Preview Film: X-Men: Dark Phoenix (2019)

Tak terasa. Tahun 2019 sudah hampir separo jalan. Sejumlah film blockbuster juga sudah menghiasi layar lebar. Yang didominasi oleh film sekuel, adaptasi, dan reboot. Bahkan, beberapa di antaranya telah merilis seri pamungkas.

Di antara franchise-franchise yang sudah merilis film terakhir itu, ada Glass, How to Train Your Dragon: The Hidden World, dan Avengers: Endgame. Serta yang bakal segera menyusul bulan Juni depan adalah X-Men: Dark Phoenix.

Film yang dibintangi oleh aktris supercantik Sophie Turner tersebut merupakan yang ke-12 dalam X-Men Universe. Dan yang keempat, alias yang terakhir, setelah franchise mutant itu di-reboot pada tahun 2011 yang lalu.

Nantinya, franchise X-Men ini akan di-homecoming-kan oleh Marvel Cinematic Universe. Seperti Spider-Man. Setelah studio 20th Century Fox selaku pemilik lisensinya resmi diakuisisi oleh Disney.

Jika dilihat dari judulnya, kisah film Dark Phoenix, yang merupakan sekuel langsung dari X-Men: Apocalypse (2016) tersebut, diadaptasi dari komik Marvel: The Dark Phoenix Saga. Yang terbit pertama kali pada bulan Januari 1980.

Plot dari komik karya Chris Claremont dan John Byrne itu berfokus pada sosok Jean Grey. Yang mengalami insiden saat menjalani misi di luar angkasa. Di sana, mutant sexy itu terpapar radiasi mematikan. Lalu, terlahir kembali dengan identitas baru. Sebagai Phoenix.

Tapi, celakanya, selain membuatnya lebih kuat, Phoenix juga membuat Jean menjadi jahat. Sehingga di akhir cerita, dia mengorbankan diri dan mati. Agar pengaruh Dark Phoenix tidak membahayakan umat manusia dan anggota X-Men lainnya.

Plot tersebut, sejatinya, sempat dipakai oleh trilogi film X-Men (2000) yang pertama. Yaitu X2 (2003) dan X-Men: The Last Stand (2006). Namun, sayangnya, kala itu menuai hasil kurang positif. Penggambaran akhir hidup Jean Grey banyak dihujat oleh para fans.

Simon Kinberg, yang saat itu menjadi penulis skenario, juga mengaku sangat menyesal dengan akhir tragis The Last Stand. Dia mengungkap, sutradara Bryan Singer waktu itu memang agak terburu-buru dalam memasukkan kisah Phoenix di film kedua X-Men: X2.

Kini, Bryan Singer sudah didepak oleh Fox. Simon Kinberg, yang ditunjuk menjadi sutradara merangkap produser, berkesempatan untuk memperbaiki kegagalan X-Men: The Last Stand. Lewat Dark Phoenix. Yang skenarionya juga dia tulis itu.

Awalnya, proyek film blockbuster berbujet USD 200 juta ini bakal diberi tajuk X-Men: Supernova. Namun, Kinberg akhirnya mengganti judul tersebut. Karena fokus cerita hanya pada Phoenix. Kinberg mengaku, dirinya memang sangat menyukai kisah The Dark Phoenix Saga.

Meski tidak bisa memasukkan semua yang ada di komik ke dalam film, Kinberg berjanji bahwa film garapannya bakal sangat mirip dengan versi komiknya. Karena dia adalah seorang fans berat X-Men yang sangat loyal.

Dari trailer resmi yang dirilis tahun lalu, tampak para penonton bakal dibawa mundur. Ke setting waktu yang jauh lebih tua dari X-Men: Apocalypse. Menurut Kinberg, memang bakal banyak adegan flashback di film Dark Phoenix. Yang bertujuan untuk membangun dasar cerita.

Fokus utama dari adegan kilas balik tersebut adalah hubungan antara Jean Grey (Sophie Turner) dan Professor Charles Xavier (James McAvoy). Keduanya memang sudah saling kenal. Sebelum bertemu kembali di sekolah khusus mutant: Xavier’s School for Gifted Youngsters.

Konflik bakal dibangun ketika Jean Grey mengalami insiden di luar angkasa. Pada 1992. Sekitar 10 tahun setelah kejadian di film X-Men sebelumnya. Kecelakaan itu bakal mempengaruhi hubungannya dengan kekuatan super yang sebelumnya sudah dia miliki.

Kejadian tersebut membuat mutant dengan kemampuan telepati dan telekinetik itu tidak stabil. Bahkan, The Beast, alias Dr. Henry McCoy (Nicholas Hoult), terlihat sampai kaget ketika mendiagnosis kondisi Jean Grey.

