Review The 77th Golden Globe Awards 2020

Musim penghargaan tahun 2020 di dunia perfilman Hollywood sudah resmi dimulai. Dengan digelarnya 77th Golden Globe Awards. Di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California. Pada hari Minggu (5/1) malam waktu setempat atau hari Senin (6/1) pagi waktu Indonesia.

Seperti biasa, sebelum acara digelar, para moviemania sibuk menebak: Siapa saja yang bakal membawa pulang trofi bola dunia emas tersebut? Selama ini, para pemenang Golden Globes memang lebih sulit diprediksi jika dibandingkan dengan penghargaan film lainnya. Seperti Academy Awards alias Oscars, misalnya.

Selain waktu pelaksanaannya paling awal, komposisi pemilik suara dan pelaksana Golden Globes memang berbeda dengan Oscars. Golden Globe Awards diselenggarakan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Alias asosiasi yang menaungi para jurnalis dan fotografer internasional. Yang biasa meliput dunia hiburan di Hollywood.

Sementara itu, Academy Awards dihelat oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Sebuah organisasi yang anggotanya kalangan profesional di dunia perfilman. Mulai dari sutradara, kru, hingga artis.

Oleh karena itu, menurut para pengamat, pertimbangan untuk memilih pemenang Golden Globes, biasanya, bukan hanya soal mutu. Namun, juga sangat dipengaruhi oleh popularitas suatu film di mancanegara. Alias di luar pasar Amerika Utara.

Kecenderungan tersebut bisa dilihat dari bervariasinya daftar nominasi. Yang sudah diumumkan sejak sebulan yang lalu itu. Kesempatan film-film yang diproduksi oleh layanan streaming, seperti Netflix, lebih terbuka, dan lebih bisa diterima tanpa masalah, di ajang Golden Globes ini.

Bandingkan dengan Academy Awards. Misalnya, perhelatan Oscars tahun lalu. Ketika film Netflix yang berjudul Roma masuk nominasi Best Picture. Yang langsung memicu pro dan kontra begitu diumumkan itu. Padahal, baru sekadar masuk nominasi. Belum menjadi pemenang.

Hal sebaliknya terjadi di Golden Globes. Bendera Netflix sangat berkibar dan seakan mendapat momentum. Mereka mulai mengembangkan serial original-nya pada 2013. Di antaranya adalah House of Cards (2013-2018) dan Orange Is the New Black (2013-2019). Yang langsung mengantongi total enam nominasi di Golden Globes 2014. Salah satunya termasuk kategori bergengsi: Best Television Series – Drama. Untuk serial House of Cards.

Lalu, pada 2015, jumlah nominasi yang mereka dapat meningkat menjadi tujuh kategori. Namun, kejutan terbesarnya dan puncaknya adalah tahun ini. Begitu daftar nominasi diumumkan pada bulan Desember 2019 yang lalu, streaming service yang sudah berdiri sejak 1997 itu berhasil menguasai 34 nominasi. Bukan hanya dari serial TV, tapi juga film.

Dari 34 nominasi tadi, sebanyak 17 nominasi memang didapat dari film orisinal. Bahkan, salah satu film dramanya, Marriage Story, mampu menjadi film dengan jumlah nominasi terbanyak (enam kategori). Demikian pula dengan dua film produksi Netflix lainnya: The Irishman (lima nominasi) dan The Two Popes (empat nominasi).

Marriage Story (2019), yang mengisahkan proses perceraian dari sebuah keluarga itu, juga masuk dalam nominasi kategori paling bergengsi: Best Motion Picture – Drama. Bersaing dengan The Irishman (2019) dan The Two Popes (2019) tadi. Serta dua film bioskop dari dua studio besar: 1917 (2019) dan Joker (2019).

Selain masuk nominasi film drama terbaik, Marriage Story juga berhasil mengantarkan dua pemeran utamanya, Adam Driver dan Scarlett Johansson, masuk dua kategori bergengsi: Best Performance by an Actor & Actress in a Motion Picture – Drama. Menurut ScarJo, bermain dalam film besutan sutradara Noah Baumbach bersama jajaran cast yang luar ini menjadi salah satu highlight karirnya. Nominasi Golden Globes merupakan cara terindah untuk merayakan hasil kerja keras yang telah mereka lakukan.

