Preview Film: Birds of Prey (2020)

Hollywood kini semakin terbuka dengan kisah jagoan perempuan yang dibesut oleh sutradara perempuan. Bisa dibilang, sekarang adalah momennya. Tercatat, ada sejumlah film pahlawan perempuan yang bakal menguasai layar bioskop sepanjang tahun 2020 ini.

Mulai dari Mulan, Black Widow, hingga Wonder Woman 1984. Ketiganya siap unjuk gigi dan unjuk kekuatan. Ketiganya mendominasi daftar lima besar film yang paling ditunggu tahun ini. Ketiganya mengangkat tokoh utama perempuan dan digarap oleh sutradara perempuan.

Namun, sebelum menikmati ketiganya pada pertengahan tahun nanti, para moviemania bakal terlebih dahulu disuguhi oleh hidangan pembuka. Yang juga mengusung para jagoan perempuan dari DC Comics. Yaitu Birds of Prey. Yang bakal dirilis di Indonesia pada 5 Februari 2020 itu.

Seperti halnya Mulan, Black Widow, dan Wonder Woman 1984, Birds of Prey juga ditangani oleh sutradara perempuan. Yaitu Cathy Yan. Sineas keturunan China-Amerika itu tercatat sebagai perempuan Asia pertama yang menyutradarai film DC Comics.

Warner Bros. Pictures dan DC Films menunjuk Cathy Yan pada April 2018. Setelah mantan jurnalis The Wall Street Journal itu menghasilkan film panjang pertamanya: Dead Pigs (2018). Yang ber-genre dark comedy. Yang mendapat sambutan positif. Serta meraih World Cinema Dramatic Special Jury Award for Ensemble Acting. Di ajang Sundance Film Festival tersebut.

Sebelum menghasilkan Dead Pigs, Cathy Yan lebih dahulu dikenal sebagai penghasil film-film pendek. Birds of Prey pun menjadi film blockbuster pertamanya. Untuk menggarap naskahnya, dia menggandeng Christina Hodson. Yang sudah berpengalaman menulis skenario Bumblebee (2018) tersebut.

Memilih sutradara perempuan untuk menggarap Birds of Prey, tampaknya, dipelajari Warner Bros. Pictures dari kesuksesan Wonder Woman (2017). Yang mendapat respon positif dari para kritikus dan meraup pemasukan USD 821 juta dari seluruh dunia. Yang mengusung Gal Gadot sebagai bintang utamanya dan Patty Jenkins sebagai sutradaranya itu.

Kisah film Birds of Prey sendiri diadaptasi dari tim superhero cewek DC Comics. Yang muncul pertama kali pada 1996. Menurut versi komik, anggotanya beberapa kali mengalami pergantian. Mulai dari Batgirl, Huntress, hingga Black Canary.

Namun, di versi filmnya ini, sesuai dengan judulnya yang superpanjang: Birds of Prey (and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn), yang menjadi pentolannya adalah Harley Quinn. Yang kembali diperankan oleh Margot Robbie. Melanjutkan perannya di film Suicide Squad (2016) yang lalu.

Menurut versi aslinya, Harley Quinn sebenarnya bukan anggota Birds of Prey. Apalagi, cewek supersexy tapi sinting itu juga bukan tergolong superhero, melainkan villain atau antihero. Di komik, pacar Joker tersebut tergabung dalam tim Gotham City Sirens. Bersama dua penjahat cewek lainnya: Catwoman dan Poison Ivy.

Dalam film Suicide Squad, Harley Quinn dipaksa bergabung dengan tim Task Force X. Kini, di Birds of Prey, tampaknya dia sudah keluar dari tim yang berisi gerombolan penjahat tersebut. Dan membentuk sebuah tim baru yang full cewek.

Karakter Harley Quinn sendiri diciptakan oleh Paul Dini. Setelah ia menonton opera sabun Days of Our Lives yang tayang sejak 1965 itu. Kemunculannya pertama kali bukan di komik, tapi di serial kartun. Yakni, Batman: The Animated Series episode Joker’s Favor. Pada September 1992.

Sebelum jadi gila ketularan Joker, Harley Quinn aslinya seorang psikolog yang bernama Dr. Harleen Frances Quinzel. Seperti pacarnya tersebut, dia juga tidak memiliki kekuatan super. Hanya manusia biasa. Namun, superlincah, tangguh, jago menggunakan berbagai macam senjata, dan sangat cerdas.

Di film Birds of Prey ini, Margot Robbie, yang kembali memerankan Harley Quinn, juga merangkap sebagai produser di belakang layar. Menurut aktris asal Australia tersebut, proyek ini sebenarnya sudah dikerjakan sejak 2016. Namun, baru diumumkan secara resmi pada 2018.

Teaser pertama Birds of Prey sendiri baru dilepas pada akhir Januari 2019. Melalui akun Instagram Margot Robbie. Yang kala itu mem-posting fotonya sebagai Harley Quinn. Lengkap dengan caption: “Miss me?”

