Preview Serial TV: Stranger Things – Season 3 (2019)

Kehilangan tujuan hidup setelah Game of Thrones tamat? Patah hati setelah Daenerys Targaryen mati? Tenang. Masih ada Stranger Things. Winter is ending, but summer is coming!

Iya. Bersiaplah menyambut musim panas di Hawkins, Indiana, pada 4 Juli 2019 nanti. Eleven (Millie Bobby Brown) dkk bakal kembali. Dengan petualangan baru. Yang semoga lebih seru. Di Stranger Things season 3.

Sejak dirilis pertama kali pada 15 Juli 2016, Stranger Things memang langsung nge-hit. Selain melejitkan nama aktris ababil berbakat Millie Bobby Brown, serial TV Netflix tersebut juga berhasil mencatat 18 nominasi di Emmy Awards 2016. Dan memenangkan lima di antaranya.

Kini, serial bikinan si Kembar Matt dan Ross Duffer itu bakal memasuki musim ketiga. Berjarak hampir dua tahun dari musim keduanya. Para fans tentunya sudah tak sabar. Menunggu musim terbaru Stranger Things ini.

Setelah premiere musim perdana, Duffer Brothers memang hanya membutuhkan 15 bulan untuk menggarap season 2. Berbeda dengan season 3 ini. Yang memakan waktu lebih lama. Karena para aktornya, yang sekarang sudah terkenal itu, punya jadwal yang padat.

Bahkan, Millie Bobby Brown saat ini sedang sibuk. Lari-lari dikejar kaiju raksasa. Dalam film blockbuster Godzilla II: King of the Monsters (2019). Yang tayang di bioskop-bioskop seluruh dunia. Mulai akhir bulan Mei yang lalu.

Oke. Kembali ke Stranger Things. Saat season keduanya dirilis oleh Netflix, serial yang diproduseri oleh Shawn Levy itu memang menjadi fenomena global. Jutaan fans tidak mampu beranjak dari depan layar laptop dan smartphone. Karena melakukan binge-watching. Alias nonton marathon sembilan episode sekaligus!

Lembaga riset AC Nielsen mencatat, Stranger Things season 2 ditonton 15,8 juta orang. Hanya dalam tiga hari penayangan di Amerika saja. Bahkan, pada hari pertama, ada 361 pelanggan Netflix yang sudah menamatkan sembilan episode sekaligus! Jika ditotal, rata-rata setiap episode musim kedua disaksikan oleh empat juta penonton.

Bagi yang sudah lupa, season kedua mengambil setting waktu setahun setelah kejadian pada musim pertama. Tepatnya, pada malam Halloween. Tanggal 31 Oktober 1984. Yang dibuka dengan cerita anak-anak era 80-an yang menyenangkan.

Tapi, sesudah itu, ketegangan baru mulai muncul. Kota kecil Hawkins yang terletak di Indiana tersebut terasa mencekam. Karena Will Byers (Noah Schnapp), tanpa sengaja, telah membuka portal Upside Down. Yang artinya monster-monster dari dimensi lain bisa dengan mudah masuk ke dunia nyata.

Menurut The Duffer Brothers, yang menyutradarai empat episode di musim kedua yang lalu, bentuk Shadow Monster di season 2 memang berbeda dengan Demogorgon di season pertama. Yang menurut mereka terinspirasi dari film hiu Jaws (1975) itu.

Untuk season kedua tersebut, The Duffer Brothers menampilkan sesuatu yang lebih seram dan lebih besar di langit. Bentuk monster-nya memang sangat mengerikan, gelap, dan terlihat berkaki delapan.

Selain itu, Duffer Bersaudara juga lebih banyak mengeksplorasi peran Millie Bobby Brown. Karakter Eleven yang dia perankan muncul kembali dengan tampilan baru. Setelah pada akhir musim pertama mengalahkan Demogorgon dan menghilang.

Kehebatan Eleven memang sudah terungkap. Oleh karena itu, pada musim kedua, cewek tomboy tersebut menjadi semacam tempat bersandar teman-temannya. El siap menghadapi monster apa pun. Dan menghancurkannya.

