Preview Film: Toy Story 4 (2019)

Sembilan tahun lalu adalah kali terakhir kita melihat Sheriff Woody (Tom Hanks) dkk di layar lebar. Saat itu, mereka harus berpisah dengan Andy (John Morris). Pada ending film Toy Story 3 (2010).

Adegan tersebut sangat mengharukan. Karena menandai berakhirnya kebersamaan Andy dengan Woody dkk. Yang sudah terjalin sejak film Toy Story (1995) yang pertama.

Setelah hidup bersama mainan-mainannya selama 15 tahun, Andy memang dikisahkan sudah menjadi remaja. Dia bakal memulai hidup baru: Sebagai mahasiswa di luar kota.

Oleh karena itu, Andy terpaksa harus berpisah dengan Woody dkk. Dia lalu mendonasikan mainan-mainan kesayangannya tersebut. Kepada seorang gadis cilik bernama Bonnie (Emily Hahn). Di Sunnyside Daycare.

Semula, para fans menduga, adegan yang menguras air mata itu adalah akhir dari franchise Toy Story. Yang merupakan salah satu franchise film animasi tersukses sepanjang masa. Yang berhasil mengumpulkan pemasukan total USD 1,9 miliar itu.

Namun, pada 2014, tersiar kabar, Disney bakal melanjutkan franchise tersebut. Yang akan kembali diproduksi oleh anak perusahaan mereka: Pixar. Seperti tiga film sebelumnya. Yang dipuji setinggi langit oleh para kritikus itu.

Tahun ini, proyek Toy Story 4 itu akhirnya rampung. Woody dkk segera kembali ke layar lebar. Pada akhir bulan Juni ini. Gambaran kisahnya bisa dilihat dari trailer resmi. Yang dirilis beberapa waktu yang lalu.

Menurut sutradara Josh Cooley, ide Toy Story 4 sebenarnya berawal dari keinginan Pixar untuk menggambarkan kisah hidup Woody. Setelah tidak lagi bersama Andy, pemilik lamanya. Semua orang pasti pernah mengalami masa transisi. Selain unsur nostalgia, hal itulah yang berusaha mereka angkat di film ini.

Sejak berpisah dengan Andy, Woody dkk memang harus menjalani hidup baru bersama Bonnie. Yang kali ini suaranya diisi oleh Madeleine McGraw. Dari trailer, terlihat ketika Woody memperkenalkan sebuah mainan baru. Kepada Buzz Lightyear (Tim Allen) dan teman-teman lainnya.

Mainan bernama Forky (Tony Hale) itu rupanya adalah mainan yang dibikin sendiri oleh Bonnie. Dia terbuat dari sebuah garpu plastik. Bertangan pipe cleaner dan berkaki stik es krim. Dengan tulisan “Bon” dan “Nie” di bawahnya. Bonnie sangat menyayangi mainannya tersebut.

Namun, pada suatu malam, ketika Bonnie dan keluarganya pergi berlibur, Forky terlihat kabur lewat jendela. Karena merasa dirinya tidak sama dengan mainan-mainan lainnya. Woody kemudian berusaha mengejarnya dan mencarinya. Demi membuat Bonnie senang. Karena dia pasti sedih jika kehilangan mainan kesayangannya.

Selain Forky, Toy Story 4 juga menampilkan beberapa karakter baru yang tak kalah lucu. Di antaranya adalah Ducky (Keegan-Michael Key) dan Bunny (Jordan Peele). Dua mainan yang aslinya merupakan hadiah di sebuah permainan karnaval.

Dua karakter mainan baru tersebut, tampaknya, bakal menambah bumbu humor dalam Toy Story 4. Saat diwawancarai, sutradara Josh Cooley mengatakan, improvisasi mereka berdua tidak hanya demi komedi. Tapi juga membawa film ini ke tingkat yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Jika kita jeli, selain Ducky dan Bunny, dari trailer juga tampak sekilas karakter Duke Caboom. Yang suaranya diisi oleh Keanu Reeves! Duke merupakan karakter mainan era 1970-an. Yang diadaptasi dari pemain akrobat terhebat di Kanada. Dengan sepeda motor stunt Caboom yang keren, dia selalu memamerkan gaya akrobatnya dengan pede.