Dalam foto tersebut, Harley Quinn muncul dengan tampilan baru. Sedikit berbeda dengan penampakannya di film Suicide Squad. Rambut pirangnya memang tetap dikuncir dua, alias twin ponnytail, dengan warna merah dan biru. Namun, tampak lebih pendek. Selain itu, poni asimetrisnya juga membuatnya terlihat lebih cute.

Satu jam setelah foto posting-an Margot Robbie tadi, muncul video bocoran pertama film Birds of Prey. Yang berdurasi 20 detik. Yang diunggah oleh channel YouTube CheekySneakyPeaky. Bukan oleh channel resmi Warner Bros. Pictures.

Sekilas, video tersebut sebenarnya lebih mirip video klip musik era 80-an daripada teaser trailer sebuah film. Namun, tetap menarik perhatian. Karena menampilkan beberapa karakter yang ada dalam Birds of Prey.

Yang menjadi fokus utama dalam video yang bernuansa dark dan rebel tersebut adalah Harley Quinn. Yang terlihat memakai kostum bertema confetti yang meriah. Namun, tidak ada lagi tongkat dan topi bisbol ikoniknya seperti di film Suicide Squad yang lalu.

Banyak fans yang bilang, jika diibaratkan sebagai penyanyi Amerika, Harley Quinn versi Suicide Squad dulu tampak seperti Debbie Harry. Sedangkan, Harley Quinn versi Birds of Prey ini lebih terlihat seperti pop star era 80-an: Cyndi Lauper.

Bukan hanya Harley Quinn, video bocoran tadi juga menampilkan beberapa karakter Birds of Prey lainnya. Yang pertama adalah Huntress (Mary Elizabeth Winstead). Yang dikenal sebagai superhero cewek Gotham City yang paling brutal. Yang jago bertarung hand-to-hand. Yang biasa menggunakan crossbow sebagai senjata andalannya itu.

Selain Huntress, juga ada Renee Montoya (Rosie Perez) dan Black Canary (Jurnee Smollett-Bell). Yang punya teriakan ultrasonik itu. Serta Cassandra Cain (Ella Jay Basco). Yang di versi komik merupakan pembunuh berbahaya. Yang hanya bisa berkomunikasi dengan tangan dan ilustrasi. Karena tidak bisa membaca dan menulis itu.

Setelah menonton video bocoran tersebut, banyak fans yang menduga Birds of Prey bakal bernuansa kelam. Seperti film-film superhero DC Comics lainnya. Namun, saat diwawancarai, Margot Robbie menegaskan Birds of Prey bukanlah film yang terlalu serius.

Setelah menunggu cukup lama, rasa penasaran para fans akhirnya terjawab. Pada bulan September 2019 yang lalu, teka-teki karakter yang bakal muncul dalam Birds of Prey akhirnya terungkap.

Lewat akun Instagram-nya, Margot Robbie mengunggah poster perdana film spin-off Suicide Squad tersebut. Yang tidak kelam seperti film-film DC Extended Universe (DCEU) lainnya. Malah, cenderung ceria dan full warna.

Poster yang begitu diunggah langsung di-like oleh jutaan fans di Instagram itu menampilkan beberapa kode menarik. Misalnya, tulisan “Mind Over Mayhem”. Yang tertera di leher Harley Quinn. Serta berbagai karakter kecil. Yang beterbangan tepat di depan wajahnya yang full riasan itu.

Karakter-karakter kecil tersebut, bisa dipastikan, bakal muncul di film Birds of Prey. Di antaranya adalah Renee Montoya, Huntress, Black Canary, dan Cassandra Cain. Yang sudah disebutkan tadi. Serta dua karakter antagonis: Black Mask dan Victor Zsasz.

Karakter Black Mask sendiri merupakan villain. Yang pertama kali muncul di komik Batman No. 386 pada 1985. Menurut bocoran, film Birds of Prey bakal mengisahkan tentang penyelamatan Cassandra Cain. Yang diculik oleh boss mafia dari Gotham City tersebut.

Petunjuk tentang film Birds of Prey semakin jelas setelah trailer resmi perdana dirilis. Pada Oktober 2019 yang lalu. Dalam cuplikan tersebut, ada beberapa karakter baru yang diperkenalkan. Ada pula clue yang sangat mirip dengan versi serial televisi maupun komiknya.

Yang pertama adalah sosok villain Roman Sionis (Ewan McGregor). Yang muncul sebagai orang berpenampilan biasa. Namun, ada clue sebuah lukisan abstrak. Yang menggambarkan wajah dengan coretan hitam. Yang menunjukkan bahwa ia adalah Black Mask.