Meski demikian, El juga mendapat “pesaing”. Yaitu cewek berusia 13 tahun yang bernama Max Mayfield (Sadie Sink). Dia menjadi anggota baru di gengnya Mike Wheeler (Finn Wolfhard) dkk. Bahkan, karakternya yang kuat dan percaya diri membuat Dustin Henderson (Gaten Matarazzo) dan Lucas Sinclair (Caleb McLaughlin) jatuh cinta pada gadis tomboy ini.

Selain Max, season 2 juga diwarnai kemunculan kakak tirinya yang supernyebelin. Yaitu Billy Hargrove. Yang diperankan oleh Dacre Montgomery. Yang dulu menjadi Jason di reboot film Power Rangers (2017) tersebut.

Dengan karakternya yang bullish dan sengak, Billy memang sukses menjadi “villain” baru pada musim kedua yang lalu. Namun, menurut Montgomery, meski sering ngomel-ngomel, Billy sebenarnya sangat menyayangi Max. Yang notabene adik tirinya itu.

Di samping Billy dan Max, season 2 juga menghadirkan dua karakter baru lain. Yang pertama adalah Dr. Sam Owens (Paul Reiser). Pemimpin Hawkins Lab. Yang menjadi pengganti Dr. Martin Brenner (Matthew Modine) yang jahat itu. Dia berusaha menyembuhkan Will. Yang belum sepenuhnya pulih dari pengaruh Upside Down.

Lalu, yang kedua ada Bob Newby (Sean Astin). Karyawan Radio Shack yang nerdy ini menjadi pacar si janda kembang Joyce Byers (Winona Ryder). Menurut produser Shawn Levy, Bob adalah Barb-nya season 2. Karena karakternya disukai oleh banyak fans. Tapi, nasibnya berakhir tragis.

Btw, mengenai Barb, karakter bernama asli Barbara Holland (Shannon Purser) itu memang tidak muncul di musim kedua. Karena sudah tewas dibantai oleh para monster di Upside Down. Namun, kematian tragisnya tersebut membuat para fans sangat sedih. Bahkan, mereka sampai mempopulerkan hashtag #JusticeForBarb. Karena tidak rela dia pergi secepat itu.

Meski demikian, secara umum, para fans merasa puas dengan Stranger Things season 2. Karena menyajikan cerita yang lebih dalam dan kompleks: Nancy si Manis Manja masih merasa bersalah atas kematian Barb, Will mendapat penglihatan Shadow Monster yang mengerikan, Chief Jim Hopper dan Joyce tetap menyelidiki ancaman baru terhadap Hawkins, dan Mike yang masih galau ditinggal Eleven.

Seperti para fans, para kritikus juga sepakat Stranger Things season 2 yang lalu sangat bagus dan memuaskan. Setidaknya, level bagusnya berhasil menyamai musim perdananya. Skalanya juga lebih besar. Pengembangan karakter dan eksplorasi cerita setiap tokohnya cukup menjanjikan.

Sebelumnya, Duffer Bersaudara memang pernah berjanji untuk memperkuat sejumlah karakter pendukung. Misalnya, Lucas, Dustin, dan Steve Harrington (Joe Keery). Yang tampak lebih berpengaruh pada plot cerita di season kedua.

Karakter para ababil tersebut memang tumbuh secara alami. Mereka berkembang. Bakal sangat keren jika serial ini bisa tumbuh bersama anak-anak itu. Dari tahun ke tahun. Semacam franchise Harry Potter.

Unsur keluarga juga terasa lebih kental di season kedua. Misalnya, karakter Eleven. Yang muncul dengan gaya rambut berbeda. Tidak lagi botak seperti musim perdananya. El, yang mencari tahu siapa keluarganya yang sebenarnya, akhirnya bertemu dengan ibu kandungnya. Cukup mengharukan.

