Preview Film: Mission: Impossible – Fallout (2018)

Tom Cruise memang nggak ada matinya. Di usianya yang sudah menginjak 56 tahun, mantan suami Nicole Kidman itu kembali berperan sebagai Ethan Hunt. Dalam Mission: Impossible – Fallout. Yang tayang mulai hari Rabu (25/7) ini di bioskop-bioskop Indonesia.

Fallout sendiri merupakan film keenam dalam franchise Mission: Impossible. Yang pertama dirilis pada 1996. Jadi, sudah 22 tahun sebenarnya Tom Cruise mempertahankan perannya sebagai Ethan Hunt. Sangat lama. Bahkan, tidak ada pemeran James Bond, yang notabene merupakan franchise pesaing Mission: Impossible, yang mampu bertahan selama itu.

Selain Tom Cruise, Fallout juga diperkuat oleh Ving Rhames. Bersama bintang yang melejit lewat Top Gun (1986) tersebut, pemeran Luther Stickell itu menjadi satu-satunya aktor yang selalu tampil di enam film Mission: Impossible sejak 1996.

Dalam menjalankan misi mustahil kali ini, Ethan Hunt dan Luther Stickell juga kembali ditemani oleh Benji Dunn. Karakter jago komputer yang diperankan oleh Simon Pegg itu memang selalu muncul sejak Mission: Impossible III (2006). Bisa dibilang, mereka bertiga adalah tim inti dari Impossible Mission Force (IMF).

Kisah Fallout merupakan lanjutan dari Mission: Impossible – Rogue Nation (2015). Pada ending film kelima tersebut, Ethan Hunt dkk berhasil membekuk Solomon Lane (Sean Harris). Pemimpin Syndicate itu merupakan mantan agen rahasia Inggris MI6, semacam James Bond, yang akhirnya memberontak dan membentuk organisasi kriminal.

Dalam film keenam ini, Solomon Lane dikisahkan berhasil meloloskan diri setelah van yang mengangkutnya keluar dari jalan raya dan masuk ke sungai. Sekretaris IMF, yang kini dijabat oleh Alan Hunley (Alec Baldwin), kemudian menugaskan Ethan Hunt dan timnya untuk memburu Lane.

Sayangnya, misi tersebut berakhir dengan kegagalan. Ethan Hunt dkk tidak mampu menangkap Lane. Dengan kelompok barunya yang bernama Apostles, Lane berniat menyerang tiga kota suci: Vatikan, Yerusalem dan Mekkah, dengan bom nuklir! Ethan dan timnya harus berkejaran dengan waktu untuk mencegah agar bencana besar itu tidak terjadi.

Selain menghadapi Lane, Ethan juga harus menyelamatkan diri. Dari buruan seorang assassin yang bernama August Walker (Henry Cavill). Dia ditugaskan oleh Direktur Central Intelligence Agency (CIA) yang baru, Erica Sloane (Angela Bassett), untuk menghabisi para anggota IMF karena dianggap gagal menangkap Lane.

Seperti yang dikisahkan di Mission: Impossible – Rogue Nation, CIA memang berseberangan dengan IMF. Mereka ingin agar dinas rahasia yang menaungi Ethan Hunt tersebut ditutup. Karena aksinya sering di luar kendali dan membahayakan keamanan negara.

Yang menarik, Mission: Impossible – Fallout juga menampilkan kembali karakter Ilsa Faust (Rebecca Ferguson). Mantan agen rahasia Inggris MI6 tersebut membantu tim Ethan saat Rogue Nation. Bisa dibilang, dia adalah James Bond versi cewek.

Selain Ilsa, tokoh wanita lain yang kembali tampil adalah Julia Meade. Sosok yang diperankan oleh Michelle Monaghan itu merupakan mantan kekasih Ethan Hunt di Mission: Impossible III. Sepertinya, kali ini, mereka terjerat CLBK. Alias cinta lama bersemi kembali.

