Preview Film: Men in Black: International (2019)

Men in Black (MIB) merupakan franchise film terkenal. Yang kisahnya diadaptasi dari komik The Men in Black. Yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1990 oleh Aircel Comics. Yang kemudian dibeli oleh Malibu Comics. Dan kemudian dibeli lagi oleh Marvel Comics tersebut.

Tiga film pertama MIB, yang dirilis pada 1997 hingga 2012, termasuk sukses secara box office. Meraup pendapatan total USD 1,6 miliar. Dengan bujet total “hanya” USD 495 juta. Dan mendapat respon lumayan dari para kritikus: Nggak bagus, tapi juga nggak jelek.

Kesuksesan tersebut membuat para produser tertarik untuk melanjutkan franchise MIB ke film yang keempat. Dengan tetap mengusung dua aktor kawakan sebagai bintang utamanya: Will Smith dan Tommy Lee Jones.

Namun, hingga tahun 2014, proyek Men in Black 4 tadi seperti hilang ditelan Bumi. Yang muncul malah kabar aneh: Sony Pictures, selaku distributor, ingin meng-crossover-nya dengan 21 dan 22 Jump Street. Dengan judul MIB 23. Yang kemudian juga tak jelas nasibnya itu.

Hingga akhirnya, pada bulan September 2017, tersiar kabar: Sony Pictures bakal menghidupkan kembali franchise MIB. Yang seakan mati suri tadi. Dengan cara membuat spin-off-nya. Yang kemudian diberi judul Men in Black: International.

Karena film yang keempat ini adalah spin-off, alias sempalan, kisahnya bukan lanjutan dari tiga film sebelumnya. Tapi, masih berhubungan dengan trilogi original-nya tadi. Tokoh-tokohnya juga baru.

MIB: International tidak lagi menampilkan Agent J (Will Smith) dan Agent K (Tommy Lee Jones). Yang di tiga film pertama menjadi agen andalan dalam organisasi rahasia pembasmi alien tersebut.

Kali ini, yang menjadi tokoh utama adalah Agent H dan Agent M. Yang diperankan oleh alumni Marvel Cinematic Universe (MCU): Chris Hemsworth dan Tessa Thompson.

Setelah meng-endgame-kan Thanos, pekerjaan para Avengers memang sudah selesai. Chris Hemsworth dan Tessa Thompson telah menanggalkan kostum Thor dan Valkyrie. Kini, mereka menggantinya dengan setelan jas dan kacamata hitam. Untuk membasmi para alien yang bisa menyamar dan berubah wujud itu.

Berbeda dengan Agent J dan Agent K, yang dulu lebih banyak berkutat di New York, Agent H dan Agent M bermarkas di London, Inggris. Tapi, sesuai dengan judulnya, MIB: International, mereka akan berpetualang ke beberapa belahan dunia lainnya. Seperti Paris dan Maroko.

Saat diwawancarai, Chris Hemsworth menyatakan, film MIB terbaru ini memang akan memperluas petualangan tokoh-tokohnya secara geografis. Jadi, para penonton bakal merasakan estetika dan energi yang berbeda dari tempat-tempat baru tersebut. Juga para alien-nya.

Kakak Liam Hemsworth itu menambahkan, sosok Agent H yang ia perankan juga berbeda dengan agen-agen lain dalam franchise MIB sebelumnya. Dia dikagumi karena penampilannya yang menarik dan perlente. Gayanya santai, tapi sigap dalam bekerja. Intinya, Agent H ini sangat cepat, cerdas, dan menyenangkan.

Bagi Hemsworth, action merupakan genre film yang paling ia sukai. Tapi, dia juga mengaku sangat menikmati bermain di film komedi. Karena sesuai dengan kepribadiannya yang kocak. Menurut suami bintang franchise Fast & Furious Elsa Pataky itu, melakukan adegan aksi dalam film memang menyenangkan. Tapi, berakting komedi itu lebih enjoyable.

Nah, peran Hemsworth di film ini berbeda dengan peran-peran dalam film sebelumnya. Karena menggabungkan unsur action dan komedi menjadi satu. Kakak ipar Miley Cyrus itu pun merasa senang. Karena bisa bermain dalam film yang sedikit lucu, penuh aksi, petualangan, dan komedi. Seperti MIB: International ini.

Hemsworth juga mengaku bangga bisa melanjutkan warisan cerita MIB dari Will Smith dan Tommy Lee Jones. Meski demikian, di sisi lain, dia juga cukup terbebani. Karena film original Men in Black memiliki banyak penggemar. Ekspektasi para fans terhadap film terbaru ini pasti bakal tinggi.

Untungnya, dalam menghadapi tantangan tadi, aktor asal Australia tersebut tidak sendirian. Karena ditemani oleh Tessa Thompson. Yang sudah dia kenal dengan baik lewat film MCU Thor: Ragnarok (2017). Jadi, soal chemistry, mereka berdua tak perlu diragukan lagi.

Thompson sendiri memerankan karakter bernama Molly. Dari trailer yang dirilis beberapa waktu yang lalu, tampak dia memiliki ingatan masa kecil tentang alien. Karena kehebatannya, Molly kemudian direkrut oleh MIB. Dan diberi codename Agent M.

Berbeda dengan Valkyrie, yang cenderung cuek di MCU, karakter Agent M ini sangat fancy dan pemberani. Sosoknya bakal sangat menentukan jalan cerita MIB: International.

Menurut Hemsworth, Thompson berhasil menyesuaikan diri dengan sangat baik dalam perannya kali ini. Dia sangat mengesankan dan bertalenta. Aktor berusia 35 tahun itu berharap bisa terus bekerja sama dengannya di masa mendatang.

Selain Agent H dan Agent M, tokoh baru yang bakal muncul di film berbujet USD 110 juta ini adalah High T. Kepala MIB cabang Inggris. Yang diperankan oleh aktor sepuh Liam Neeson.

Sebagai penghubung dengan tiga film original-nya, MIB: International juga bakal menampilkan beberapa karakter lawas. Salah satunya adalah Agent O. Kepala MIB cabang Amerika. Yang kembali diperankan oleh aktris kawakan Emma Thompson. Yang terakhir kali muncul di Men in Black III (2012) itu.

Tapi, yang paling menarik, dan paling ditunggu, adalah munculnya karakter lawas yang satu ini: Anjing lucu. Bermoncong pendek. Yang suka memakai setelan jas dan dasi hitam. Iya, Frank the Pug akan kembali menyapa penggemar franchise MIB! So, nantikan kehadirannya bulan Juni ini..

***

Men in Black: International

Sutradara: F. Gary Gray
Produser: Walter F. Parkes, Laurie MacDonald
Penulis Skenario: Art Marcum, Matt Holloway
Berdasarkan: The Men in Black by Lowell Cunningham
Pemain: Chris Hemsworth, Tessa Thompson, Rebecca Ferguson, Kumail Nanjiani, Rafe Spall, Les Twins, Emma Thompson, Liam Neeson
Musik: Danny Elfman, Chris Bacon
Sinematografi: Stuart Dryburgh
Penyunting: Christian Wagner
Produksi: Columbia Pictures, Amblin Entertainment, Parkes + Macdonald, Image Nation, Tencent Pictures
Distributor: Sony Pictures Releasing
Durasi: 120 menit
Genre: Action & Adventure, Comedy, Science Fiction & Fantasy
Kategori Usia: PG-13 (13+)
Budget: USD 110 juta
Rilis: 14 Juni 2019 (Amerika Serikat), 19 Juni 2019 (Indonesia)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Men in Black: International (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s