Selain Marriage Story, para pengamat sebenarnya juga banyak yang menjagokan The Irishman sebagai calon terkuat pemenang Best Motion Picture – Drama. Namun, di antara keduanya, Marriage Story memang yang paling diunggulkan. Karena ceritanya dianggap paling sesuai dengan kategori drama. Akting para pemerannya juga nyaris sempurna. Sementara itu, untuk The Two Popes, meskipun bagus, dianggap kurang populer dibandingkan dua “saudara”-nya tadi.

Namun, setelah para pemenang Golden Globes 2020 diumumkan, hasil yang terpampang malah sebaliknya. Netflix yang menguasai daftar nominasi ternyata keok. Kejutan besar terjadi di kategori tertinggi: Best Motion Picture – Drama.

Film berlatar World War I, yang berjudul 1917 (2019), sukses menjadi jawaranya. Dengan mengalahkan empat nominasi lainnya: Tiga film Netflix, yang dijagokan oleh para pengamat tadi, dan Joker (2019), yang menjadi favorit para moviemania itu.

Sejatinya, belum banyak orang awam yang menonton 1917. Karena film tersebut baru dirilis di Amerika Utara pada Hari Natal yang lalu dan baru akan tayang di Inggris pada hari Jumat (10/1) ini. Para pemain utamanya juga bukan aktor terkenal yang bernama besar.

Oleh karena itu, kesuksesan 1917 di Golden Globes ini sangat berarti bagi sutradara Sam Mendes. Apalagi, ia juga dinobatkan sebagai Best Director – Motion Picture. Menyisihkan sineas-sineas tenar lainnya. Seperti Martin Scorsese, Quentin Tarantino, Todd Phillips, dan Bong Joon-ho.

Nominasi Best Director di Golden Globes 2020 sebenarnya sempat diprotes oleh para netizen. Karena tidak adanya sutradara wanita dalam kategori tersebut. Padahal, ada Greta Gerwig yang telah menghasilkan Little Women (2019). Yang dianggap layak untuk bersaing dengan sutradara-sutradara cowok bernama besar tadi.

Mengenai protes tersebut, Presiden HFPA Lorenzo Soria selaku penyelenggara Golden Globes langsung memberikan klarifikasi. Menurutnya, yang terjadi adalah mereka memang tidak melakukan pemungutan suara berdasarkan gender. Mereka melakukan voting berdasarkan film dan pencapaiannya.

Kembali ke 1917. Sebelumnya, film bertema perang terakhir yang berhasil memenangkan Golden Globes adalah Saving Private Ryan (1998). Yang akhirnya ditikung secara kontroversial oleh Shakespeare in Love (1998) di Academy Awards itu. Apakah 1917 bisa melebihi pencapaian Saving Private Ryan dengan berjaya di Oscars bulan depan? Menarik untuk ditunggu.

Selain 1917, yang juga meraih sukses di Golden Globes 2020 adalah Once Upon a Time in Hollywood (2019). Yang dinobatkan sebagai Best Motion Picture – Musical or Comedy. Bahkan, karya terbaru Quentin Tarantino ini juga mencetak rekor sebagai pemenang terbanyak (tiga kategori) dan film bioskop dengan jumlah nominasi terbanyak (lima kategori).

Once Upon a Time in Hollywood pun tercatat sebagai film pertama Quentin Tarantino yang berhasil menjadi film terbaik di Golden Globes. Sepanjang karirnya, Tarantino memang sudah banyak menghasilkan film berkualitas. Bahkan, bersama Christopher Nolan, ia dikenal sebagai sutradara yang semua filmnya mendapat rating “Fresh” di situs Rotten Tomatoes. Alias disukai oleh mayoritas kritikus itu. Namun, film-filmnya sebelum ini memang tidak pernah menang di Golden Globes. Hanya sebatas masuk nominasi.

