Preview Film: The Equalizer 2 (2018)

The Equalizer adalah sebuah serial televisi jadul. Yang tayang di CBS dari tahun 1985 hingga 1989. Mengisahkan tentang pensiunan agen rahasia. Dengan masa lalu misterius. Yang suka membantu orang-orang tak bersalah yang sedang terjebak masalah.

Lebih dari dua dekade kemudian, Village Roadshow Pictures dan Sony Pictures tertarik untuk mengangkat The Equalizer ke layar lebar. Tepatnya pada 2014. Dengan bintang Denzel Washington. Hasilnya: Cukup sukses. Mampu meraup USD 192 juta dengan modal “hanya” USD 55 juta.

Empat tahun berlalu sejak film yang pertama dirilis, Sony Pictures pun menghadirkan sekuelnya: The Equalizer 2. Yang kini sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Tetap dibintangi oleh Denzel Washington. Dan disutradarai oleh Antoine Fuqua.

Bagi yang sudah lupa, atau belum pernah menonton, film The Equalizer mengisahkan tentang petualangan Robert McCall (Denzel Washington). Mantan anggota marinir dan intelijen yang ahli bela diri tangan kosong dan mahir menggunakan berbagai macam senjata.

Salah satu ciri khas Robert McCall: Sebelum bertarung, dia selalu menghitung waktu yang dibutuhkan untuk melumpuhkan lawan melalui stopwatch di arlojinya. McCall dikisahkan sebagai sosok yang tenang, cerdas, teliti, disiplin dan sangat memperhatikan detail-detail kecil. Oleh karena itu, dia sangat sulit dikalahkan.

Pada film yang pertama, Robert McCall, yang sedang menyepi di apartemen kecilnya, terpaksa “turun gunung”. Dia harus menyelamatkan seorang pelacur ababil bernama Teri (Chloe Grace Moretz) dari cengkeraman mafia Russia yang kejam.

Kini, di sekuelnya yang berjudul The Equalizer 2, Robert McCall dikisahkan tetap tinggal di sebuah apartemen sederhana. Di pinggiran Massachusetts. Dan bekerja sebagai sopir taksi online.

Namun, lagi-lagi, kenyamanan Robert McCall terusik. Tampaknya, dia memang tidak ditakdirkan untuk hidup tenang. Adalah Susan Plummer yang menjadi pemicunya. Karakter yang diperankan oleh aktris senior Melissa Leo itu dikisahkan dibunuh oleh penjahat secara keji di Paris.

Susan, dan suaminya, Brian Plummer (Bill Pullman), merupakan sosok yang penting bagi Robert McCall. Mereka berdua juga mantan agen rahasia. Di film yang pertama, suami-istri tersebut membantu McCall yang sedang kesulitan karena diburu mafia Russia.

Oleh karena itu, kematian Susan Plummer membuat Robert McCall terpukul. Dia merasa ada yang janggal dengan kasus pembunuhan Susan. McCall pun bertekad untuk memecahkan kasus itu seorang diri. Dan mencari siapa penyebab di balik kematian sahabatnya tersebut.

Selain Susan dan Brian Plummer, yang sudah muncul sejak film pertama, The Equalizer 2 juga menampilkan dua tokoh baru. Yaitu: Dave York (Pedro Pascal) dan Miles Whittaker (Ashton Sanders).

Dave York merupakan rekan lama Robert McCall di dunia intelijen. Apakah dia ada hubungannya dengan kematian Susan Plummer? Sementara itu, Miles Whittaker adalah berandalan lucu yang menjadi tetangga McCall di apartemen.

Bagi Denzel Washington, The Equalizer 2 merupakan film sekuel pertamanya. Sepanjang karirnya di Hollywood, aktor kawakan berusia 63 tahun itu memang belum pernah membintangi sebuah franchise. Dia selalu menolak jika diminta bermain di film berseri.

Oleh karena itu, banyak yang heran. Kenapa Denzel Washington mau melanjutkan perannya sebagai Robert McCall di The Equalizer 2? Apakah imannya mulai goyah?

Ada dugaan, Denzel Washington bersedia tampil di The Equalizer 2 karena film ini memuat pesan moral yang sesuai dengan kehidupannya. Washington memang mulai menjalani kehidupan yang lebih religius di masa tuanya.

Selain itu, faktor sutradara Antoine Fuqua mungkin juga turut mempengaruhi keputusan Denzel Washington. Keduanya memang sudah sering berkolaborasi. Sekuel ini adalah film keempat yang melibatkan mereka berdua. Setelah Training Day (2001), The Equalizer (2014), dan The Magnificent Seven (2016).

Antoine Fuqua dulu sempat bilang, sekuel The Equalizer hanya akan dibuat jika hasilnya bagus di box office. Dan hanya jika Denzel Washington mau membintanginya lagi. Bagaimana dengan film ketiga? Fuqua mengaku tertarik untuk melanjutkannya. Tapi, entah bagaimana dengan Denzel.

The Equalizer 2 sendiri sudah dirilis di Amerika sejak 20 Juli 2018 yang lalu. Sejauh ini, hasilnya cukup lumayan. Sudah mampu meraup USD 100 juta dengan modal “hanya” USD 62 juta. Artinya, film berdurasi 121 menit ini cukup laku di pasaran. Meski respon dari para kritikus kurang positif. Seperti film pertamanya dulu.

Yang banyak dikritik adalah plotnya yang mengalir sangat lambat. Dan bercabang. Berpotensi menimbulkan kebosanan dan kebingungan. Apalagi kalau belum menonton film pertamanya. Atau lupa dengan jalan ceritanya.

Untungnya, ada Denzel Washington. Akting ciamiknya mendapat banyak pujian dan sedikit menyelamatkan The Equalizer. Meski usianya sudah tergolong tua, peraih dua Piala Oscar itu masih mampu menampilkan adegan laga yang memukau.

Selain itu, penampilan tokoh Miles Whittaker yang kocak juga dinilai berhasil menyajikan nuansa komedi yang menghibur. Di tengah aksi pertarungan brutal yang dipertontonkan oleh Robert McCall.

***

The Equalizer 2

Sutradara: Antoine Fuqua
Produser: Todd Black, Jason Blumenthal, Denzel Washington, Alex Siskin, Steve Tisch, Antoine Fuqua, Mace Neufeld, Tony Eldridge, Michael Sloan
Penulis Skenario: Richard Wenk
Berdasarkan: The Equalizer by Michael Sloan, Richard Lindheim
Pemain: Denzel Washington, Pedro Pascal, Ashton Sanders, Bill Pullman, Melissa Leo
Musik: Harry Gregson-Williams, Guy B Duhon Jr
Sinematografi: Oliver Wood
Penyunting: Conrad Buff IV
Produksi: Columbia Pictures, Escape Artists, Zhiv Productions, Mace Neufeld Productions, Picture Farm
Distributor: Sony Pictures Releasing
Durasi: 121 menit
Budget: USD 62 juta
Genre: Action & Adventure, Mystery & Suspense
Kategori Usia: R (17+)
Rilis: 20 Juli 2018 (Amerika Serikat), 14 Agustus 2018 (Indonesia)

Rating (hingga 14 Agustus 2018)
IMDb: 7,1/10
Rotten Tomatoes: 49%
Metacritic: 50/100
CinemaScore: A

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: The Equalizer 2 (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s