Preview Film: Teen Titans Go! To the Movies (2018)

Teen Titans Go! adalah serial animasi yang tayang di channel televisi Cartoon Network. Sejak 23 April 2013. Sekarang sudah menginjak musim kelima dan terdiri dari 213 episode.

Kisah Teen Titans Go! didasarkan pada tim superhero remaja DC Comics. Yang terdiri dari Robin, Raven, Beast Boy, Starfire dan Cyborg. Bisa dibilang, ini adalah Justice League versi ababil.

Meski belum pernah menang, sejak 2015, Teen Titans Go! selalu masuk nominasi Favorite Cartoon. Di ajang Kids’ Choice Awards. Hal ini menunjukkan bahwa serial produksi DC Entertainment dan Warner Bros. Animation itu cukup digemari.

Atas dasar hal tersebut, Warner Bros. Pictures kemudian memutuskan untuk mengangkatnya ke layar lebar. Dengan judul Teen Titans Go! To the Movies. Dan menjadi serial televisi kedua produksi Warner Bros. Animation yang dijadikan film bioskop. Setelah Batman: Mask of the Phantasm (1993).

Kisah Teen Titans Go! To the Movies mengambil setting waktu musim kelima dari serialnya. Jadi, tidak memulai dari awal. Robin diceritakan sudah menjadi pemimpin dari tim Titans. Yang beranggotakan lima orang superhero ababil.

Namun, setelah beberapa lama, Robin mulai galau. Dia merasa Teen Titans kurang mendapat perhatian dari publik. Mereka tidak sepopuler para superhero DC Comics lainnya. Semacam Batman, Superman, Wonder Woman, The Flash, Aquaman dan Green Lantern. Yang merupakan anggota inti Justice League.

Robin akhirnya menemukan ide untuk mendapat pengakuan publik: Teen Titans harus punya film sendiri! Seperti Justice League. Yang jeblok di pasaran itu. #eh

Tanpa pikir panjang, Robin kemudian berangkat ke Hollywood. Dia meminta sutradara terkenal Jade Wilson untuk memproduksi film Teen Titans.

Namun, upaya Robin tersebut tidak berjalan mulus. Studio-studio di Hollywood menganggap remeh Teen Titans. Demikian juga dengan Superman dkk. Yang mengkritik mereka sebagai superhero anak-anak yang penuh kekonyolan.

Selain berjuang untuk mewujudkan mimpi menjadi bintang film, Teen Titans juga harus menghadapi Slade. Seorang supervillain yang menjadi musuh bebuyutan Robin.

Slade, atau lebih lengkapnya Slade Wilson, adalah nama asli dari Deathstroke. Di versi komik, supervillain yang penampakannya mirip Deadpool-nya Marvel ini merupakan salah satu musuh bebuyutan Batman.

FYI, dulu, pada awalnya, Marvel menciptakan Deadpool sebagai parodi dari Deathstroke. Bukan hanya warna kostumnya yang mirip, nama asli Deadpool, Wade Wilson, merupakan plesetan dan Slade Wilson.

Nama Deadpool sendiri memang bakal sering disebut-sebut di sini. Meski dia bukan karakter milik DC Comics. Bahkan, para anggota Teen Titans awalnya menyebut Slade sebagai Deadpool. Bukan Deathstroke. Tentu saja, hal itu dimaksudkan sebagai guyonan.

Film animasi yang berdurasi hanya 88 menit ini memang full dengan humor kasar dan sarkastis. Hampir semua superhero DC Comics mereka bully. Terutama yang filmnya gagal di pasaran. Semacam Green Lantern (2011)-nya Ryan Reynolds dan Batman v Superman: Dawn of Justice (2016).

Bahkan, Teen Titans juga berani menyerang langsung para superhero Marvel yang merupakan rival utama DC Comics. Tapi, menariknya, dedengkot Marvel, Stan Lee, ikut berperan sebagai cameo di film ini. Dia mengisi suara karakter dirinya sendiri.

Selain Stan Lee, sejumlah bintang terkenal Hollywood juga menjadi pengisi suara. Sebut saja Will Arnett, Kristen Bell, Nicholas Cage, James Corden, Jimmy Kimmel, Halsey, Lil Yachty, dll.

Sementara itu, untuk pengisi suara lima anggota Teen Titans, tidak ada perubahan. Scott Menville, Tara Strong, Greg Cipes, Hynden Walch, dan Khary Payton tetap memerankan Robin, Raven, Beast Boy, Starfire dan Cyborg. Seperti di versi serialnya.

Setelah tayang perdana pada hari Jumat (27/7) yang lalu, Teen Titans Go! To the Movies mendapat respon positif dari para kritikus. Bahkan, disebut-sebut sebagai salah satu film animasi terbaik tahun ini.

Film berbujet USD 10 juta ini memang awalnya ditujukan sebagai tontonan anak-anak. Dengan plot yang ringan dan lagu-lagu riang yang mengiringinya. Namun, duo sutradara Aaron Horvath dan Peter Rida Michail, secara brilian, mampu mengemasnya dengan joke-joke yang smart. Sehingga mampu memikat para penonton dewasa.

Teen Titans Go! To the Movies dijamin bakal membuat kamu semua tertawa. Terpingkal-pingkal. Meski ini bukan film komedi.

***

Teen Titans Go! To the Movies

Sutradara: Peter Rida Michail, Aaron Horvath
Produser: Aaron Horvath, Michael Jelenic, Peggy Regan, Peter Rida Michail, Will Arnett
Penulis Skenario: Michael Jelenic, Aaron Horvath
Berdasarkan: Teen Titans by Bob Haney, Bruno Premiani; Teen Titans Go! by Aaron Horvath, Michael Jelenic
Pemain: Greg Cipes, Scott Menville, Khary Payton, Tara Strong, Hynden Walch, Will Arnett, Kristen Bell
Musik: Jared Faber
Penyunting: Nick Kenway
Produksi: Warner Bros. Animation
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 88 menit
Budget: USD 10 juta
Rilis: 27 Juli 2018 (Indonesia & Amerika Serikat)

Rating (hingga 30 Juli 2018)
IMDb: 6,9/10
Rotten Tomatoes: 90%
Metacritic: 70/100
CinemaScore: B+

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: Teen Titans Go! To the Movies (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s