Review Film: Bombshell (2019)

Ingin menonton Charlize Theron, Nicole Kidman, dan Margot Robbie dalam satu layar bioskop sekaligus? Sutradara Jay Roach telah mewujudkannya. Lewat film Bombshell (2019). Yang sudah tayang di Cinema XXI Indonesia mulai 7 Januari yang lalu.

Film yang skenarionya ditulis oleh Charles Randolph tersebut mengangkat kisah nyata. Yang sempat menghebohkan Amerika pada 2016 yang lalu. Yaitu tentang pelecehan seksual. Yang dialami oleh penyiar-penyiar wanita. Yang bekerja di salah satu jaringan televisi berita paling terkenal di dunia: Fox News.

Yang melakukan pelecehan seksual tersebut adalah boss mereka sendiri. Seorang bandot tua gendut. Yang mau jalan saja susah, tapi ternyata masih mampu menjadi predator ganas yang sange-an dan ngacengan itu.

Pelecehan seksual memang menjadi topik hangat di Hollywood. Apalagi, setelah gerakan #MeToo mencuat dalam beberapa tahun terakhir. Tak heran, skandal seksual yang melibatkan CEO Fox News Roger Ailes tadi, akhirnya, juga dituangkan ke dalam sebuah film. Dengan judul Bombshell ini.

Kisahnya sendiri berfokus pada tiga orang cewek blonde yang smart dan sexy. Yaitu penyiar berita Megyn Kelly (Charlize Theron), pembawa acara Gretchen Carlson (Nicole Kidman), dan associate producer Kayla Pospisil (Margot Robbie). Ketiganya sama-sama bekerja di Fox News.

Pada tahun 2016, Gretchen Carlson yang sudah lama membawakan program talkshow laris, Fox and Friends, tiba-tiba didegradasi: Menjadi host sebuah acara daytime yang tidak banyak penontonnya. Tak lama kemudian, mantan Miss America 1989 itu didepak dari perusahaan milik media mogul Rupert Murdoch (Malcolm McDowell) tersebut. Tanpa alasan yang jelas.

Tak terima karena merasa diperlakukan semena-mena, Gretchen lantas menuntut atasannya di Fox News: Roger Ailes (John Lithgow). Yang telah memecatnya tadi. Yang memang sudah lama berseberangan dengannya itu. Tuduhannya pun tidak main-main: Pelecehan seksual.

Meski awalnya tuduhan itu dibantah oleh Roger Ailes dan timnya di Fox News, pelan-pelan skandal tersebut mencuat ke permukaan. Hingga akhirnya menghebohkan media-media di Amerika. Apalagi, Gretchen juga mendapat banyak dukungan.

Salah satunya dari Megyn Kelly. Yang ternyata juga pernah dilecehkan oleh Roger Ailes pada awal masa kerjanya di Fox News. Pada 2006 yang lalu. Penyiar berita cantik itu pun mulai mengumpulkan kesaksian dari para korban lainnya.

Termasuk, dari Kayla Pospisil. Seorang pegawai baru yang sudah beberapa kali memenuhi nafsu bejat Roger Ailes di ruangan kantornya. Dia terpaksa melacurkan diri. Dengan imbalan janji bakal dipromosikan menjadi news anchor terkenal.

Berbeda dengan Gretchen Carlson dan Megyn Kelly yang merupakan karakter dari dunia nyata, Kayla Pospisil yang superhot itu ternyata karakter fiktif. Yang sengaja dibuat sebagai perwujudan suara dari beberapa korban Roger Ailes di Fox News.

Sejatinya, Bombshell ini bukan film pertama yang mengangkat skandal pelecehan seks Roger Ailes. Sebelumnya, sudah ada serial The Loudest Voice (2019) yang dibintangi Russell Crowe dan film dokumenter Divide and Conquer: The Story of Roger Ailes (2018).

Maka dari itu, sudah banyak orang yang mengetahui jalan ceritanya. Karena film Bombshell ini semacam mengisahkan kembali skandal yang terjadi di Fox News tadi. Orang-orang yang dulu kurang memahami, bisa menontonnya untuk mengetahui lebih dalam tentang kasus tersebut.

Meski arah dan akhir ceritanya sudah bisa ditebak, film Bombshell tetap menarik untuk diikuti. Karena ditunjang oleh penampilan tiga pemain sentralnya yang cemerlang. Terutama, Charlize Theron dan Margot Robbie. Yang sedikit menutupi karisma Nicole Kidman itu.

