Preview Film: Avengers: Endgame (2019)

Film Avengers: Infinity War (2018) berakhir dengan hilangnya separo isi semesta. Termasuk, para superhero tercinta kita. Di post-credits scenes, tampak Nick Fury (Samuel L. Jackson) buru-buru menghubungi Captain Marvel (Brie Larson). Dengan pager jadulnya. Sebelum dia juga lenyap menjadi debu. Sementara itu, Thanos (Josh Brolin) terlihat sedang merenungkan hasil perbuatan “The Decimation”-nya.

Ending Avengers: Infinity War yang menyesakkan itu memang sukses bikin fans superpenasaran. Dan menimbulkan banyak pertanyaan. Bahkan, sampai ada yang ingin punya Time Stone. Untuk melompat ke akhir bulan April 2019. Saat semua detail yang menggantung tadi bakal diselesaikan. Di film Avengers: Endgame.

Nah, sekitar 40 hari menjelang penayangan film ke-22 dari Marvel Cinematic Universe (MCU) itu, Marvel Studios mengejutkan para fans. Tanpa woro-woro sebelumnya, anak perusahaan Disney tersebut merilis official trailer kedua sekaligus poster resmi Avengers: Endgame. Yang sudah ditunggu-tunggu oleh para moviemania sejagat raya itu.

Trailer yang dirilis pada hari Kamis (14/3) tersebut melengkapi teaser poster dan trailer pertama. Yang dirilis pada bulan Desember 2018. Yang berhasil memecahkan rekor dunia itu. Sebagai video dengan penonton terbanyak dalam 24 jam setelah dirilis. Mengalahkan rekor yang dicetak oleh pendahulunya: Infinity War (2018).

Kala itu, dalam sehari, trailer pertama Avengers: Endgame sudah ditonton sebanyak 289 juta kali! Melampaui rekor trailer Infinity War. Yang “hanya” ditonton 230 juta kali dalam 24 jam. Catatan tersebut merupakan akumulasi penayangan di akun Facebook, Twitter, dan YouTube resmi Marvel Studios.

Trailer pertama tadi dibuka dengan adegan Tony Stark (Robert Downey, Jr.). Yang tampak lemas. Di dalam sebuah kapal luar angkasa. Dengan hanya memakai kaos singlet. Tanpa menggunakan armor Iron Man-nya yang canggih itu.

Bagi yang sudah lupa, pada ending Avengers: Infinity War, hanya tersisa Tony Stark dan Nebula (Karen Gillan) di Titan. Yang merupakan satelit dari Planet Saturnus itu. Tampaknya, mereka akhirnya pergi dari kampung halaman Thanos (Josh Brolin) tersebut. Dengan menggunakan spaceship milik Guardians of the Galaxy.

Namun, jika ditilik dari trailer yang berdurasi 2,5 menit tadi, sepertinya, kapal yang bernama Benatar itu kekurangan sumber daya. Tony Stark terlihat sangat desperate. Seperti seorang suami patah hati yang baru nge-gep istrinya. Yang sering chat mesra sama pria lain di WhatsApp. *upsss*

Dengan helm Iron Man-nya, yang sudah nyaris rusak akibat gempuran Thanos itu, Tony berusaha menghubungi tunangannya: Pepper Potts (Gwyneth Paltrow). Yang berada di Bumi. Dia menyampaikan pesan terakhirnya: Persediaan oksigen yang tersisa di Benatar hanya cukup untuk satu hari lagi. *kraiii*

Apakah Tony bisa survive? Tenang. Para fans Iron Man jangan nangis dulu. Pertanyaan ini bakal terjawab di trailer Avengers: Endgame yang kedua. Nanti akan kita bahas. Untuk sementara, kita beralih ke Thanos.

Berbeda dengan Tony yang putus asa, setelah melenyapkan separo penghuni semesta dengan infinity stones, Thanos tampak sedang menikmati hidup. Dari trailer pertama, terlihat dia sedang menyendiri. Di sebuah pegunungan yang berwarna hijau. Di sebuah planet yang tak bernama.