Di samping menjadi film komedi/musikal terbaik, Once Upon a Time in Hollywood juga berhasil mengantarkan Tarantino menyabet trofi Best Screenplay – Motion Picture. Alias penulis skenario terbaik. Serta berhasil membawa Brid Pitt meraih piala Best Performance by an Actor in a Supporting Role in Any Motion Picture. Alias aktor pendukung terbaik.

Yang menarik, setelah 15 tahun, Brad Pitt akhirnya bertemu kembali dengan Jennifer Aniston di red carpet Golden Globes. Ternyata, kali ini, pertemuan dengan mantan istri pertama membawa berkah bagi bekas suami Angelina Jolie tersebut.

Namun, dalam sambutan kemenangannya di atas panggung, Brad Pitt yang sudah berusia 56 tahun itu tidak menyebut nama mantannya tadi. Hehe.. Ia malah berterima kasih kepada partner-in-crime-nya, sang pemeran utama Once Upon a Time in Hollywood: Leonardo DiCaprio. Yang ia sebut dengan inisial LDC. Yang langsung disambut tawa oleh para audiens tersebut.

Menurut aktor yang tenar lewat Fight Club (1999) itu, DiCaprio adalah sosok gentleman dan bintang sejati. Brad Pitt mengaku tak akan bisa menang tanpa Leo di sampingnya. Ia juga berseloroh pasti akan berbagi rakit dengan Leo. Menyindir adegan Jack (Leonardo DiCaprio) yang dibiarkan tenggelam oleh Rose (Kate Winslet) di film Titanic (1997) yang legendaris itu. Hehe..

Leo sendiri, meski berhasil masuk nominasi Best Performance by an Actor in Motion Picture – Musical or Comedy, kali ini harus pulang dari Golden Globes dengan tangan hampa. Pemenang kategori tersebut adalah Taron Egerton. Yang dengan apik berperan sebagai penyanyi legendaris Elton John di film Rocketman (2019) itu.

Selain Leo, unggulan lain yang pulang tanpa piala dari Golden Globes 2020 adalah Jennifer Lopez. Padahal, mantan istri Marc Anthony itu sudah bekerja keras demi tampil sempurna di film kisah nyata Hustlers (2019). Untuk mendalami peran sebagai penari bugil di night club, JLo sampai berbulan-bulan belajar pole dance. Alias menari erotis dengan bergelayutan di tiang besi itu.

Banyak pengamat menilai kerja keras JLo tadi bakal terbayar lunas tahun ini. Dia dianggap sukses menjelma sebagai Ramona. Seorang penari striptease veteran. Yang sekaligus menjadi “mami” para penari muda di film Hustlers. Bintang setengah baya berbokong sexy itu pun difavoritkan menjadi salah satu pemenang Golden Globes 2020.

Namun, sayangnya, para pesaing JLo di kategori Best Performance by an Actress in a Supporting Role in Any Motion Picture memang cukup berat. Terutama, Laura Dern. Yang akhirnya dinobatkan sebagai pemenang itu. Lewat perannya sebagai pengacara di Marriage Story. Yang bikin “Kylo Ren” pusing tujuh keliling itu. Untung, dia nggak disabet lightsaber. Hehe..

Akting Laura Dern di film drama rilisan Netflix tadi memang berhasil menyentuh hati para penonton. Terutama, lewat monolognya. Ketika membela kliennya. Yang diperankan oleh Scarlett Johansson. Yang sedang menghadapi perceraian dengan suaminya. Yang diperankan oleh Adam “Kylo Ren” Driver itu.

Berbeda dengan Leonardo DiCaprio dan Jennifer Lopez, peruntungan Joaquin Phoenix, tampaknya, memang sedang terang. Tidak kelam seperti karakter Joker yang ia perankan dengan sangat apik tersebut.

Di kategori Best Motion Picture – Drama, meski disukai oleh para audiens di mancanegara, Joker memang bukan unggulan utama. Secara overall, film besutan Todd Phillips tersebut, mungkin, memang bukan film yang sempurna dan kisahnya cukup kontroversial.