Selain itu, juga muncul sekilas begundal yang menjadi anak buah Black Mask. Yaitu Victor Zsasz (Chris Messina). Yang mukanya penuh dengan bekas luka sayat. Mantan narapidana itu digambarkan sangat mirip dengan versi komiknya.

Di trailer tersebut juga tampak Harley Quinn. Yang terlihat sangat akrab dengan seekor hyena. Dalam komik dan video game Injustice 2, dia memang dikisahkan memiliki peliharaan dua ekor hyena. Yang diberi nama Bud dan Lou. Yang dibebaskan dari Kebun Binatang Gotham City. Setelah mantan pacar Joker itu menjomblo.

Iya, kisah cinta buta Harley Quinn dan Joker di film Suicide Squad memang sudah berakhir. Setelah menjalin hubungan asmara yang penuh drama, dua orang gila itu putus. Di film Birds of Prey ini, Harley Quinn dikisahkan sedang memulai awal yang baru. Tanpa Joker di sampingnya.

Seperti kids zaman now, Harley Quinn pun melakukan segala upaya agar bisa cepat move-on. Misalnya, dengan memotong rambutnya menjadi lebih pendek. Serta menyingkirkan segala kenangan tentang mantan kekasihnya tadi. Salah satunya, dengan meluluhlantakkan sebuah tempat istimewa yang berkaitan dengan Joker.

Di trailer tadi, terlihat Harley Quinn sedang berjalan. Dengan membelakangi bangunan Ace Chemicals yang sedang terbakar. Gedung tersebut adalah tempat Joker dulu membujuk Harley. Untuk ikut terjun ke dalam cairan kimia. Yang akhirnya membuat kulit dua sejoli itu menjadi putih pucat.

Selain Harley Quinn, karakter lain yang diperlihatkan paling jelas dalam trailer perdana Birds of Prey adalah Black Canary. Yang aslinya seorang vokalis, tapi jago bela diri dan punya kekuatan sonic scream tersebut.

Di samping itu, juga terlihat seorang karakter yang sedang bersimpuh di depan salib. Banyak yang menduga bahwa dia adalah Helena Bertinelli. Alias Huntress. Yang di versi komik dikisahkan sebagai anak mafia. Yang kemudian berubah menjadi pengikut Katolik yang taat dan pembela kebenaran. Setelah kedua orang tuanya meninggal.

Trailer Birds of Prey yang pertama tadi kemudian diperkuat oleh trailer kedua. Yang baru dirilis oleh Warner Bros. Pictures pada bulan Januari ini. Yang akhirnya menampilkan secara close-up sosok Black Mask. Dengan topeng hitam ikonisnya. Yang sudah lama dinantikan oleh para fans DC Comics tersebut.

Para penggemar pun banyak yang senang. Karena Black Mask terlihat sangat mendekati gambaran dari versi komiknya. Selain itu, trailer yang kedua ini juga menampilkan lebih banyak aspek humor. Dari film yang sejatinya diklasifikasikan sebagai R-rated. Alias tontonan khusus orang dewasa ini.

Trailer tersebut kemudian memperlihatkan bagaimana Harley Quinn bergabung dengan geng Birds of Prey-nya. Untuk melawan Black Mask yang misterius. Di samping itu, juga tampak aksi Black Canary. Yang sedang memamerkan kekuatan “Canary Cry”-nya. Untuk menjatuhkan beberapa begundal Black Mask.

Oh, ya. Bagi yang mengharapkan kejutan Joker nongol di film Birds of Prey ini, siap-siap saja untuk kecewa. Margot Robbie sudah menegaskan. Karakter penjahat yang dulu diperankan oleh Jared Leto itu tidak akan muncul. Bahkan, sebagai cameo pun tidak. Meski plot film ini bakal menyinggung putusnya hubungan asmara antara Harley Quinn dan Joker. Jadi, tidak bakal ada orang baik tersakiti yang menjadi jahat kali ini.

***

Birds of Prey

Sutradara: Cathy Yan
Produser: Margot Robbie, Bryan Unkeless, Sue Kroll
Penulis Skenario: Christina Hodson
Berdasarkan: Birds of Prey by Jordan B. Gorfinkel, Chuck Dixon
Pemain: Margot Robbie, Mary Elizabeth Winstead, Jurnee Smollett-Bell, Rosie Perez, Chris Messina, Ella Jay Basco, Ali Wong, Ewan McGregor
Narator: Margot Robbie
Musik: Daniel Pemberton
Sinematografi: Matthew Libatique
Editing: Jay Cassidy, Evan Schiff
Produksi: DC Films, LuckyChap Entertainment, Kroll & Co. Entertainment, Clubhouse Pictures
Distributor: Warner Bros. Pictures
Genre: Action, Adventure
Klasifikasi Usia: R (17+)
Budget: USD 97 juta
Rilis: 5 Februari 2020 (Indonesia), 7 Februari 2020 (Amerika Serikat)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Birds of Prey (2020)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s