Ulasan Film: Ratu Ilmu Hitam (2019)

Ratu Ilmu Hitam (1981), yang dibintangi oleh mendiang Suzzanna, disebut-sebut sebagai salah satu film horror paling mengerikan pada masanya. Nuansanya memang sangat kental dengan adegan seram. Mulai dari tulang patah, tubuh yang terluka parah, hingga kematian sadis yang berdarah-darah.

Kini, hampir 40 tahun setelah dirilis, salah satu film horror Indonesia paling legendaris itu di-reboot. Oleh sutradara Kimo Stamboel. Dengan skenario ditulis oleh Joko Anwar. Bisa dibilang, ini adalah Ratu Ilmu Hitam versi zaman now.

Kisahnya berfokus pada liburan keluarga Hanif (Ario Bayu). Yang akhirnya berujung petaka. Semula, mereka hendak ke Bali, tapi kemudian malah ke panti asuhan. Untuk menjenguk pengasuh masa kecil Hanif. Yang bernama Bandi (Yayu Unru). Yang sedang sakit keras.

Di panti asuhan tersebut, Hanif bertemu dengan dua sobat lamanya: Jefri (Miller Khan) dan Anton (Tanta Ginting). Yang dulu juga diasuh oleh Bandi. Mereka datang menjenguk bersama istri masing-masing.

Awalnya, tidak ada yang aneh dengan panti asuhan yang terletak di desa terpencil tersebut. Namun, begitu malam tiba, serangkaian teror pun terjadi. Mulai dari kelabang merayap, ilusi yang mengacaukan pikiran, hingga kekuatan gaib yang tak terlihat oleh mata orang biasa.

Ternyata, keluarga Hanif, Jefri, Anton, dan para penghuni panti asuhan lainnya diserang oleh Ratu Ilmu Hitam. Yang ingin menuntut balas. Atas kejadian terlupakan. Yang terjadi di sana puluhan tahun silam.

Film Ratu Ilmu Hitam versi zaman now ini memang menyajikan kisah dan tokoh-tokoh yang semuanya baru. Meski demikian, ada beberapa elemen yang mirip dengan film original-nya. Terutama, yang berkaitan dengan tema balas dendam dalam alur ceritanya.

Selain itu, unsur gore-nya juga sama. Adegan-adegannya masih penuh dengan darah seperti film lawasnya. Teror yang disajikan oleh sutradara Kimo Stamboel juga tak kalah mencekam. Bisa dibilang, level kengerian film Ratu Ilmu Hitam versi reboot ini tetap terjaga.

Saat diwawancarai, Joko Anwar selaku penulis skenario memang mengaku tidak mengalami kesulitan. Dalam mempertahankan level keseraman Ratu Ilmu Hitam versi jadul tersebut. Mungkin, hal itu juga ditunjang oleh pengalamannya. Yang sukses me-reboot film horror legendaris lainnya: Pengabdi Setan. Dua tahun silam.

Joko juga mengaku sangat suka dengan film Ratu Ilmu Hitam rilisan 1981. Sineas yang baru menelurkan Perempuan Tanah Jahanam (2019) ini memang sedang getol. Ia ingin mengangkat subgenre body horror. Yaitu kengerian yang muncul karena ada sesuatu yang tidak lumrah dengan tubuh manusia.

Skenario body horror yang ditulis oleh Joko tadi berhasil diwujudkan ke layar lebar oleh Kimo Stamboel. Anggota The Mo Brothers tersebut mampu menyajikan adegan teror ilmu hitam yang cukup sadis dan intens.

Mulai dari darah yang muncrat hingga mutilasi tubuh manusia. Semua terlihat begitu nyata. Berpotensi membuat penonton merinding, ngilu, dan, bahkan, mual. Yang nggak kuat dan jijik dengan darah mungkin bakal menutup mata.

Saat diwawancarai, sutradara spesialis film-film gore tersebut mengakui, memang sulit menampilkan adegan sadis dengan menggunakan teknik CGI (computer-generated imagery). Jika tidak rapi, maka filmnya bakal terkesan kurang natural.

Oleh karena itu, Kimo juga memainkan angle kamera untuk mengambil gambar. Ia memang sangat memperhatikan hal-hal teknis dalam setiap proses syuting filmnya. Alhasil, adegan-adegan sadisnya terlihat begitu riil. Seperti yang dulu juga tersaji dalam film Rumah Dara (2010). Yang ia garap bersama Timo Tjahjanto itu.

Selain menyuguhkan teror yang bikin bergidik, Kimo dan Joko juga sukses menyelipkan unsur drama keluarga. Jadi, film Ratu Ilmu Hitam ini tidak hanya dipenuhi adegan sadis yang mengerikan. Plot twist-nya juga cukup mengejutkan. Para penonton bakal merasakan sensasi yang berbeda dibanding menyaksikan film-film horror lainnya.

Teror sadis Ratu Ilmu Hitam, dan drama yang menyentuh tadi, diperkuat oleh akting para pemain yang cukup apik. Mungkin, hal itu ditunjang oleh pengalaman mereka. Yang sudah sering membintangi berbagai film horror, thriller, dan action.

Salah satunya adalah Ario Bayu. Yang baru saja muncul di film horror thriller Perempuan Tanah Jahanam. Aktor yang menjadi langganan Joko Anwar tersebut tampak tidak mengalami kesulitan. Saat harus berakting dalam adegan drama maupun gore yang berdarah-darah.

Selain itu, juga ada aktris pendatang baru: Adhisty Zara. Yang berperan sebagai anak Ario Bayu. Meski Ratu Ilmu Hitam ini adalah film horror pertamanya, dia mampu tampil ciamik dan mengimbangi para seniornya.

Anggota JKT48 tersebut mengaku, suasana tempat syuting film Ratu Ilmu Hitam memang cukup menakutkan. Sehingga sangat membantunya dalam berakting. Tak heran, ekspresi kengeriannya pun terlihat nyata. Tidak dibuat-buat.

Sebelumnya, pada tahun ini juga, Zara sukses mengaduk-aduk emosi lewat dua film drama: Keluarga Cemara dan Dua Garis Biru. Bagi yang ingin melihat dia tampil dengan tipikal karakter berbeda, wajib hukumnya menonton Ratu Ilmu Hitam.

***

Ratu Ilmu Hitam

Sutradara: Kimo Stamboel
Produser: Gope T. Samtani
Penulis Skenario: Joko Anwar
Berdasarkan: Ratu Ilmu Hitam karya Imam Tantowi
Pemain: Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Adhisty Zara, Ari Irham, Muzakki Ramdhan, Miller Khan, Salvita Decorte, Tanta Ginting, Imelda Therinne, Putri Ayudya, Ade Firman Hakim, Sheila Dara Aisha, Shenina Cinnamon, Ruth Marini
Musik: Yudhi Arfani, Fajar Yuskemal
Sinematografi: Patrick Tashadian
Editing: Arifin Cu’unk
Produksi: Rapi Films
Distributor: Rapi Films, Sky Media, GSC Movies (Malaysia)
Durasi: 99 menit
Genre: Horror, Mystery & Suspense
Klasifikasi Usia: R (17+)
Rilis: 7 November 2019 (Indonesia)

Rating (hingga 9 November 2019)
IMDb: 7,8/10

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Ulasan Film: Ratu Ilmu Hitam (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s