Namun, tak bisa disangkal. Akting Joaquin Phoenix, sebagai orang baik tersakiti yang akhirnya menjadi jahat itu, memang benar-benar sinting. Sangat layak bila dinobatkan sebagai pemenang Best Performance by an Actor in Motion Picture – Drama.

Adik almarhum River Phoenix itu pun menjadi pemeran Joker tersukses kedua. Setelah mendiang Heath Ledger. Yang berhasil memboyong piala Best Supporting Actor. Di Golden Globes, Oscars, dan berbagai ajang penghargaan lainnya. Lewat peran ikoniknya sebagai The Clown Prince of Crime. Di film The Dark Knight (2008) tersebut.

Sementara itu, untuk kategori lainnya, di antara berbagai kejutan yang terjadi, yang paling mengagetkan adalah terpilihnya Missing Link (2019). Sebagai Best Motion Picture – Animated. Mengalahkan tiga film animasi milik Disney dan satu film animasi produksi DreamWorks. Yang jauh lebih diunggulkan itu.

Selain kejutan Missing Link tadi, sejarah juga tercipta di ajang Golden Globe Awards ke-77 kemarin. Dengan terpilihnya film drama Parasite (2019). Sebagai film Korea pertama yang menjadi pemenang Best Motion Picture – Foreign Language.

Parasite, yang berjudul asli Gisaengchung itu, juga berhasil mengantarkan sutradaranya, Bong Joon-ho, masuk dua nominasi bergengsi di Golden Globes 2020 ini. Yaitu Best Director dan Best Screenplay – Motion Picture. Namun, sayangnya, dua-duanya gagal ia menangkan.

Meski demikian, Bong Joon-ho yang kerap disebut BJH itu tidak kecewa. Baginya, bisa dinominasikan bersama para filmmaker international yang luar biasa saja sudah merupakan kehormatan besar. Menurutnya, mereka semua memang hanya menggunakan satu bahasa yang sama. Yaitu: Film.

Parasite pertama kali mencuat setelah menjalani world premiere pada Mei 2019 yang lalu. Di Cannes Film Festival. Yang langsung diganjar dengan penghargaan tertinggi: Palme d’Or. Sejak saat itu, kisah keluarga melarat yang mampu menipu keluarga tajir tersebut semakin viral dan populer.

Sebelum menang di Golden Globes 2020, Parasite sudah terlebih dahulu berjaya di berbagai ajang. Di antaranya menyabet penghargaan film, sutradara, dan aktor pendukung terbaik di Los Angeles Film Critics. Serta menjadi film berbahasa asing terbaik di National Board of Review.

Di ajang Golden Globe Awards sendiri, Parasite memang tidak bisa masuk nominasi kategori tertinggi: Best Motion Picture – Drama. Karena terganjal oleh aturan yang diterapkan HFPA sebagai penyelenggara. Yang mensyaratkan minimal 50 persen dialog dalam filmnya harus berbahasa Inggris itu.

Saat melakukan pidato kemenangan Parasite sebagai Best Foreign Language Film, sutradara Bong Joon-ho pun mengkritik kebijakan kuno Golden Globes tersebut. Menurutnya, ketika berhasil melampaui penghalang setinggi satu inch yang bernama subtitle, kalian akan tercengang dengan banyaknya film keren.

Namun, Bong Joon-ho tampaknya tidak akan terlalu lama kecewa. Karena menurut para pengamat, Parasite merupakan calon kuat untuk masuk nominasi film terbaik Oscars. Di Academy Awards, yang nominasinya bakal diumumkan pada hari Senin (13/1), film internasional yang tidak berbahasa Inggris memang diperbolehkan masuk kategori tertinggi: Best Picture.

Berbicara mengenai non-bahasa Inggris, Parasite sejatinya bukan satu-satunya wakil kesuksesan Asia di Golden Globes 2020. Ada Awkwafina. Yang berhasil mencetak sejarah. Sebagai aktris keturunan Asia pertama. Yang memenangkan piala Best Performance by an Actress in Motion Picture – Musical or Comedy. Lewat film The Farewell (2019) itu.