Bagi Reeves, ini merupakan kali pertama dirinya bekerja sama dengan Pixar. Oleh karena itu, bintang franchise John Wick itu merasa sangat keren saat mengisi suara Caboom.

Di samping karakter-karakter baru tadi, film keempat ini juga menandai kembalinya karakter lawas. Yaitu Bo Peep (Annie Potts). Yang terakhir kali muncul di Toy Story 2 (1999). Dua puluh tahun yang lalu.

Menurut Annie Potts, Bo Peep yang berupa boneka porselen tersebut merupakan karakter yang hangat dan penuh cinta. Oleh karena itu, dia tak kuasa menolak ketika ditawari kembali untuk mengisi suaranya.

Dari trailer, momen pertemuan kembali Woody dan Bo Peep terjadi ketika dia dan Forky tiba di Grand Basin. Tepatnya, ketika mereka melihat sebuah lampu dengan gambar domba yang menyala terang. Yang kemudian menarik keduanya untuk masuk ke sebuah toko barang antik.

Namun, di dalam sana, Woody dan Forky malah dikepung oleh segerombolan boneka yang menyeramkan. Untungnya, Bo Peep kemudian muncul dengan tongkat gembalanya. Dan menyelamatkan mereka.

Woody kemudian mengajak Bo Peep, yang merupakan kekasih lamanya itu, untuk kembali berkumpul dengan mainan lainnya di rumah Bonnie. Namun, dia menolak. Sembari mengajak Woody ke sebuah taman bermain. Menurut Peep, dia tidak butuh kamar anak-anak. Karena sudah memiliki semua ini.

Banyak fans menduga, Bo Peep bakal menjadi villain yang sesungguhnya di Toy Story 4 ini. Mungkin, dia bakal menghalangi Woody dan Forky yang berusaha kembali ke rumah Bonnie.

Apakah Woody dan Forky bisa bersatu lagi dengan Buzz dan main-mainan lainnya? Apa pun ending-nya nanti, Tom Hanks sudah menjamin: Bahwa Toy Story 4 ini bakal sangat emosional, sangat lucu, dan sangat keren.

Hanks juga mengaku senang. Karena bisa menghadirkan kembali kisah mainan favorit anak-anak dan orang dewasa tersebut. Apalagi, karakter Woody sudah menjadi bagian dari hidupnya selama 25 tahun terakhir.

Hal serupa juga dirasakan oleh Tim Allen. Sebagai orang dewasa, pengisi suara Buzz Lightyear itu mengaku tak kalah senang dengan anak-anak yang menunggu Toy Story 4. Menurutnya, film ini bisa menjadi film keluarga yang hangat dan kaya makna.

***

Toy Story 4

Sutradara: Josh Cooley
Produser: Jonas Rivera, Mark Nielsen
Penulis Skenario: Stephany Folsom, Andrew Stanton
Pengarang Cerita: John Lasseter, Rashida Jones, Will McCormack, Josh Cooley, Valerie LaPointe, Martin Hynes, Stephany Folsom, Andrew Stanton
Pemain: Tom Hanks, Tim Allen, Annie Potts, Tony Hale, Keegan-Michael Key, Jordan Peele, Joan Cusack, Wallace Shawn, John Ratzenberger, Blake Clark, Don Rickles, Estelle Harris
Musik: Randy Newman
Sinematografi: Patrick Lin, Jean-Claude Kalache
Penyunting: Axel Geddes
Produksi: Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
Durasi: 90 menit
Genre: Animation, Comedy, Kids & Family, Science Fiction & Fantasy
Kategori Usia: PG (SU)
Rilis: 20 Juni 2019 (Australia), 21 Juni 2019 (Indonesia & Amerika Serikat)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Toy Story 4 (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s