Dari trailer yang dirilis pada bulan Mei 2018, tampak adegan pernikahan antara Ethan dan Julia. Lalu, tiba-tiba, terlihat kilatan cahaya dan ledakan dari kejauhan. Hunt pun langsung memeluk istrinya dalam kepanikan. Apakah Ethan dkk gagal menghentikan aksi terorisme yang dilakukan oleh Solomon Lane?

Adegan action dan pertarungan memang kembali menjadi suguhan utama dalam film keenam Mission: Impossible ini. Seperti biasanya, Tom Cruise melakukan semua adegan berbahaya tersebut sendirian. Tanpa bantuan stuntman.

Dalam Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011), Cruise bergelantungan di gedung tertinggi di dunia: Burj Khalifa (828 meter) di Dubai. Sementara itu, dalam Rogue Nation, bapak tiga anak tersebut bergelayutan di sebuah pesawat kargo yang sedang lepas landas. Semuanya ia lakukan tanpa pemeran pengganti.

Kali ini, Cruise beraksi menerbangkan helikopter sendirian. Di antara gunung-gunung. Layaknya pilot beneran. Sambil berakting di depan kamera. Selain itu, ada salah satu adegan di mana dia bergelantungan di tali dari sebuah helikopter. Yang terbang di ketinggian dua ribu kaki (609 meter)!

Cruise juga melakoni sendiri adegan kebut-kebutan motor di Paris. Tanpa stuntman. Tanpa memakai helm pengaman. Demi kelancaran proses syuting, pihak pemerintah Prancis menutup jalan di sekitar Arc de Triomphe pada pukul 06.00-08.00 pagi. Cruise pun ngebut layaknya Marc Marquez di antara kejaran 70 mobil.

Namun, sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Saat melakoni syuting adegan melompat di antara atap dua gedung di London, Cruise mendarat dengan tidak sempurna. Mantan suami Katie Holmes itu menabrak sebuah dinding. Yang mengakibatkan pergelangan kakinya cedera.

Tapi, totalitas akting Cruise memang tak perlu diragukan. Meski kakinya patah, dia terus melanjutkan aksinya. Dia terus berlari melalui kamera. Alhasil, adegan tersebut berhasil terekam dengan baik. Dan semuanya bakal ditampilkan di dalam film. Meski cedera pada Agustus 2017 itu akhirnya membuat proses syuting ditunda hingga tiga bulan.

Etos kerja Cruise tersebut sampai membuat lawan-lawan mainnya kagum. Salah satunya, Henry Cavill. Sang pemeran Superman dalam Justice League (2017). Yang kali ini berkumis itu. Dia terpesona dengan aksi Cruise. Yang memang selalu tampil keren. Yang semuanya Cruise lakukan demi memuaskan para penonton.

Selain penuh dengan adegan action yang luar biasa, Mission: Impossible – Fallout juga menyajikan sisi emosional yang nyata. Menurut Michelle Monaghan, kita bakal melihat sosok Ethan Hunt dalam menghadapi masa lalu dan cinta lamanya.

Sutradara Christopher McQuarrie menyatakan, kali ini dia memang tidak melulu fokus pada sisi action. Tapi juga pada karakter, cerita, dan emosi. Setelah menyatukan semuanya, dia baru menyadari betapa besar dan benar-benar gilanya film ini.

Bagi McQuarrie, Fallout adalah film Mission: Impossible-nya yang kedua. Sebelumnya, dia juga menggarap Rogue Nation. McQuarrie pun tercatat sebagai satu-satunya sutradara yang membesut franchise ini hingga dua kali. Sutradara yang lain, seperti Brian De Palma, John Woo, J. J. Abrams dan Brad Bird, masing-masing hanya sekali.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 1996, Mission: Impossible termasuk salah satu franchise yang sukses dalam dunia perfilman. Dari lima seri yang sudah dirilis, mampu menghasilkan pemasukan USD 2,7 miliar. Dengan bujet total “hanya” USD 650 juta.