Menurut Awkwafina, kemenangan ini mengejutkan dan rasanya luar biasa. Namun, dia berharap ini baru permulaan. Cewek bernama asli Nora Lum itu sebenarnya lahir di New York. Namun, ayahnya keturunan China-Amerika dan ibunya merupakan imigran yang berasal dari Korea Selatan.

Awkwafina, yang mencuat lewat Crazy Rich Asians (2018) itu, juga tercatat sebagai aktris keturunan Asia keenam. Yang berhasil masuk nominasi aktris terbaik kategori musikal/komedi di Golden Globes. Sebelum dia, ada Machiko Kyo (The Teahouse of the August Moon), Miyoshi Umeki (Flower Drum Song), Yvonne Elliman (Jesus Christ Superstar), Constance Wu (Crazy Rich Asians), dan Hailee Steinfeld (The Edge of Seventeen). Yang berdarah Filipina tersebut.

Sementara itu, di bagian televisi, selain Netflix, layanan streaming seperti Amazon Prime Video, Hulu, dan Apple TV+ juga ikut dalam kompetisi. Salah satu yang berhasil masuk dalam nominasi Best Television Series – Drama adalah The Morning Show.

Apple TV+ selaku pemilik serial drama tersebut, awalnya, mengaku tidak berharap untuk masuk nominasi. Karena mereka memang tergolong sebagai layanan streaming baru. Bahkan, sangat baru. Hanya empat setengah pekan di-launching sebelum nominasi Golden Globes 2020 diumumkan.

Namun, setelah daftar pemenang dibacakan kemarin, para layanan streaming tadi tetap harus mengakui keunggulan channel televisi berbayar lama: HBO. Yang merajai dengan total empat kemenangan. Termasuk di antaranya adalah Best Limited Series untuk Chernobyl (2019) dan Best Drama Series untuk Succession – Season 2 (2019). Keduanya merupakan TV show yang memang mendapat banyak pujian dari para kritikus.

Untuk lebih lengkapnya, inilah daftar pemenang Golden Globe Awards ke-77:

Best Motion Picture – Drama
The Irishman
Joker
The Two Popes
Marriage Story
1917 – WINNER

Best Motion Picture – Musical or Comedy
Once Upon a Time in Hollywood – WINNER
Knives Out
Dolemite Is My Name
Jojo Rabbit
Rocketman

Best Motion Picture – Foreign Language
The Farewell
Pain and Glory
Parasite – WINNER
Portrait of a Lady on Fire
Les MisΓ©rables

Best Director – Motion Picture
Martin Scorsese, The Irishman
Quentin Tarantino, Once Upon a Time in Hollywood
Bong Joon-ho, Parasite
Sam Mendes, 1917 – WINNER
Todd Phillips, Joker

Best Screenplay – Motion Picture
Quentin Tarantino, Once Upon a Time in Hollywood – WINNER
Noah Baumbach, Marriage Story
Anthony McCarten, The Two Popes
Bong Joon-ho and Han Jin-won, Parasite
Steven Zaillian, The Irishman

Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Drama
RenΓ©e Zellweger, Judy – WINNER
Charlize Theron, Bombshell
Saoirse Ronan, Little Women
Cynthia Erivo, Harriet
Scarlett Johansson, Marriage Story

Best Performance by an Actor in a Motion Picture – Drama
Christian Bale, Ford v. Ferrari
Joaquin Phoenix, Joker – WINNER
Antonio Banderas, Pain and Glory
Jonathan Pryce, The Two Popes
Adam Driver, Marriage Story

Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Musical or Comedy
Awkwafina, The Farewell – WINNER
Beanie Feldstein, Booksmart
Ana de Armas, Knives Out
Emma Thompson, Late Night
Cate Blanchett, Where’d You Go, Bernadette?