Di sana, Thanos beralih profesi menjadi petani. Iya, si Raksasa Ungu itu tampak sedang bertani dan bercocok tanam. Bahkan, armor-nya dia gantung. Menjadi orang-orangan sawah. Scene dalam trailer ini seperti yang tergambar dalam komik Marvel yang berjudul Infinity Gauntlet. Yang dirilis pada 1991 itu.

Berbicara mengenai Infinity Gauntlet, sarung tangan sakti yang dipasangi enam batu akik ajaib tersebut tetap dipakai oleh Thanos. Dia belum melepasnya. Meski masih mengalami kerusakan serius. Setelah bertarung dengan para Avengers di Wakanda.

Trailer kemudian berlanjut ke markas Avengers. Di New York. Di sana, ada Steve Rogers (Chris Evans). Yang terlihat meneteskan air mata. Thor (Chris Hemsworth) juga tampak sedang berduka. Lalu, Black Widow (Scarlett Johansson) berkata, “Thanos melakukan tepat seperti apa yang dia bilang. Yaitu menghapus 50 persen dari seluruh makhluk hidup.”

Selanjutnya, juga ada Bruce Banner (Mark Ruffalo). Ilmuwan yang bisa berubah menjadi Hulk itu menghadap layar kaca. Di situ, terpampang foto rekan-rekan Avengers-nya. Yang sudah dilenyapkan oleh Thanos. Di antaranya ada Peter Parker (Tom Holland), Scott Lang (Paul Rudd), dan Shuri (Letitia Wright).

Btw, hilangnya Shuri ini patut dipertanyakan. Karena dalam sebuah wawancara, Angela Bassett, pemeran Queen Ramonda (nyokap Shuri), pernah mengatakan bahwa karakternya dan Shuri sama-sama selamat. Dari bencana The Decimation yang dilakukan oleh Thanos.

Oleh karena itu, Shuri belum pasti lenyap. Bisa jadi, adik Black Panther (Chadwick Boseman) yang genius itu hanya bersembunyi. Atau sedang merencanakan sesuatu. Karena jika dia benar-benar hilang, Wakanda bisa kacau-balau. Karena T’Challa juga sudah tiada.

Selain Shuri, para Avengers yang tersisa, tampaknya, berpikir bahwa Scott Lang juga menjadi korban decimation Thanos. Tapi, yang sudah menonton post-credits scenes Ant-Man and the Wasp (2018) pasti tahu. Bahwa Scott sebenarnya selamat. Karena dia terjebak di dalam quantum realm.

Nah, ending dari trailer yang pertama menegaskan bahwa Scott berhasil keluar dari quantum realm. Dia kemudian muncul di depan gerbang markas Avengers. Dengan menaiki van miliknya yang legendaris itu. Captain America sempat kaget. Saat melihatnya di layar yang terhubung dengan kamera gerbang tadi.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya Scott keluar dari quantum realm? Banyak fans theory yang berusaha menjawabnya. Salah satunya, Scott diduga keluar dengan menggunakan pusaran waktu yang ada di dalam sana. Yang kabarnya bakal menjadi kunci. Untuk mengalahkan Thanos.

Pada bulan Januari 2018, sempat beredar foto-foto dari lokasi syuting Avengers: Endgame di Atlanta, Georgia. Yang menarik, di situ terlihat Captain America mengenakan kostumnya yang lama. Seperti yang dia pakai di film The Avengers yang pertama (2012). Janggutnya pun mulus. Semulus paha Blackpink. Tidak berewokan seperti di Infinity War.

Selain Captain America, di foto-foto tersebut juga ada Thor. Dengan rambutnya yang kembali gondrong. Seperti bintang-bintang bokep itu. Tidak cepak seperti di Ragnarok (2017). Bahkan, juga tampak Loki (Tom Hiddleston) di sana. Yang seharusnya sudah mati. Dilibas Thanos. Di opening Infinity War itu.