Secara kualitas, film-film Mission: Impossible juga terus meningkat. Film yang pertama dan kedua memang biasa saja. Sedangkan film yang ketiga cukup lumayan. Tapi, film yang keempat dan kelima berhasil mendapat respon positif dari para kritikus. Yang biasanya nyinyir terhadap film-film action.

Fallout, sepertinya, bakal lebih sukses lagi. Setelah menggelar world premiere di Paris pada 12 Juli 2018, film berdurasi 147 menit ini mendapat respon sangat positif dari para kritikus. Bahkan, tidak hanya disebut-sebut sebagai film Mission: Impossible terbaik, tetapi juga dianggap sebagai salah satu film action terbaik sepanjang masa!

Para kritikus menilai Fallout sangat menyenangkan untuk ditonton. Dengan plot yang mengalir cepat dan berliku-liku. Adegan-adegan action-nya juga sangat gila. Sutradara Christopher McQuarrie sudah berhasil menetapkan standar tinggi yang bakal sulit disamai oleh film laga yang lain.

Dalam menggarap Fallout, McQuarrie memang lebih suka menggunakan efek praktikal daripada menerapkan teknologi CGI (computer-generated imagery). Hasilnya, film rilisan Paramount Pictures ini tampak sangat nyata.

Efek praktikal tanpa sentuhan komputer sama sekali memang membuat perbedaan besar. Para penonton bakal melihat para karakternya sebagai manusia seutuhnya. Bukan sekadar rekayasa digital.

Selain McQuarrie, yang juga mendapat banyak pujian adalah Tom Cruise. Semangatnya yang tak terbatas bakal memuaskan para pecandu film laga. Di usianya yang sudah 56 tahun, dia berlari, melompat, memanjat, menyelam, berkelahi di atas tebing curam di ketinggian 610 meter, dan terjun dari pesawat di ketinggian 7.000 meter lebih.

Adegan terjun bebas dari pesawat itu sekaligus menjadi adegan paling ikonis dalam film Mission: Impossible kali ini. Persiapannya tidak main-main. Sangat berat. Lebih berat daripada menahan kangen pada mantan yang sudah menjadi milik orang lain. Dilan pun tak akan kuat.

Demi melakukan lompatan HALO (high altitude, low opening) tersebut, tim produksi memodifikasi masker oksigen yang dikenakan Tom Cruise. Agar wajahnya terlihat jelas. Ketika dia sedang terjun bebas. Dari pesawat. Dengan kecepatan 321,9 km/jam!

Yang membuatnya sangat berat, untuk mendapatkan adegan superkeren yang sangat berbahaya itu, tidak cukup hanya dilakukan sekali. Atau dua kali. Coba bayangkan. Cruise harus mengulangnya hingga 106 kali. Iya, 106 kali. Agar hasilnya sempurna. Benar-benar spektakuler!

***

Mission: Impossible – Fallout

Sutradara: Christopher McQuarrie
Produser: Tom Cruise, J. J. Abrams, David Ellison, Dana Goldberg, Don Granger, Christopher McQuarrie, Jake Myers
Penulis Skenario: Christopher McQuarrie
Berdasarkan: Mission: Impossible by Bruce Geller
Pemain: Tom Cruise, Henry Cavill, Ving Rhames, Simon Pegg, Rebecca Ferguson, Sean Harris, Angela Bassett, Michelle Monaghan, Alec Baldwin
Musik: Lorne Balfe
Sinematografi: Rob Hardy
Penyunting: Eddie Hamilton
Produksi: Bad Robot Productions, Skydance Media, Alibaba Pictures
Distributor: Paramount Pictures
Durasi: 147 menit
Rilis: 12 Juli 2018 (Paris), 25 Juli 2018 (Indonesia), 27 Juli 2018 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 24 Juli 2018)
IMDb: 9,3/10
Rotten Tomatoes: 96%
Metacritic: 86/100
CinemaScore: –

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: Mission: Impossible – Fallout (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s