada plot twist tak terduga yang membuatnya semakin menarik.

***

Ghost Stories

Sutradara: Andy Nyman, Jeremy Dyson
Produser: Claire Jones, Robin Gutch
Penulis Skenario: Andy Nyman, Jeremy Dyson
Pemain: Andy Nyman, Paul Whitehouse, Alex Lawther, Martin Freeman
Musik: Haim Frank Ilfman
Sinematografi: Ole Bratt Birkeland
Penyunting: Billy Sneddon
Produksi: Altitude Film Entertainment, Warp Films
Distributor: Lionsgate Films, IFC Midnight
Durasi: 98 menit
Rilis: 5 Oktober 2017 (London Film Festival), 6 April 2018 (Inggris), 9 Mei 2018 (Indonesia)

Rating (hingga 10 Mei 2018)
IMDb: 6,8/10
Rotten Tomatoes: 81%
Metacritic: 69/100
CinemaScore: –

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: Ghost Stories (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s