Foto-foto tersebut, dan teori pusaran waktu dalam quantum realm-nya Ant-Man, semakin membuat yakin para fans. Bahwa bakal ada plot tentang time travel. Alias perjalanan kembali ke masa lalu (entah bagaimana caranya). Dalam film Avengers: Endgame ini.

Selain beberapa adegan penting tadi, yang juga menarik dari trailer pertama adalah kembalinya Clint Barton (Jeremy Renner). Alias Hawkeye. Si Jago Panah. Arjuna-nya Marvel Cinematic Universe. Yang, seperti halnya Ant-Man, sama sekali tidak nongol di Infinity War itu.

Dalam Avengers: Endgame, Black Widow tampaknya berhasil menemukan kembali teman lamanya tersebut. Di Jepang. Clint terlihat sedang membantai para Yakuza. Namun, jika ditilik dari kostum dan pedang katana yang digenggamnya, dia tidak lagi menjadi Hawkeye. Melainkan, Ronin!

Dalam Captain America: Civil War (2016), Clint memang dikisahkan mundur dari Avengers. Karena ingin lebih dekat dengan keluarganya. Nah, dalam Endgame, sepertinya, bakal diceritakan bahwa keluarga Clint menjadi korban jentikan jari-jari Thanos.

Dalam komik Marvel, Hawkeye memang dikisahkan berubah menjadi Ronin. Alias Samurai Tak Bertuan. Setelah dirinya tewas. Dalam kejadian di Civil War. Tapi, dia akhirnya berhasil dibangkitkan lagi. Melalui Project T.A.H.I.T.I. Yang menggunakan ramuan kuno peninggalan alien bangsa Kree.

Foto Jeremy Renner, pemeran Hawkeye, yang mengenakan pakaian serba hitam sempat beredar di dunia maya. Pada bulan Oktober 2017 yang lalu. Syuting Avengers: Endgame, salah satunya, memang mengambil lokasi di Tokyo, Jepang. Selain Renner, ScarJo (pemeran Black Widow) juga terlihat berada di sana.

Setelah trailer pertama, Marvel Studios juga sempat merilis cuplikan berdurasi 31 detik. Yang ditayangkan pada malam pertandingan final National Football League (NFL). Alias Big Game Super Bowl LIII. Pada awal bulan Februari 2019 yang lalu.

Seperti trailer-nya, “Big Game” TV spot tersebut tetap menampilkan suasana yang kelam. Dunia terlihat sepi. Penghuni Bumi lenyap separo. Akibat ulah iseng Thanos. Si Raja Batu Akik itu. Para Avengers yang tersisa tampak sedang berjalan. Di dalam hanggar pesawat. Tapi, hanya terlihat siluet mereka.

Steve Rogers tampak masih terpukul atas hilangnya para anggota Avengers. Dia memulihkan diri dengan bergabung di sebuah support group. Sobat kental Bucky Barnes (Sebastian Stan) itu belum bisa menerima bencana decimation yang diakibatkan oleh Thanos. “Some people move on. But not us,” begitu kata Steve.

Yang menarik, di cuplikan tersebut juga terlihat Captain America kembali menenteng tameng legendarisnya. Bagi yang sudah lupa, pada ending film Civil War, Steve menanggalkan perisai vibranium bikinan bokap Tony Stark tersebut. Setelah dia bertarung habis-habisan dengan sang Iron Man.

Berbicara mengenai Tony Stark, yang di trailer pertama terlihat tak berdaya, di cuplikan ini tampak sedang membetulkan kostum Iron Man-nya yang rusak. Dengan bantuan Nebula. Sepertinya, mereka berdua bakal survive di luar angkasa. Dan kembali ke Bumi.