Penampilan Millie Bobby Brown pun kembali menuai pujian. Menurut para kritikus, dia mampu menampilkan karakter Eleven seperti tipikal anak-anak di film horror. Yang sangat jarang berbicara. Tapi, sorot matanya menampakkan kesedihan. Yang bisa berujung kematian.

Sejak awal kemunculannya di musim pertama, cewek berusia 15 tahun yang satu telinganya tuli sejak lahir itu memang sudah mencuri perhatian. Aktingnya sebagai gadis bekas kelinci percobaan, yang berkode 011 (Eleven), sangat mantap.

Tak heran, Millie kemudian berhasil menyabet berbagai penghargaan berkat perannya tersebut. Di antaranya: Best Actor in a Show MTV Movie & TV Awards, nominasi Aktris Terbaik Emmy Awards 2017, serta nominasi SAG Awards 2017 dan 2018.

Kesuksesan cewek yang lahir di Marbella, Spanyol itu tak bisa dilepaskan dari tangan dingin si Kembar Matt dan Ross Duffer. Yang dinilai berhasil menguatkan nuansa horror Stranger Things. Unsur terornya lebih nyata dan ancaman kematiannya lebih teraba. Alhasil, season kedua yang lalu memang terasa lebih menegangkan daripada musim pertamanya.

Sementara itu, seperti halnya season 1, ending season 2 yang lalu juga kembali dibuat menggantung. Karena si Kembar Duffer memang sudah menyiapkan lanjutannya untuk musim yang ketiga. Yang bakal dirilis oleh Netflix pada bulan Juli nanti.

Netflix sendiri sudah mengkonfirmasi: Musim ketiga Stranger Things bakal terdiri dari delapan episode. Proses syutingnya sudah dilakukan pada bulan April tahun lalu. Dengan mengusung para cast lama dan beberapa bintang baru.

Yang menarik, kesuksesan musim pertama dan kedua telah membawa berkah bagi para bintang lama Stranger Things. Kabarnya, mereka menerima kenaikan bayaran besar-besaran untuk syuting musim ketiga ini.

Kenaikkan paling drastis dirasakan oleh para bintang ciliknya. Dulu, mereka hanya dibayar USD 20 ribu. Kini, mereka menerima USD 250 ribu. Bahkan, Millie Bobby Brown kabarnya mendapat lebih besar lagi: Hingga USD 300 ribu per episode. Naik 15 kali lipat dibanding dua musim pertama!

Itu belum termasuk bonus. Dua tahun lalu, para cast mendapat tambahan USD 60 ribu. Ketika serialnya laris manis ditonton oleh jutaan orang. Untuk musim ketiga ini, yang sepertinya akan kembali sukses, tentu saja bonusnya bakal lebih besar lagi.

Selain para aktor cilik tadi, bintang-bintang dewasanya juga dibayar lebih tinggi. Natalia Dyer dan Charlie Heaton mendapat USD 150 ribu. Sementara itu, Winona Ryder dan David Harbour kabarnya meraup USD 350 ribu per episode.

Pada dua musim pertama, Winona yang berperan sebagai nyokap Will, Joyce Byers, mendapat gaji USD 100 ribu. Sedangkan Harbour, yang baru saja membintangi reboot film Hellboy (2019) itu, dulu hanya menerima USD 80 ribu tiap episodenya.

Di samping bintang-bintang lama tadi, untuk musim ketiga ini, Stranger Things juga bakal menampilkan para cast baru. Yang pertama adalah Priah Ferguson. Yang berperan sebagai Erica. Adik Lucas Sinclair.

Musim lalu, aktris cilik berusia 12 tahun itu, sebenarnya, sempat muncul di beberapa episode. Matt Duffer mengaku sangat terkesan dengan aktingnya. Sehingga kemudian merekrutnya sebagai pemain tetap untuk musim ketiga.

Menurut Matt, sosok Erica bakal terlibat dalam misi liar bersama abangnya. Untuk menyelamatkan Hawkins. Dari ancaman monster baru Upside Down. Yang lebih berbahaya dan tak tertebak!

