Ulasan Film: Five Feet Apart (2019)

Kisah romantis memang selalu menarik untuk difilmkan. Apalagi, kalau kisahnya tentang sepasang kekasih yang sedang berjuang melawan penyakit kronis. Bisa dibilang, film drama seperti itu sangat mudah mengambil hati para penonton. Meski ceritanya, biasanya, berakhir dengan tidak bahagia.

Salah satu film romantis tragis yang paling terkenal adalah The Fault in Our Stars (2014). Yang diadaptasi dari novel laris karya John Green itu. Yang dibintangi oleh duo Divergent (2014), Shailene Woodley dan Ansel Elgort, itu. Yang sukses bikin para penonton menangis itu.

Tahun ini, juga ada film sejenis The Fault in Our Stars. Yang berpotensi menguras air mata. Yaitu Five Feet Apart. Yang dibintangi oleh Cole Sprouse dan Haley Lu Richardson. Yang tayang di bioskop-bioskop Cinema XXI Indonesia sejak 15 Maret 2019.

Kisah Five Feet Apart berfokus pada kehidupan Stella Grant. Seorang cewek berusia 17 tahun. Yang menderita penyakit langka: cystic fibrosis (CF). Yang disebabkan oleh kelainan genetika.

Meski hidupnya banyak dihabiskan di rumah sakit, Stella tetap semangat. Dia mengisi waktunya dengan menjadi vlogger dan membuat banyak video di YouTube. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat tentang penyakit CF yang dideritanya.

Suatu saat, Stella bertemu dengan Will Newman. Seorang cowok ababil yang juga mengidap CF. Mereka berdua dirawat di rumah sakit yang sama. Berbeda dengan Stella, bisa dibilang, Will putus asa dalam menghadapi penyakitnya. Cowok yang jago menggambar itu sering tidak disiplin dalam menjalani pengobatan.

Stella pun berusaha mengajak Will untuk lebih serius. Agar mereka bisa sembuh bersama-sama. Stella juga mengizinkan Will untuk menggambar dirinya. Asalkan cowok pemberontak tersebut rajin menjalani perawatan.

Seperti kata pepatah Jawa, tresna jalaran saka kulina, karena sering bertemu, benih-benih cinta pun mulai tumbuh. Di antara Will dan Stella. Namun, yang bikin berat, keduanya tak bisa berdekatan. Apalagi, saling menyentuh dan grepe-grepe. Dilarang keras!

Penyebabnya, selain karena bukan muhrimnya, seorang penderita CF memang bisa menularkan infeksi satu sama lain. Yang bisa berakibat kematian. Oleh karena itu, Will dan Stella tidak boleh berdekatan. Haram hukumnya.

Jadi, jangan harap Will dan Stella bisa boncengan berdua. Naik motor. Hujan-hujanan. Berpelukan. Seperti Dilan dan Milea. Karena mereka harus terpisah. Dengan jarak minimal enam kaki (sekitar 1,8 meter).

Namun, dasar bandel, Will dan Stella sedikit melanggar aturan tersebut: Bukan lagi enam kaki, melainkan satu kaki lebih dekat. Alias lima kaki. Sesuai dengan judulnya: Five Feet Apart.

Kisah film besutan sutradara Justin Baldoni ini sebenarnya terinspirasi dari sosok nyata. Yaitu Claire Wineland. Seorang YouTuber. Yang juga menderita CF. Seperti halnya karakter Stella.

Baldoni pertama kali mengenal Claire saat menggarap film My Last Days (2018). Kemudian, dia merekrutnya sebagai konsultan dan pembimbing para aktor untuk proyek Five Feet Apart ini.

Selain dijadikan film, kisah yang ditulis oleh Mikki Daughtry dan Tobias Iaconis tersebut juga diadaptasi menjadi sebuah novel best-seller. Yang dikarang oleh Rachel Lappincott. Tapi, sayang, sebelum filmnya dirilis, Claire keburu meninggal. Pada bulan September 2018. Di usianya yang baru menginjak 21 tahun.

Saat diwawancarai, Baldoni menegaskan tidak ingin membuat film yang meromantisasi penyakit CF. Sebaliknya, dia ingin secara mendalam mengisahkan apa yang dirasakan oleh si penderita. Tujuannya, agar para penonton bisa mendapatkan pemahaman baru tentang penyakit tersebut. Sehingga makin menghargai kehidupan.

Meski demikian, karena ini kisah tentang remaja, sepanjang film, Baldoni tetap menyuguhi para penonton dengan adegan-adegan romantis. Khas para ababil. Bahkan, ada yang sedikit sensual.

Seperti halnya The Fault in Our Stars, Five Feet Apart juga banyak dihiasi oleh adegan-adegan yang mengharu-biru. Film ini benar-benar menampilkan kegalauan nyata. Tentang dua remaja yang saling jatuh cinta. Tapi, tidak pernah bisa saling meraba. Karena penyakit yang mereka derita.

Oleh karena itu, bagi yang mudah mewek, membawa satu boks tisu saat menontonnya, mungkin, tak akan cukup. Karena film berdurasi 120 menit ini berpotensi membuat banjir air mata.

Tapi, sayangnya, setelah dirilis secara global dua pekan lalu, para kritikus memberi respon kurang positif untuk film produksi CBS ini. Kisah Five Feet Apart dianggap terlalu klise dan kurang menyentuh hati.

Meski demikian, secara box office, film berbujet USD 7 juta ini cukup lumayan. Hingga kini, sudah meraup pemasukan USD 34 juta. Sambutan dari para penonton, terutama di Amerika, juga cukup positif. Terbukti, polling dari CinemaScore menghasilkan nilai A.

Selain skenarionya yang apik, yang paling banyak dipuji adalah akting Haley Lu Richardson. Berperan sebagai cewek yang sakit-sakitan, bintang film Split (2016) itu dinilai mampu menampilkan kegalauan dan romantisme karakter Stella dengan sempurna.

***

Five Feet Apart

Sutradara: Justin Baldoni
Produser: Cathy Schulman, Justin Baldoni
Penulis Skenario: Mikki Daughtry, Tobias Iaconis
Pemain: Haley Lu Richardson, Cole Sprouse
Musik: Brian Tyler, Breton Vivian
Sinematografi: Frank G. DeMarco
Penyunting: Angela M. Catanzaro
Produksi: CBS Films, Welle Entertainment, Wayfarer Entertainment
Distributor: CBS Films, Lionsgate
Durasi: 120 menit
Genre: Drama, Romance
Kategori Usia: PG-13 (13+)
Budget: USD 7 juta
Rilis: 15 Maret 2019 (Indonesia & Amerika Serikat)

Rating (hingga 28 Maret 2019)
IMDb: 7,1/10
Rotten Tomatoes: 53% (Rotten)
Metacritic: 53/100
CinemaScore: A

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto untuk info film-film terbaru.

Advertisements
Ulasan Film: Five Feet Apart (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s