Sementara itu, cuplikan lain memperlihatkan Scott Lang dan James Rhodes (Don Cheadle) sedang mengenakan kostum masing-masing. Yaitu Ant-Man dan War Machine. Serta Rocket Raccoon (Bradley Cooper), yang menjadi satu-satunya anggota Guardians of the Galaxy yang selamat, terlihat sedang memasuki sebuah ruangan. Yang entah ada di mana.

Hawkeye yang sudah berubah menjadi Ronin juga kembali dimunculkan di cuplikan Super Bowl ini. Yang kemudian diperjelas di trailer kedua. Ketika dia dijemput oleh Black Widow. Dengan menggunakan pesawat Quinjet. Di Tokyo.

Dalam trailer kedua itu, Clint Barton, yang tampil dengan gaya rambut baru dan kostum Ronin, tampak bertarung dengan senjata baru. Yaitu Widow’s Bite. Yang biasanya digunakan oleh Black Widow untuk melumpuhkan lawan. Dengan sengatan listriknya yang kuat.

Sementara itu, Black Widow sendiri tampak sedang meluapkan emosinya. Dengan berlatih menembak secara membabi-buta. Di markas Avengers. Penampilan sosok bernama asli Natasha Romanoff itu juga berbeda.

Black Widow yang supersexy tersebut tampak mengenakan baju latihan ketat. Tanpa lengan. Rambutnya diikat di belakang. Berwarna merah dan agak panjang. Tidak lagi blonde dan pendek seperti di Avengers: Infinity War. Hal ini bisa menjadi pertanda. Bahwa bakal ada lompatan waktu dalam Endgame.

Hal itu diperjelas lagi dengan adegan Black Widow berjalan bersama Tony Stark, Nebula, dan para anggota Avengers tersisa. Dengan menggunakan kostum baru yang terlihat futuristik. Seakan sedang bersiap untuk berperang melawan Thanos. Atau, untuk memasuki quantum realm?

Btw, bersatunya kembali Tony Stark dan Nebula dengan para Avengers, di trailer yang kedua ini, menjadi penegasan: Bahwa mereka berhasil selamat. Dan kembali ke Bumi. Setelah sekian lama terombang-ambing di pesawat luar angkasa Benatar.

Mengenai kostum futuristik berwarna putih yang dikenakan oleh para Avengers tadi, para fans berteori: Kostum tersebut mirip dengan yang digunakan Hank Pym (Michael Douglas). Saat dia akan masuk ke quantum realm. Jika benar, ini semakin mengindikasikan quantum realm memang bakal berperan penting. Dalam upaya mengalahkan Thanos.

Pertanda lain, kostum “quantum realm” tersebut sama dengan yang ada dalam satu set mainan baru Marvel. Yang di dalamnya tertulis: Kostum ini terinspirasi dari teknologi tertinggi di seluruh galaksi. Bahkan, dalam mainan tersebut, Rocket, Hulk, Thor, dan Valkyrie tampak mengenakan kostum yang sama.

Trailer kedua juga menampilkan Scott Lang. Yang kebingungan setelah keluar dari quantum realm. Ketika dunia sudah berubah. Akibat ulah “The Snap” Thanos. Scott tampak kembali ke rumahnya. Dia melihat banyak selebaran orang hilang. Yang tertempel di tiang listrik.

Dalam scene lain, Scott terlihat sudah berada di markas Avengers. Lengkap dengan kostum Ant-Man-nya. Sesuai dengan bagian akhir trailer yang pertama, dia ke sana dengan membawa sebuah van. Yang berisi quantum tunnel. Yang diduga bakal menjadi jalan bagi Captain America dkk. Untuk masuk ke quantum realm.

Trailer yang kedua kemudian ditutup dengan adegan Thor bertemu Carol Danvers. Di markas Avengers. Sepertinya, adegan tersebut menjadi lanjutan post-credits scenes film Captain Marvel (2019). Tepatnya, ketika Carol tiba-tiba nongol. Untuk mencari Nick Fury. Yang telah mengirimkan sinyal pager kepadanya.