Bahkan, penampakan fisik Charlize Theron di sini dibuat sangat mirip dengan sosok asli Megyn Kelly yang dia perankan. Mungkin, jika tidak melihat namanya, bakal banyak penonton yang tidak mengenali. Bahwa wanita cantik itu adalah Theron.

Melalui suara dan postur tubuhnya, serta baju dan make-up prostetik dari Kazu Hiro, Charlize Theron memang benar-benar bertransformasi menjadi Megyn Kelly. Dia tidak lagi tampak seperti Theron dalam film Bombshell ini. Tak heran, namanya sampai masuk nominasi Academy Awards kategori Aktris Terbaik tahun ini.

Selain Theron, yang juga tampil apik dan masuk nominasi Oscars kategori Aktris Pendukung Terbaik adalah Margot Robbie. Yang berperan sebagai karakter fiktif Kayla Pospisil. Yang sebenarnya tidak memiliki pengaruh besar terhadap skandal yang terjadi itu.

Dalam film Bombshell, Kayla dikisahkan sebagai pegawai baru Fox News. Yang menjadi salah satu dari sekian banyak korban Roger Ailes. Namun, Margot Robbie mampu menghidupkan dengan baik karakter yang sejatinya tidak berperan penting tersebut.

Akting yang ditampilkan oleh Margot Robbie memang tidak mudah. Namun, di sinilah letak keunggulannya dibandingkan Charlize Theron dan Nicole Kidman. Sosok fiksi yang dia mainkan mampu mencuri perhatian. Hingga menutupi pesona dua karakter utama non-fiksi. Yang diperankan oleh Theron dan Kidman tadi.

Di samping itu, di antara ketiganya, bisa dibilang, pekerjaan Margot Robbie adalah yang paling berat. Karena dia juga dibebani oleh cerita sampingan. Yang mengisahkan hubungan Kayla yang dia perankan dengan karakter Jess Carr (Kate McKinnon). Seorang lesbian yang bekerja di Fox News. Sebuah perusahaan yang selama ini dikenal konservatif dan tidak mendukung LGBT itu.

Selain tiga bintang wanita utamanya tadi, yang juga tidak boleh dilupakan adalah John Lithgow. Yang cukup berhasil dalam bertransformasi menjadi Roger Ailes. Aktor sepuh tersebut mampu menghidupkan sosok boss yang arogan dan insekyur. Yang nafsu bejatnya menjadi pusat dari skandal di Fox News itu.

Secara overall, kisah nyata yang diangkat oleh Bombshell memang cukup menarik dan membawa pesan penting. Tentang keberanian para perempuan untuk bersuara terhadap pelecehan yang mereka terima. Akting para pemainnya juga oke punya.

Namun, sayangnya, semua hal positif tadi tidak ditunjang oleh skenario dan story telling yang mumpuni. Alur cerita Bombshell berjalan biasa-biasa saja. Datar. Kurang dramatis. Kurang menyentuh perasaan. Tidak ada hal yang istimewa di dalamnya. Tidak ada kejutan. Dan mudah dilupakan.

***

Bombshell

Sutradara: Jay Roach
Produser: Aaron L. Glibert, Jay Roach, Robert Graf, Michelle Graham, Charles Randolph, Margaret Riley, Charlize Theron, AJ Dix, Beth Kono
Penulis Skenario: Charles Randolph
Pemain: Charlize Theron, Nicole Kidman, Margot Robbie, John Lithgow, Kate McKinnon, Connie Britton, Malcolm McDowell, Allison Janney
Musik: Theodore Shapiro
Sinematografi: Barry Ackroyd
Editing: Jon Poll
Produksi: Bron Creative, Annapurna Pictures, Denver + Delilah Productions, Gramsci, Lighthouse Management & Media, Creative Wealth Media
Distributor: Lionsgate
Durasi: 118 menit
Genre: Drama
Klasifikasi Usia: R (17+)
Budget: USD 32 juta
Rilis: 13 Desember 2019 (Amerika Serikat), 7 Januari 2020 (Indonesia)

Rating (hingga 19 Januari 2020)
Rotten Tomatoes – Tomatometer: 68% (Fresh)
Rotten Tomatoes – Audience Score: 84% (Fresh)
Metacritic: 64/100
CinemaScore: –
PostTrak: 4/5
IMDb: 6,8/10
Edwin Dianto (Filmania): 6,5/10 (C)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Review Film: Bombshell (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s