Menurut Sophie Turner, konsep Phoenix sebenarnya sudah diperkenalkan di ending film X-Men sebelumnya. Meski hanya tampak secara samar. Yaitu ketika kemampuan telekinetik Jean Grey tidak terkendali. Dan akhirnya menghancurkan Apocalypse. Yang menjadi villain utama di film tersebut.

Pemeran Sansa si Manis Manja dalam serial superpopuler Game of Thrones itu menjelaskan, Jean tidak bisa mengontrol kekuatannya. Dia harus benar-benar berhenti. Atau membiarkan energi gelap tersebut lepas kendali.

Yang juga menarik, dari trailer yang diiringi oleh lagu pembuka berjudul The End milik The Doors itu, ada scene para anggota X-Men sedang berkabung. Di tengah hujan, para mutant mengelilingi tanah pemakaman yang baru saja ditutup. Tapi, entah siapa yang meninggal.

Di film X-Men: Apocalypse, para fans dibikin sedih. Dengan kematian Havok, alias Alex Summers, yang diperankan oleh Lucas Till. Begitu juga dengan film Logan (2017). Yang sukses membuat para fans superbaper. Dengan tewasnya dua karakter favorit: Professor X (Sir Patrick Stewart) dan Wolverine (Hugh Jackman).

Yang bikin galau dan penasaran, siapa lagi anggota X-Men yang bakal tamat riwayatnya di film Dark Phoenix ini? Banyak fans yang menduga, karakter tersebut adalah Mystique. Yang diperankan oleh aktris sexy pemenang Piala Oscar: Jennifer Lawrence.

Menurut Simon Kinberg, Mystique memang selalu muncul di film-film X-Men. Dia memiliki pengaruh besar dan memegang peranan kunci. Di trilogi awal, mutant yang bisa berubah bentuk itu digambarkan sebagai sosok antagonis. Yang bekerja sama dengan Magneto (Ian McKellen).

Namun, di versi reboot, tepatnya sejak film X-Men: First Class (2011), sosok bernama asli Raven Darkholme itu menjadi protagonis. Mystique digambarkan lebih manusiawi. Dia menjadi orang kepercayaan Professor X dalam mendidik para mutant muda.

Sementara itu, bagaimana dengan Magneto? Di akhir film X-Men: Apocalypse, sosok mutant pemberontak yang diperankan oleh Michael Fassbender itu memilih berpisah. Dari tim X-Men yang dipimpin oleh Professor X.

Dari trailer Dark Phoenix, Magneto terlihat hidup sendirian. Menyepi di sebuah tempat terpencil. Lalu, dia dikunjungi oleh Jean Grey. Yang menilai Magneto sama dengan dirinya. Sama-sama memiliki kekuatan super. Namun, dianggap cenderung merusak dan berbahaya oleh mutant-mutant lainnya.

Menurut sutradara Simon Kinberg, lokasi yang menjadi tempat menyepi Magneto tadi adalah Genosha. Sebuah pulau yang dibangun khusus untuk para mutant. Yang menjadi cikal bakal tempat mereka untuk hidup aman dan berkecukupan.

Yang menarik, selain tokoh-tokoh lawas tadi, trailer X-Men: Dark Phoenix juga mengungkap kemunculan karakter baru. Yang misterius. Yang tampak mencolok dengan rambutnya yang pirang terang.

Belum ada keterangan tentang tokoh yang diperankan oleh Jessica Chastain tersebut. Namun, menurut sutradara Simon Kinberg, dia tidak berasal dari Bumi. Berbeda dengan mutant lainnya, sosok itu mendorong Jean Grey untuk mengeksplorasi kekuatannya. Dia menjadi semacam setan pembisik di sisi Dark Phoenix!

Semua misteri tersebut bakal terungkap. Saat film X-Men terakhir ini tayang di Indonesia. Mulai 14 Juni 2019 nanti. Lebih lambat seminggu dari tanggal rilisnya di Amerika. This is the end, beautiful friend..

***

X-Men: Dark Phoenix

Sutradara: Simon Kinberg
Produser: Simon Kinberg, Hutch Parker, Lauren Shuler Donner, Todd Hallowell
Penulis Skenario: Simon Kinberg
Berdasarkan: X-Men by Stan Lee, Jack Kirby
Pemain: James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, Nicholas Hoult, Sophie Turner, Tye Sheridan, Alexandra Shipp, Jessica Chastain
Musik: Hans Zimmer
Sinematografi: Mauro Fiore
Penyunting: Lee Smith
Produksi: 20th Century Fox, Bad Hat Harry Productions, The Donners’ Company, Marvel Entertainment, TSG Entertainment
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
Genre: Action & Adventure, Drama, Science Fiction & Fantasy
Kategori Usia: PG-13 (13+)
Budget: USD 200 juta
Rilis: 7 Juni 2019 (Amerika Serikat), 14 Juni 2019 (Indonesia)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Advertisements
Preview Film: X-Men: Dark Phoenix (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s