Scene tersebut, tampaknya, terjadi tidak lama setelah kejadian di Avengers: Infinity War. Hal tersebut diperkuat oleh penampakan Black Widow. Yang rambutnya masih blonde seperti dulu. Belum berubah merah.

Yang lucu, dalam ending trailer kedua yang ditonton 268 juta kali dalam 24 jam itu, Thor terlihat berusaha pamer kekuatan. Dengan “memanggil” senjata barunya: Stormbreaker. Dia kemudian menatap Captain Marvel. Sambil tersenyum dan berkata, “I like this one.” ๐Ÿ™‚

Sementara itu, saat diwawancarai tahun lalu, sutradara Joe dan Anthony Russo menyatakan syuting Avengers: Infinity War dan Endgame sangat berat. Sebab, mereka melakukannya secara back-to-back. Alias borongan. Seperti syuting film Dilan 1991 (2019) dan Milea (2020). Hehe..

Bahkan, The Russo Brothers melakukan syuting selama setahun penuh. Tanpa berhenti. Tingkat kesulitannya pun semakin naik. Karena film Avengers ketiga dan keempat itu punya cerita yang sangat berbeda dan kompleks. Banyak tokoh yang terlibat. Saking rumitnya, dua bersaudara tersebut sempat mengalami pneumonia di tengah proses produksi.

Untuk Avengers: Endgame sendiri, ada sekitar tiga ribu gambar yang diambil dengan efek khusus. Dibutuhkan waktu lama untuk merampungkan semuanya. Apalagi, mereka harus memadukan hasil pengambilan gambar tersebut dengan scoring musik. Yang digarap oleh komposer Alan Silvestri.

Russo pun menegaskan standar kualitas Avengers: Endgame bakal lebih tinggi daripada Infinity War. Bahkan, yang paling tinggi bila dibandingkan dengan film-film MCU lainnya. Termasuk, dibandingkan Black Panther. Yang masuk nominasi Film Terbaik di Piala Oscar tersebut.

Selain itu, Russo juga menyatakan durasi Avengers: Endgame bakal menjadi yang terpanjang. Jika dibandingkan dengan film-film MCU sebelumnya. Yakni, sekitar tiga jam! Jauh lebih panjang daripada Avengers: Infinity War (160 menit), Captain America: Civil War (148 menit), Avengers: Age of Ultron (144 menit), maupun The Avengers (143 menit).

Selama ini, film-film Avengers memang selalu berdurasi lebih dari dua jam. Apalagi, Russo bersaudara dikenal hobi membikin film yang panjang dan lama. Jadi, bagi yang suka kebelet pipis, sebaiknya menggunakan popok saat menontonnya. Hehe..

Selain bakal menjadi film MCU terpanjang, The Russo Brothers juga menyatakan Avengers: Endgame bakal menjadi akhir. Bagi beberapa superhero kesayangan kita. Ada yang bakal mati di tangan musuh. Dan ada juga yang bakal pensiun. Terutama, mereka yang sudah bergabung sejak film pertama The Avengers (2012). *kraiii*

Pernyataan kakak-beradik Russo tadi diperkuat oleh sinopsis resmi Avengers: Endgame. Yang dirilis oleh Marvel Studios. Sinopsis tersebut berbunyi: “Sebuah titik puncak dari 22 film yang saling terkait. Instalasi keempat saga Avengers bakal mengajak penonton menjadi saksi titik balik perjalanan epik ini. Para pahlawan tercinta kita akan menyadari betapa rapuhnya dunia nyata dan pengorbanan harus dilakukan untuk mempertahankannya.”

Setelah membaca sinopsis tersebut, banyak fans yang kemudian berasumsi: Para anggota Avengers yang masih bertahan hingga akhir Infinity War bakal mengorbankan diri di Endgame. Seperti kata Steve Rogers dalam trailer yang kedua: “Whatever it takes.” Apapun bakal mereka lakukan. Untuk menyelamatkan dunia. Dan mengembalikan rekan-rekan mereka yang sudah tiada. *kraiii*

Menjelang pertarungan pamungkas melawan Thanos di Avengers: Endgame, memang banyak bintang yang dikabarkan bakal pensiun sebagai superhero Marvel. Salah satunya adalah Chris Evans. Pada awal bulan Oktober tahun lalu, dia memastikan diri pamit dari MCU. Setelah delapan tahun berperan sebagai Captain America.

