Preview Film: Hotel Transylvania 3: A Monster Vacation (2018)

Meski dianggap gagal total saat merilis The Emoji Movie, yang dinilai para kritikus sebagai salah satu film terjelek tahun 2017, Sony Pictures masih belum kapok dalam memproduksi film animasi. Tahun ini, lewat anak perusahaan Sony Pictures Animation, mereka menghadirkan Hotel Transylvania 3: A Monster Vacation.

Selama ini, Sony Pictures, sejatinya, merupakan salah satu studio yang cukup konsisten dalam merilis film-film animasi. Bahkan, beberapa produk yang mereka hasilkan termasuk sukses di pasaran. Selain Hotel Transylvania (2012-2018), juga ada franchise Cloudy with a Chance of Meatballs (2009-2013) dan The Smurfs (2011-2017).

A Monster Vacation sendiri adalah film ketiga dari franchise Hotel Transylvania. Di Amerika, film ini beredar dengan subjudul Summer Vacation. Kisahnya masih melanjutkan dua film pendahulunya. Tentang keluarga vampire Count Dracula yang tinggal di Hotel Transylvania.

Yang menjadi pusat cerita tetap si Mavis, vampire cewek yang suaranya diisi oleh Selena Gomez. Kali ini, dia berusaha membantu bokapnya, Count Dracula (Adam Sandler), untuk mencari pacar baru. Sejak sang istri (nyokap Mavis) meninggal, Drac memang hidup menjomblo.

Mavis kemudian mengajak bokapnya berlibur di sebuah kapal pesiar. Suami Mavis, Jonathan “Johnny” Loughran (Andy Samberg), dan anaknya, Dennis (Asher Blinkoff), juga ikut. Tak ketinggalan, rombongan monster penghuni Hotel Transylvania lainnya, seperti Wayne (Steve Buscemi), Blobby (Genndy Tartakovsky), Sunny (Sunny Sandler), Frankenstein (Kevin James), dll. Rame banget pokoknya. A Monster Vacation.

Semula, liburan tersebut berjalan menyenangkan. Hingga akhirnya si Mavis menyadari bokapnya terjerat cinlok. Alias cinta lokasi. Iya, Drac ternyata bisa jatuh cinta lagi! Kepada kapten kapal misterius. Yang bernama Ericka Van Helsing (Kathryn Hahn).

Dari marganya, para penggemar film horror tentu sudah bisa menebak. Ericka mungkin merupakan keturunan atau ada hubungan kekerabatan dengan Professor Abraham Van Helsing (Jim Gaffigan). Seorang pemburu vampire legendaris!

Bisa dibilang, ini adalah kisah cinta antara dua musuh bebuyutan. Apakah jalinan asmara Drac dan Ericka bakal berakhir manis? Atau malah tragis seperti Romeo dan Juliet?

Proyek Hotel Transylvania 3 sebenarnya sangat minim publikasi. Tidak pernah terdengar kabar produksinya. Namun, tiba-tiba saja Sony Pictures merilisnya musim panas ini.

Awalnya, A Monster Vacation direncanakan rilis pada 21 September 2018. Tapi, kemudian dimajukan dua bulan untuk memberi tempat proyek Sony Pictures yang lain. Yaitu Goosebumps 2: Haunted Halloween. Yang akhirnya juga diundur ke bulan Oktober.

Film berbujet USD 80 juta ini dibesut oleh sutradara Genndy Tartakovsky. Yang juga merangkap sebagai pengisi suara Blobby, si Monster Gelembung. Dia menggantikan Johnny Solomon yang menjadi dubber di film sebelumnya.

Hotel Transylvania 3 juga menjadi film trilogi pertama yang dibintangi oleh Selena Gomez dan Adam Sandler. Sebelum ini, mereka tidak pernah bermain di franchise yang terdiri lebih dari dua film.

Saat Hotel Transylvania 3 menggelar premiere di Regency Village Theatre, Westwood, California pada hari Minggu (1/7) yang lalu, Selena Gomez juga hadir dan menjadi bintang utama dalam acara tersebut. Ini adalah kemunculan pertama mantan pacar Justin Bieber itu di sebuah premiere film dalam dua tahun terakhir.

Sejak menjalani operasi transplantasi ginjal pada September tahun lalu, Selena memang membatasi kegiatannya. Bahkan, dia mengaku sudah tidak tinggal di Los Angeles. Dia juga tidak lagi berusaha keras membuat orang menyukainya seperti dulu. Intinya, Selena sedang berusaha menikmati hidup.

Sayangnya, meski tetap mengandalkan pesona Selena, seperti dua film pendahulunya, Hotel Transylvania 3 kurang mendapat respon positif dari para kritikus. Cukup lucu, tapi tidak cukup bagus. Biasa saja.

Meski demikian, Sony Pictures, tampaknya, tidak ambil pusing dengan pendapat para kritikus. Bagi mereka, yang terpenting para penonton menyambut positif. Buktinya, selama weekend perdana kemarin, Hotel Transylvania 3 berhasil meraup pemasukan hingga USD 98 juta. Bahkan, mampu mengungguli Skyscraper-nya The Rock.

Jika film komedi animasi berdurasi 97 menit ini terus melaju di box office, bukan tidak mungkin Sony Pictures bakal melanjutkan salah satu franchise andalannya tersebut. Siap-siap saja menyambut Hotel Transylvania 4 beberapa tahun mendatang.

***

Hotel Transylvania 3: A Monster Vacation

Sutradara: Genndy Tartakovsky
Produser: Michelle Murdocca
Penulis Skenario: Genndy Tartakovsky, Michael McCullers
Berdasarkan: Para karakter ciptaan Todd Durham
Pemain: Adam Sandler, Andy Samberg, Selena Gomez, Kevin James, David Spade, Steve Buscemi, Keegan-Michael Key, Molly Shannon, Fran Drescher, Kathryn Hahn, Jim Gaffigan, Mel Brooks
Musik: Mark Mothersbaugh
Penyunting: Joyce Arrastia
Produksi: Sony Pictures Animation, Media Rights Capital
Distributor: Sony Pictures Releasing
Durasi: 97 menit
Budget: USD 80 juta
Rilis: 13 Juni 2018 (AIAFF), 13 Juli 2018 (Amerika Serikat & Indonesia)

Rating (hingga 17 Juli 2018)
IMDb: 6,4/10
Rotten Tomatoes: 61%
Metacritic: 54/100
CinemaScore: A-

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: Hotel Transylvania 3: A Monster Vacation (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s