Ulasan Film: Widows (2018)

Para janda, biasanya, dianggap sebagai kaum yang lemah dan harus dibantu. Namun, yang tergambar di film Widows ini berbeda. Para janda ditampilkan sebagai sosok yang tangguh. Tak kalah dengan para pria.

Film rilisan 20th Century Fox tersebut tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai hari Jumat (7/12) ini. Kisahnya diadaptasi dari sebuah serial lawas berjudul sama. Yang dulu tayang di stasiun televisi Inggris: ITV. Pada 1983 hingga 1985.

Ceritanya diawali oleh empat orang suami; Harry Rawlings (Liam Neeson), Carlos Perelli (Manuel Garcia-Rulfo), Florek Gunner (Jon Bernthal), dan Jimmy Nunn (Coburn Goss); yang menyayangi keluarga mereka. Namun, para suami ini, sejatinya, menyimpan rahasia kelam. Yang tidak diketahui oleh istri-istri mereka.

Rahasia tersebut akhirnya terbongkar. Setelah keempat pria tadi tewas mengenaskan. Dalam sebuah aksi perampokan. Yang digagalkan oleh pihak kepolisian. Iya, para suami yang tampak seperti family man tadi, ternyata, adalah sekumpulan perampok.

Para istri yang kini menjadi janda; Veronica Rawlings (Viola Davis), Linda Perelli (Michelle Rodriguez), Alice Gunner (Elizabeth Debicki), dan Amanda Nunn (Carrie Coon); kemudian harus menghadapi para polisi dan politisi korup. Serta pihak mafia. Yang menagih uang jutaan dollar. Yang telah digarong oleh suami-suami mereka.

Tak nyaman karena merasa ditekan, keempat janda tadi kemudian mencari jalan. Mereka yang selama ini hanya menjadi ibu tangga mulai berlatih bela diri dan menembak. Hingga mengatur sebuah strategi. Untuk melakukan perampokan. Guna membayar utang yang ditinggalkan para suami mereka.

Aksi perampokan yang dilakukan oleh perempuan memang selalu menjadi kisah yang menarik untuk ditonton. Dilihat dari plotnya, sekilas, Widows mirip dengan Ocean’s 8-nya Sandra Bullock. Yang baru tayang musim panas yang lalu. Yaitu, sekelompok cewek melakukan aksi pencurian bernilai jutaan dollar. Bedanya, kali ini, yang terlibat semuanya janda.

Rencana untuk membuat film Widows, sebenarnya, sudah diumumkan sejak 27 Maret 2015. Yang membesut adalah sutradara terbaik Piala Oscar: Steve McQueen. Dan skenarionya ditulis oleh Gillian Flynn. Yang dulu sukses dengan film Gone Girl (2014).

Widows merupakan film McQueen yang pertama setelah 12 Years a Slave (2013). Yang berhasil menggondol Piala Oscar kategori Best Picture itu. McQueen, tentunya, tidak ingin film comeback-nya ini gagal. Langkah pertama yang ia lakukan adalah mencari pemeran para janda tersebut.

Awalnya, Jennifer Lawrence yang digadang-gadang untuk menjadi pemeran utamanya. Namun, karena jadwalnya cukup sibuk, J-Law terpaksa menolak. Perannya kemudian diisi oleh Elizabeth Debicki.

Setelah berhasil menggaet aktris-aktris lainnya; seperti Viola Davis, Michelle Rodriguez dan Cynthia Erivo; proses syuting film berbujet USD 42 juta ini akhirnya dimulai pada 8 Mei 2017. Di Chicago, Illinois. Dengan beberapa aktor pendukung yang juga bernama besar. Sebut saja Colin Farrell, Brian Tyree Henry, Daniel Kaluuya, Robert Duvall, Liam Neeson, dan Jon Bernthal.

Di Amerika, Widows sudah tayang sejak 16 November 2018. Sejauh ini, respon dari para kritikus sangat positif. Film berdurasi 129 menit ini disebut-sebut sebagai salah satu heist film terbaik yang pernah dibuat. Jauh lebih bagus daripada Ocean’s 8. Yang juga penuh bintang. Tapi ternyata biasa-biasa saja itu.

Sutradara Steve McQueen dinilai berhasil menyajikan suguhan baru. Bersama Gillian Flynn, McQueen menulis skenario Widows dengan sangat baik. Dia juga menyelipkan pesan-pesan tentang feminisme di dalamnya. Yang menampilkan perjuangan para janda. Untuk bertahan hidup dalam menghadapi kejamnya dunia. Ditambah dengan akting para pemainnya yang ciamik, membuat film tersebut menjadi jaminan mutu.

Akting Viola Davis yang luar biasa juga menjadi faktor kunci di film Widows. Dia sukses menampilkan sisi lain Veronica. Yang sebetulnya menjadi korban permainan para pria.

Veronica, sang pemimpin para janda, memang sukses mencuri perhatian. Dengan aksinya yang tegas, keras, dan garang. Namun tetap keibuan. Dia menjadi poros dari film berdurasi 129 menit ini.

Begitu juga dengan sosok Alice. Yang diperankan oleh Elizabeth Debicki. Dijamin bakal membuat para penonton terhibur. Dengan tingkah lakunya yang polos, lucu, dan seksi.

Secara keseluruhan, Widows dianggap sukses. Karena tidak hanya menampilkan aksi pencurian yang menegangkan. Tetapi juga sebuah cerita drama yang menyentuh. Khas kehidupan rumah tangga. Seperti pertengkaran dan perselingkuhan.

Selain itu, di bagian ending, film rilisan 20th Century Fox ini juga menyajikan plot twist yang tak terduga. Yang bakal membuat para penonton tercengang. Pokoknya, unpredictable.

***

Widows

Sutradara: Steve McQueen
Produser: Steve McQueen, Iain Canning, Emile Sherman, Arnon Milchan
Penulis Skenario: Gillian Flynn, Steve McQueen
Berdasarkan: Widows by Lynda La Plante
Pemain: Viola Davis, Michelle Rodriguez, Elizabeth Debicki, Cynthia Erivo, Colin Farrell, Brian Tyree Henry, Daniel Kaluuya, Jacki Weaver, Carrie Coon
Robert Duvall, Liam Neeson
Musik: Hans Zimmer
Sinematografi: Sean Bobbitt
Penyunting: Joe Walker
Produksi: Regency Enterprises, Film4, See-Saw Films
Distributor: 20th Century Fox
Durasi: 129 menit
Genre: Drama
Kategori Usia: R (17+)
Budget: USD 42 juta
Rilis: 8 September 2018 (TIFF), 16 November 2018 (Amerika Serikat), 7 Desember 2018 (Indonesia)

Rating (hingga 6 Desember 2018)
IMDb: 7,4/10
Rotten Tomatoes: 91%
Metacritic: 84/100
CinemaScore: B

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto untuk info film-film terbaru.

Advertisements
Ulasan Film: Widows (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s