Selain Chris Evans, yang juga bakal pensiun setelah Avengers: Endgame adalah Gwyneth Paltrow. Aktris cantik berusia 46 tahun itu memutuskan tidak akan tampil di proyek-proyek MCU berikutnya. Karena merasa sudah terlalu tua untuk membintangi film superhero. Meski demikian, dia masih bersedia jika diminta menjadi cameo. Atau muncul dalam adegan flashback.

Di awal film Avengers: Infinity War, sosok Pepper Potts, yang diperankan Gwyneth Paltrow tadi, memang dikisahkan dilamar oleh Tony Stark. Sebelum dia bertarung melawan Thanos di Titan. Apakah ini pertanda si Iron Man tersebut bakal pensiun? Dan mengawini sang pacar pada akhir Endgame nanti?

Nasib Captain America dan Iron Man memang yang paling ditunggu-tunggu oleh para fans. Apakah mereka berdua yang bakal dikorbankan? Untuk menebus superhero-superhero lain yang sudah dilenyapkan oleh Thanos? Kabarnya, hanya Boss Marvel Studios Kevin Feige dan sutradara Russo Brothers yang tahu jawabannya.

Meski demikian, Russo bersaudara sama sekali tidak mau memberi bocoran. Mereka memastikan hanya ada satu tokoh yang sudah benar-benar mati. Yaitu Loki. Yang dibunuh Thanos. Pada adegan pembuka Avengers: Infinity War. Yang bikin banyak fans patah hati itu. Jadi, pemerannya, Tom Hiddleston, dipastikan tidak akan kembali di Endgame.

Selama ini, banyak fans yang berteori bahwa Loki belum benar-benar mati. Saudara tiri Thor itu menyelamatkan diri. Dengan kekuatan sihirnya, dia berubah wujud menjadi Bruce Banner. Itulah kenapa Bruce gagal berubah menjadi Hulk. Saat berperang di Wakanda pada ending Avengers: Infinity War. Karena dia sebenarnya adalah Loki. Yang sedang menyamar.

Namun, Russo membantah hal itu. Hulk ogah muncul karena masih trauma. Setelah dipermak Thanos. Dia juga menegaskan, pada adegan pembuka Avengers: Infinity War tadi, Thanos menghajar Hulk tanpa bantuan Power Stone. Sebagaimana fans theory yang beredar. Meski Hulk merupakan salah satu anggota Avengers yang terkuat, Thanos memang lebih cerdas dan lebih perhitungan daripada dia.

Lalu, bagaimana dengan nasib para anggota Avengers lain yang diubah Thanos menjadi butiran debu? Apakah mereka benar-benar mati? Ketika berbicara di Iowa City’s City High tahun lalu, sutradara Joe Russo menjelaskan teori Soul Stone. Yang banyak berkembang di kalangan fans tersebut.

Seperti yang terungkap di Avengers: Infinity War, Soul Stone adalah batu yang paling sulit didapat di antara enam batu akik ajaib Infinity Stones. Dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar untuk mengoleksinya. Thanos pun terpaksa mengorbankan putri angkat yang sangat dia cintai. Yaitu Gamora (Zoe Saldana). Demi mendapatkan batu berwarna oranye tersebut.

Russo memaparkan, di film Avengers: Infinity War, ada adegan yang terjadi di dalam Soul Stone. Yang bernuansa serba oranye tadi. Thanos terlihat sedang berbincang intens dengan Gamora kecil. Apakah itu artinya Gamora yang sudah mati berada di dalam Soul Stone? Faktanya, memang begitu. Menurut Russo.