Best Performance by an Actor in a Motion Picture – Musical or Comedy
Leonardo DiCaprio, Once Upon a Time in Hollywood
Eddie Murphy, Dolemite Is My Name
Daniel Craig, Knives Out
Taron Egerton, Rocketman – WINNER
Roman Griffin Davis, Jojo Rabbit

Best Performance by an Actress in a Supporting Role in any Motion Picture
Jennifer Lopez, Hustlers
Laura Dern, Marriage Story – WINNER
Margot Robbie, Bombshell
Kathy Bates, Richard Jewell
Annette Bening, The Report

Best Performance by an Actor in a Supporting Role in any Motion Picture
Brad Pitt, Once Upon a Time in Hollywood – WINNER
Al Pacino, The Irishman
Tom Hanks, A Beautiful Day in the Neighborhood
Joe Pesci, The Irishman
Anthony Hopkins, The Two Popes

Best Motion Picture – Animated
Frozen 2
Toy Story 4
How to Train Your Dragon: The Hidden World
Missing Link – WINNER
The Lion King

Best Original Score – Motion Picture
Thomas Newman, 1917
Hildur Guonadottir, Joker – WINNER
Randy Newman, Marriage Story
Alexandre Desplat, Little Women
Daniel Pemberton, Motherless Brooklyn

Best Original Song – Motion Picture
β€œ(I’m Gonna) Love Me Again,” Rocketman – WINNER
β€œSpirit,” The Lion King
β€œInto the Unknown,” Frozen 2
β€œStand Up,” Harriet
β€œBeautiful Ghosts,” Cats

Best Television Series – Musical or Comedy
Barry
The Politician
Fleabag – WINNER
The Kominsky Method
The Marvelous Mrs. Maisel

Best Television Series – Drama
The Crown
The Morning Show
Succession – WINNER
Big Little Lies
Killing Eve

Best Performance by an Actor in a Television Series – Drama
Brian Cox, Succession – WINNER
Tobias Menzies, The Crown
Billy Porter, Pose
Kit Harington, Game of Thrones
Rami Malek, Mr. Robot

Best Performance by an Actress in a Television Series – Drama
Jennifer Aniston, The Morning Show
Olivia Colman, The Crown – WINNER
Jodie Comer, Killing Eve
Nicole Kidman, Big Little Lies
Reese Witherspoon, The Morning Show

Best Performance by an Actress in a Television Series – Musical or Comedy
Rachel Brosnahan, The Marvelous Mrs. Maisel
Kirsten Dunst, On Becoming a God in Central Florida
Christina Applegate, Dead to Me
Natasha Lyonne, Russian Doll
Phoebe Waller-Bridge, Fleabag – WINNER

Best Performance by an Actor in a Television Series – Musical or Comedy
Michael Douglas, The Kominsky Method
Bill Hader, Barry
Ben Platt, The Politician
Paul Rudd, Living With Yourself
Ramy Youssef, Ramy – WINNER

Best Television Limited Series or Motion Picture Made for Television
Loudest Voice
Chernobyl – WINNER
Unbelievable
Fosse/Verdon
Catch 22

Best Performance by an Actor in a Limited Series or Motion Picture Made for Television
Sam Rockwell, Fosse/Verdon
Russell Crowe, The Loudest Voice – WINNER
Jared Harris, Chernobyl
Christopher Abbott, Catch 22
Sacha Baron Cohen, The Spy

Best Performance by an Actress in a Limited Series or Motion Picture Made for Television
Helen Mirren, Catherine the Great
Michelle Williams, Fosse/Verdon – WINNER
Merritt Weaver, Unbelievable
Kaitlyn Dever, Unbelievable
Joey King, The Act

Best Performance by an Actress in a Supporting Role in a Series, Limited Series or Motion Picture Made for Television
Toni Colette, Unbelievable
Meryl Streep, Big Little Lies
Helena Bonham Carter, The Crown
Patricia Arquette, The Act – WINNER
Emily Watson, Chernobyl

Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Limited Series or Motion Picture Made for Television
Alan Arkin, The Kominsky Method
Kieran Culkin, Succession
Henry Winkler, Barry
Andrew Scott, Fleabag
Stellan Skarsgard, Chernobyl – WINNER

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Review The 77th Golden Globe Awards 2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s