Selain Priah, cast baru yang lebih terkenal adalah Maya Thurman-Hawke. Dari namanya, kita bisa menebak bahwa aktris remaja itu merupakan anak dari dua bintang Hollywood kawakan: Uma Thurman dan Ethan Hawke.

Cewek cantik yang sebelumnya lebih dikenal lewat film indie itu berperan sebagai Robin. Yang menurut keterangan resmi dari Netflix merupakan sosok yang playful dan cerdas. Dia pertama kali terlihat di teaser yang dirilis pada bulan Juli 2018 yang lalu.

Awalnya, Robin bekerja di toko es krim bersama Steve di Starcourt Mall. Namun, karena bosan dengan pekerjaannya, dia mencari petualangan baru. Dan akhirnya menemukan rahasia gelap di Hawkins!

Sebagai pemanasan untuk menyambut season 3, Netflix juga telah merilis poster karakter dan trailer terbarunya pada 21 Mei yang lalu. Apa saja yang bisa kita ulik dari materi promo yang bikin penasaran tersebut?

Yang pertama, klip terbaru tadi menampilkan Karen Wheeler (Cara Buono). Nyokap dari Mike dan Nancy (Natalia Dyer). Yang sedang berjemur di Hawkins Community Pool bersama teman-temannya.

Ternyata, emak-emak jablay tersebut sedang menggoda Billy. Yang bekerja sebagai lifeguard di sana. Karen memang sudah pernah berkenalan dengan Billy. Saat abang tiri Max itu datang ke rumahnya. Untuk mencari Nancy musim lalu.

Menurut Shawn Levy, dia dan Duffer Brothers menyukai scene pertemuan Billy dan Karen di season 2 tersebut. Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengembangkannya di season 3 ini. Dinamika hubungan Billy dan Mrs. Wheeler tampaknya belum selesai. Dan bakal terus berlanjut!

Berbeda dengan dua musim sebelumnya, season 3 sendiri bakal berlatar di musim panas tahun 1985. Suasana karnaval dan kembang api tampak mewarnai poster terbaru Stranger Things. Sekaligus menjadi selebrasi Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (Independence Day). Bersamaan dengan dirilisnya musim ketiga pada 4 Juli nanti.

Duffer Brothers sudah berjanji: Season 3 ini akan terasa sangat berbeda. Semua orang bakal datang ke mall baru. Untuk berbelanja dan nonton film. Kolam renang Hawkins juga sudah dibuka. Bakal banyak kegembiraan di sana.

Sementara itu, hubungan Mike dan Eleven, yang karakternya mengalami banyak perubahan di tiap season, juga akan dieksplorasi lebih dalam di musim panas ini. Millie Bobby Brown pun mengakui: Ada perkembangan kepribadian yang besar dalam diri El yang dia perankan.

Selain teaser resmi yang dirilis Netflix, penayangan season ketiga yang tinggal sebulan lagi juga diwarnai berbagai fans theory. Yang menebak-nebak bakal seperti apa kelanjutan dari serial Stranger Things ini.

Yang pertama, banyak fans yang berharap ceritanya meluas keluar dari Hawkins. Mungkin, melalui Steve yang kuliah. Cowok yang suka memakai hair spray Farrah Fawcett itu memang mulai menjadi idola para fans sejak musim kedua. Di season 3 nanti, dia sudah lulus dari SMA. Seharusnya, sudah tidak berada di Hawkins lagi.

Namun, karena hal itulah, banyak juga yang memperkirakan: Bahwa mantan pacar Nancy itu tidak akan survive. Alias tewas. Seperti halnya Game of Thrones, setiap season, pasti ada saja karakter favorit fans yang mati di Stranger Things. No.. Steve.. Nooo..

Btw, selain lewat Steve, bisa juga cerita di season 3 nanti keluar dari Hawkins melalui Nancy dan Jonathan Byers (Charlie Heaton). Yang melakukan tur kampus. Atau, melalui Eleven. Yang berjumpa lagi dengan Kali “008” Prasad (Linnea Berthelsen).

