Preview Film: Hostiles (2017)

Banyak yang mengakui Christian Bale sebagai salah satu aktor paling berbakat yang dimiliki oleh Hollywood. Namun, sepanjang karirnya, pria kelahiran Wales, 30 Januari 1974, itu belum pernah meraih Piala Oscar kategori Best Actor. Meski sudah sempat masuk nominasi. Lewat film American Hustle (2013).

Sejauh ini, prestasi tertinggi yang pernah digapai oleh Christian Bale adalah Piala Oscar kategori Best Supporting Actor. Alias Aktor Pendukung Terbaik. Lewat sebuah film kisah nyata. Bertema tinju. Berjudul The Fighter. Rilisan tahun 2010.

Tahun lalu, bintang trilogi Batman the Dark Knight itu mencoba kembali peruntungannya. Dengan mengambil peran serius. Lewat film berjudul Hostiles. Yang baru awal bulan Juni 2018 ini diputar di bioskop-bioskop Cinema 21 Indonesia.

Kisah Hostiles sendiri diadaptasi dari cerita karya Donald E. Stewart. Ber-setting di Amerika tahun 1892. Tentang perseteruan antara tentara kavaleri Amerika Serikat dan suku Indian.

Christian Bale berperan sebagai Kapten Joseph J. Blocker. Salah satu veteran pasukan kavaleri pada masa Indian Wars yang legendaris. Dan terkenal kejam.

Sifat bengis Blocker tersebut dipengaruhi oleh masa lalunya yang kelam. Keluarga dan rekan-rekannya banyak yang dibunuh oleh orang-orang Indian. Oleh karena itu, dia sangat membenci penduduk asli benua Amerika tersebut.

Bertahun-tahun setelah Indian Wars yang brutal, menjelang masa pensiunnya, Kapten Blocker mendapat perintah dari atasannya. Untuk mengawal musuh bebuyutannya. Seorang kepala suku Indian Cheyenne. Bernama Yellow Hawk (Wes Studi). Beserta keluarganya. Dari New Mexico menuju ke Montana.

Yellow Hawk, sebenarnya, didakwa bersalah atas kasus pembunuhan. Namun, karena ia sedang sekarat, menderita kanker stadium akhir, pemerintah Amerika mengampuninya. Sang Kepala Suku diperbolehkan pulang. Ke kampung halamannya. Di Montana. Agar bisa meninggal dengan tenang di sana.

Di tengah perjalanan menuju ke Montana, rombongan Kapten Blocker dan Yellow Hawk bertemu seorang wanita kulit putih. Cantik. Yang ternyata adalah seorang janda. MILF. Bernama Rosalee Quaid (Rosamund Pike). Yang sedang dikejar-kejar oleh suku Indian Comanche yang telah membantai seluruh keluarganya.

Beban Kapten Blocker pun bertambah. Selain harus mengawal Yellow Hawk, dia juga harus melindungi sang Janda Kembang. Dari buruan suku Comanche yang kejam. Belum lagi faktor medan dan cuaca yang tak menentu. Serta ancaman dari para perampok di tengah jalan.

Dilihat dari plotnya, Hostiles yang dibesut oleh Scott Cooper ini memang mengangkat tema rekonsiliasi. Antara orang kulit putih dan suku Indian. Di tengah-tengah diskriminasi rasial. Yang terjadi pada akhir abad ke-19. Di Amerika.

Hostiles berbeda dengan film-film western pada umumnya. Yang mana, biasanya, para koboi kulit putih digambarkan sebagai orang yang baik. Melawan para Indian sebagai pihak yang jahat.

Menurut Scott Cooper, dalam film garapannya ini, baik pihak kulit putih maupun suku Indian sama-sama pernah bertindak kejam. Mereka melakukan hal itu untuk berjuang. Dan bertahan hidup. Di tengah situasi yang memang tidak menentu.

Hostiles juga menjadi kolaborasi kedua antara Scott Cooper dan Christian Bale. Sebelumnya, mereka sudah pernah bekerja sama di sebuah film drama. Berjudul Out of the Furnace (2013).

Scott Cooper juga pernah menghasilkan sebuah film kisah nyata, crime drama, yang mendapat sambutan cukup positif dari para kritikus. Judulnya: Black Mass (2015). Dibintangi oleh Johnny Depp.

Seperti halnya Black Mass, setelah tayang perdana di Telluride Film Festival pada 2 September 2017, Hostiles juga mendapat respon positif dari para kritikus. Terutama atas visualisasinya yang memanjakan mata. Dan akting Christian Bale yang memukau.

Banyak pengamat yang menyebut, akting Christian Bale di Hostiles layak mendapat penghargaan. Setidaknya, layak masuk nominasi Piala Oscar. Penampilannya yang sangat natural mampu mengangkat film berdurasi 133 menit ini.

Dari trailer yang dirilis beberapa waktu yang lalu, tersaji nuansa action-drama yang dibalut dengan suasana western yang cukup kental. Ditambah dengan tata kamera dan sinematografi yang keren, serta akting Bale yang ciamik, membuat Hostiles memang sangat menarik untuk disimak.

***

Hostiles

Sutradara: Scott Cooper
Produser: Scott Cooper, Ken Kao, John Lesher
Penulis Skenario: Scott Cooper
Pengarang Cerita: Donald E. Stewart
Pemain: Christian Bale, Rosamund Pike, Wes Studi, Jesse Plemons, Adam Beach, Rory Cochrane, Ben Foster
Musik: Max Richter
Sinematografi: Masanobu Takayanagi
Penyunting: Tom Cross
Produksi: Waypoint Entertainment, Le Grisbi Productions, Bloom Media
Distributor: Entertainment Studios Motion Pictures
Durasi: 133 menit
Budget: USD 39 juta
Rilis: 2 September 2017 (Telluride), 22 Desember 2017 (Amerika Serikat), 1 Juni 2018 (Indonesia)

Rating (hingga 2 Juni 2018)
IMDb: 7,2/10
Rotten Tomatoes: 73%
Metacritic: 65/100
CinemaScore: B

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: Hostiles (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s