Ulasan Film: Johnny English Strikes Again (2018)

Mr. Bean is back! Eh, bukan Mr. Bean, sih. Maksudnya, Johnny English is back! Dua karakter superkonyol itu memang diperankan oleh aktor yang sama: Rowan Atkinson. Jadi, wajar saja jika sering ketuker.

Iya. Bagi para fans yang kangen, Rowan Atkinson akhirnya kembali muncul. Di layar lebar. Lewat installment ketiga franchise mata-mata Inggris kocak: Johnny English. Yang kali ini mengusung judul: Johnny English Strikes Again.

Sejak menyatakan pensiun dari Mr. Bean pada 2012, Rowan Atkinson memang seakan menghilang. Di layar lebar, terakhir kali dia muncul pada 2011. Lewat Johnny English Reborn. Oleh karena itu, kembalinya aktor kawakan berusia 63 tahun ini disambut gembira oleh para fans.

Rowan Atkinson, sebenarnya, mengawali karir sebagai komedian sejak lama. Dengan membuat siaran komedi. Berjudul The Atkinson People. Di BBC Radio 3. Pada 1979. Namun, namanya memang baru mendunia setelah memerankan Mr. Bean.

Serial komedi yang tayang di stasiun ITV pada 1989-1995 itu sejatinya hanya terdiri dari 15 episode. Tapi, sangat memorable dan ikonik. Hingga berkembang menjadi film layar lebar dan animasi. Selain menjadi pemeran utama, Rowan Atkinson juga menjadi co-creator. Sekaligus penulis skenario dari Mr. Bean.

Gara-gara Mr. Bean, popularitas Atkinson melejit luar biasa. Aktor yang menderita gangguan bicara, alias gagap, ketika kecil itu memang sangat pas dalam memerankan sosok pria Inggris. Yang tidak banyak bicara. Kekanak-kanakan. Tapi, usil dan konyolnya minta ampun itu.

Meski sudah menyatakan pensiun dari Mr. Bean, saat diwawancarai pada 2016, Atkinson menegaskan tidak akan benar-benar meninggalkan karakter yang telah membesarkan namanya tersebut. Menurut aktor yang dianugerahi gelar kebangsawanan Commander of the British Empire (CBE) pada 2013 itu, sosok Mr. Bean sudah menjadi bagian dari dirinya.

Sebelum comeback di layar lebar, lewat Johnny English Strikes Again, Atkinson, sebenarnya, sudah lebih dahulu comeback di televisi. Pada 2016. Lewat miniseri berjudul Maigret. Yang lagi-lagi tayang di ITV.

Dalam serial yang diadaptasi dari novel laris Prancis itu, Atkinson berperan sebagai detektif Jules Maigret. Yang bertolak belakang dengan Mr. Bean. Karakternya sama sekali nggak ada lucu-lucunya. Sangat serius.

Dengan mengambil setting di Paris, pada dekade ’50-an, serial Maigret hanya diproduksi satu seri dalam setahun. Setiap serinya hanya terdiri dari dua episode. Yang durasinya sepanjang feature film.

Yang menarik, meski sudah menyandang nama besar sebagai aktor kawakan, Atkinson tidak mendapatkan peran Maigret yang superserius itu dengan mudah. Pihak produser sempat ragu untuk merekrutnya. Karena sosok Atkinson sudah terlanjur lekat dengan karakter Mr. Bean. Yang superkocak itu.

Atkinson sendiri mengakui, banyak orang menganggap film ber-genre komedi sebagai film kelas rendah. Oleh karena itu, para komedian sering dipandang sebelah mata. Dan dianggap tidak mampu memerankan karakter yang serius. Padahal, menurut pria bergelar master teknik elektro dari The Queen’s College, Oxford University itu, proyek komedi sebenarnya lebih sulit daripada proyek serius.