Musim pertama dan kedua memang dihabiskan di Hawkins. Namun, pada episode ketujuh season lalu, yang berjudul The Lost Sister, para penonton sempat dibawa ke Chicago. Lewat sosok Kali. Yang dijuluki Eight (008) tadi.

Kemunculan cewek keturunan India tersebut sekaligus memberikan petunjuk baru: Bahwa ada banyak anak yang punya kekuatan “super” seperti Eleven di luar sana. Bisa jadi, tidak semua “kelinci percobaan” sebelum El tadi mati.

Kali jelas masih hidup. Mungkin dia akan kembali. Bakal sangat keren. Seandainya dia bergabung dengan Eleven. Untuk melacak para ilmuwan yang dulu bekerja di Hawkins Lab. Atau, mencari “saudara-saudara” mereka. Mulai dari 001 hingga 010 (kelinci percobaan terakhir sebelum El). Lalu, membentuk kelompok superhero. Semacam X-Men atau Avengers!

Selain kembalinya Kali, para fans juga banyak yang menduga tentang comeback-nya Dr. Brenner. Sosok dokter jahat itu sempat dikira sudah mati pada ending season pertama. Saat Demogorgon melompat ke arahnya. Namun, kita tidak pernah melihat, apakah si monster itu benar-benar menghabisinya.

Yang menarik, menurut Shawn Levy, Dr. Brenner memang masih hidup. Dunia Eleven bakal terasa lebih besar. Terutama, dengan fakta bahwa musuhnya itu masih berkeliaran di luar sana. Tapi, masih belum jelas, apakah dia bakal kembali di season ketiga ini.

Di samping Brenner, villain lain yang diperkirakan akan kembali meneror anak-anak Hawkins adalah Shadow Monster. Yang sangat besar dan kuat itu. Apalagi, makhluk yang dijuluki Mind Flyer tersebut tidak hanya ada di Upside Down.

Selama ini, dia memang tidak menyadari keberadaan Eleven. Tapi, pada ending musim kedua lalu, Mind Flyer sudah tahu. Kemungkinan besar, dia bakal bikin perhitungan dengan El di musim ketiga ini.

Nah, untuk muncul di dunia nyata, Mind Flyer membutuhkan tubuh manusia sebagai inang. Banyak fans yang menduga, si Bedebah Billy yang akan menjadi inang barunya. Kalau itu benar-benar terjadi, kolaborasi mereka bakal sangat mematikan!

Itulah sekelumit tentang season terbaru Stranger Things. Yang tampaknya bakal berlanjut hingga lima musim tersebut. Iya. Shawn Levy memang pernah mengatakan: Sangat mungkin serial ini berlangsung hingga season kelima. Jika yang ketiga ini sukses. Can’t wait!

***

Stranger Things – Season 3

Pembuat: The Duffer Brothers
Produser: Karl Gajdusek, Cindy Holland, Brian Wright, Matt Thunell, Shawn Levy, Dan Cohen, The Duffer Brothers, Iain Paterson, Shannon Tsang
Pemain: Winona Ryder, David Harbour, Finn Wolfhard, Millie Bobby Brown, Gaten Matarazzo, Caleb McLaughlin, Noah Schnapp, Sadie Sink, Natalia Dyer, Charlie Heaton, Joe Keery, Dacre Montgomery, Cara Buono, Maya Hawke
Musik: Kyle Dixon, Michael Stein
Sinematografi: Tim Ives, Tod Campbell
Produksi: 21 Laps Entertainment, Monkey Massacre
Distributor: Netflix
Jaringan Penyiar: Netflix
Durasi: 42-62 menit
Genre: Drama, Horror, Science Fiction & Fantasy
Rilis: 4 Juli 2019 (Amerika Serikat & Indonesia)

Rating (hingga 6 Juni 2019)
IMDb: 8,9/10
Season 1
Rotten Tomatoes: 96% (Certified Fresh)
Metacritic: 76/100
Season 2
Rotten Tomatoes: 94% (Certified Fresh)
Metacritic: 78/100

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto untuk info film-film terbaru.

Advertisements
Preview Serial TV: Stranger Things – Season 3 (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s