Ulasan Film: Game Night (2018)

Dark comedy merupakan salah satu genre film yang sangat menarik. Dan berpotensi untuk mengocok perut. Jika disajikan dengan apik. Sayangnya, film-film semacam ini, biasanya, kurang begitu populer. Atau kurang digemari. Di Indonesia.

Salah satu film dark comedy yang cukup menarik perhatian adalah Game Night. Yang dibintangi oleh Jason Bateman dan Rachel McAdams. Yang sudah tayang di bioskop-bioskop seluruh dunia pada bulan Februari 2018 yang lalu.

Game Night mengisahkan suami-istri, Max (Jason Bateman) dan Annie (Rachel McAdams), yang sangat menggemari permainan. Setiap malam Minggu, pasangan tersebut mengundang teman-teman ke rumah dan menggelar game night. Mereka menjajal berbagai permainan. Mulai dari tebak gambar, tebak kata, scrabble hingga monopoli.

Acara game night yang biasanya menyenangkan itu tiba-tiba berubah kacau. Setelah kedatangan saudara Max yang bernama Brooks (Kyle Chandler). Yang tajir dan sombong. Dia ingin ikut bermain. Dan mengundang mereka semua ke rumahnya. Dengan permainan yang lebih menantang.

Brooks bekerja sama dengan sebuah agency khusus. Untuk merancang special game night. Dia merencanakan aksi penculikan. Terhadap dirinya sendiri. Lalu, pemain-pemain yang lain harus mencarinya. Jika berhasil, sang pemenang bakal mendapat hadiah istimewa dari Brooks: Berupa mobil sport klasik yang mahal harganya.

Namun, sayangnya, special game night tersebut tidak berjalan lancar. Alias tidak sesuai dengan skenario. Saat permainan baru dimulai, Brooks ternyata benar-benar diculik. Oleh geng mafia Bulgaria. Max, Annie, dkk pun harus mencari cara. Untuk menyelamatkan Brooks. Sekaligus mempertaruhkan nyawa mereka!

Dilihat dari sinopsisnya, Game Night sebenarnya menyajikan sebuah cerita yang sederhana. Yang berubah menjadi petualangan seru. Yang dibumbui dengan canda tawa. Tak ada kesan serius di dalamnya. Sehingga cukup menghibur dan menyenangkan untuk diikuti.

Para kritikus juga menilai Game Night sebagai sebuah film yang asyik untuk dinikmati. Duo sutradara John Francis Daley dan Jonathan Goldstein dianggap berhasil memadukan unsur action, thriller, mystery dan dark comedy dengan pas. Para penonton bakal merasakan ketegangan dan kelucuan sekaligus.

Skenario yang ditulis oleh Mark Perez juga cukup apik. Dialog-dialognya dibumbui humor yang cerdas. Bukan joke-joke receh ala bapak-bapak. Plotnya tak tertebak. Dengan kejutan-kejutan yang berlapis. Para penonton bakal terus dibuat penasaran hingga film berakhir.

Penggambaran karakternya yang cukup banyak itu juga menarik. Pemilihan cast-nya sangat tepat. Setiap pemain mampu menjadi scene stealer dengan keunikan mereka masing-masing. Yang pasti, semuanya kocak dan mengocok perut.

Pujian khusus layak diberikan kepada Rachel McAdams. Yang biasanya bermain di film drama itu. Dia mampu tampil mengejutkan. Dengan lawakan-lawakan dan gesturnya yang menuai tawa.

Tak heran, Game Night pun sukses secara box office. Mampu meraup pemasukan USD 117 juta. Dengan modal hanya USD 37 juta. Dan menjadi salah satu film komedi berpendapatan tertinggi tahun 2018.

***

Game Night

Sutradara: John Francis Daley, Jonathan Goldstein
Produser: John Davis, John Fox, Jason Bateman, James Garavente
Penulis Skenario: Mark Perez
Pemain: Jason Bateman, Rachel McAdams, Billy Magnussen, Sharon Horgan, Lamorne Morris, Kylie Bunbury, Jesse Plemons, Michael C. Hall, Kyle Chandler
Musik: Cliff Martinez
Sinematografi: Barry Peterson
Penyunting: Jamie Gross, Gregory Plotkin, David Egan
Produksi: New Line Cinema, Access Entertainment, Davis Entertainment, Aggregate Films, Dune Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 100 menit
Genre: Comedy, Mystery & Suspense
Kategori Usia: R (17+)
Budget: USD 37 juta
Rilis: 23 Februari 2018 (Amerika Serikat), 14 Maret 2018 (Indonesia)

Rating (hingga 27 Desember 2018)
IMDb: 7/10
Rotten Tomatoes: 84%
Metacritic: 66/100
CinemaScore: B+

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto untuk info film-film terbaru.

Advertisements
Ulasan Film: Game Night (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s