Sementara itu, Johnny English sendiri sejatinya merupakan parodi. Dari franchise agen rahasia Inggris (MI6): James Bond. Jalan cerita dan misinya dibuat sama persis. Namun, eksekusinya berbeda. English digambarkan sebagai anggota badan intelijen MI7 (plesetan dari MI6). Yang superceroboh. Tapi beruntung melulu itu.

Di awal karirnya pada 1983, sebenarnya, Rowan Atkinson pernah bermain sebagai pemeran pembantu di film James Bond. Yaitu: Never Say Never Again. Yang dibintangi oleh Sean Connery. Film yang diproduksi oleh studio indie ini tercatat sebagai film layar lebarnya yang kedua.

Seri pertama Johnny English sendiri baru dirilis 20 tahun kemudian. Pada 2003. Seperti halnya James Bond, film ini juga dihiasi oleh cewek-cewek sexy. Kala itu, yang mendampingi Rowan Atkinson adalah Natalie Imbruglia. Aktris cantik asal Australia. Yang lebih dikenal sebagai penyanyi itu.

Pada 2011, Rowan Atkinson kembali memerankan mata-mata bodor tersebut. Dalam film yang kedua: Johnny English Reborn. Bersama Gillian “X-Files” Anderson. Dan Rosamund Pike. Yang dulu namanya melejit setelah bermain sebagai Bond girl. Di Die Another Day (2002). Film James Bond terakhirnya Pierce Brosnan.

Nah, di film yang ketiga ini, Rowan Atkinson bakal beradu akting lagi dengan aktris supersexy: Olga Kurylenko. Seperti halnya Rosamond Pike, cewek keturunan Ukraina ini juga pernah menjadi Bond girl. Yaitu di film Quantum of Solace (2008). Yang dibintangi oleh Daniel Craig.

Kali ini, Johnny English dikisahkan sudah pensiun. Dan tidak menjadi agen rahasia lagi. Dia menjadi pengajar. Di sekolah kepribadian untuk anak-anak. Namun, setelah terjadi cyber attack, yang dilakukan oleh seorang teroris misterius, English diperintahkan untuk kembali bertugas. Dia dikirim ke Prancis. Oleh Perdana Menteri Inggris. Yang diperankan oleh Emma Thompson.

Dari trailer yang dirilis beberapa waktu yang lalu, tampak banyak adegan konyol ala Mr. Bean di dalamnya. Misalnya, saat Johnny English dibikin bingung. Oleh kacamata virtual reality. Peralatan canggih, yang seharusnya membantu untuk memuluskan misinya tersebut, malah menjadi penghalang.

Begitu juga, tampak kekonyolannya saat memakai sepatu. Dengan tenaga magnet. Yang seharusnya digunakan untuk berjalan vertikal di gedung tinggi itu. Kocak. Slapstick. Khas Mr. Bean. Yang bakal membuat para penonton tertawa. Terpingkal-pingkal.

***

Johnny English Strikes Again

Sutradara: David Kerr
Produser: Chris Clark, Tim Bevan, Eric Fellner, Rowan Atkinson, Rafaël Benoliel
Penulis Skenario: William Davies
Berdasarkan: Para karakter ciptaan Neal Purvis, Robert Wade, William Davies
Pemain: Rowan Atkinson, Ben Miller, Olga Kurylenko, Jake Lacy, Emma Thompson
Musik: Howard Goodall
Sinematografi: Florian Hoffmeister
Penyunting: Tony Cranstoun
Produksi: StudioCanal, Working Title Films, Perfect World Pictures
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 89 menit
Genre: Comedy
Kategori Usia: PG (SU)
Rilis: 26 September 2018 (Indonesia), 26 Oktober 2018 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 27 September 2018)
IMDb: 6,7/10
Rotten Tomatoes: 36%
Metacritic: –
CinemaScore: –

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto untuk info film-film terbaru.

Advertisements
Ulasan Film: Johnny English Strikes Again (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s