Jadi, besar kemungkinan, para superhero yang sudah mati dilenyapkan Thanos di ending Avengers: Infinity War, sebenarnya, tidak benar-benar mati. Jiwa mereka hanya terperangkap di Soul Stone. Yang berada di dimensi lain. Seperti Gamora tadi.

Teori Soul Stone menjadi cocok dengan pernyataan Sebastian Stan. Yang dia lontarkan tahun lalu. Pemeran Bucky Barnes itu mengungkap, ada satu adegan yang menampilkan semua karakter di tempat yang sama. Dibutuhkan perencanaan selama tiga bulan. Agar mereka semua bisa berkumpul di sana. Apakah ini artinya semua superhero kesayangan kita yang sudah lenyap bakal kembali?

Selain teori Soul Stone, di kalangan para fans juga beredar teori Time Stone. Yang berkaitan dengan Thanos. Yang kabarnya bakal berubah menjadi “baik” di Avengers: Endgame nanti. Mungkin, semacam karakter Cable, yang juga diperankan oleh Josh Brolin, di film mutant gendeng: Deadpool 2. Yang tayang tahun lalu itu.

Meski sudah melenyapkan separo isi semesta, tak bisa dipungkiri, banyak fans yang akhirnya jatuh hati kepada Thanos. Hal itu tak bisa dilepaskan dari gaya penceritaan film Avengers: Infinity War. Yang memang diambil dari sudut pandang sang Mad Titan tersebut. Dialah tokoh utamanya.

Sutradara Anthony Russo menjelaskan, MCU memang tidak ingin menghadirkan sosok villain yang hanya dua atau tiga dimensi. Tapi, harus multidimensi. Segila dan sebengis apapun Thanos, para penonton bakal merasakan betapa kompleks dirinya. Jika benar-benar mengikuti perjalanan hidupnya yang emosional itu.

Pertanyaan besarnya, apa peran yang bakal dimainkan oleh Thanos di Avengers: Endgame? Apakah dia merasa menyesal? Menurut sutradara Anthony Russo, Thanos sebenarnya sangat peduli terhadap alam semesta. Oleh karena itu, dia sangat galau. Ketika harus mengeksekusi rencana The Decimation-nya. Sebab, dia harus mengorbankan Gamora. Yang sangat dicintainya.

Sebuah fan theory pun meyakini. Penyesalan terhadap Gamora itulah yang kemudian membuat Thanos sadar. Bahwa dia telah melakukan kesalahan fatal. Dan akhirnya menggunakan Time Stone. Untuk memperbaiki seluruh kerusakan yang telah ia sebabkan di masa lalu.

Namun, jika hal tersebut benar-benar terjadi, Thanos menjadi baik, bukankah hal itu terlalu happy ending? Alias too good to be true? Ingat. Pada akhirnya, Marvel Studios adalah milik Disney. Yang selama ini dikenal sebagai penghasil kisah-kisah dengan akhir yang membahagiakan. Happily ever after. Whatever it takes. I like this one. ๐Ÿ™‚

***

Avengers: Endgame

Sutradara: Anthony Russo, Joe Russo
Produser: Kevin Feige
Penulis Skenario: Christopher Markus, Stephen McFeely
Berdasarkan: The Avengers by Stan Lee, Jack Kirby
Pemain: Robert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Don Cheadle, Paul Rudd, Brie Larson, Karen Gillan, Danai Gurira, Benedict Wong, Jon Favreau, Bradley Cooper, Gwyneth Paltrow, Josh Brolin
Musik: Alan Silvestri
Sinematografi: Trent Opaloch
Penyunting: Jeffrey Ford, Matthew Schmidt
Produksi: Marvel Studios
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
Durasi: 180 menit
Genre: Action & Adventure, Drama, Science Fiction & Fantasy
Rilis: 24 April 2019 (Indonesia), 26 April 2019 (Amerika Serikat)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto untuk info film-film terbaru.

Advertisements
Preview Film: Avengers: Endgame (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s