Review Film: Dolittle (2020)

Robert Downey Jr. (RDJ) sudah menggantung armor Iron Man-nya setelah Avengers: Endgame (2019) yang lalu. Kini, ia menjalani petualangan baru. Bukan dengan superhero-superhero, melainkan dengan binatang-binatang lucu yang menggemaskan.

Itulah yang tersaji dalam film terbarunya: Dolittle (2020). Yang sekaligus menjadi film pertamanya. Setelah pensiun dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Setelah satu dekade kita hanya melihat RDJ di layar lebar sebagai Iron Man tersebut.

Film Dolittle sendiri diadaptasi dari serial buku anak-anak klasik karya Hugh Lofting: The Story of Doctor Dolittle. Yang pertama kali diterbitkan pada 1920. Yang sudah berulang kali diangkat menjadi film dan serial televisi itu.

Tokoh utamanya adalah seorang dokter hewan nyentrik. Yang bernama Dr. John Dolittle (RDJ). Yang bisa berbicara dengan berbagai macam binatang. Mulai dari anjing, bajing, rubah, jerapah, gorilla, beruang kutub, macan, bebek, burung unta, hingga burung nuri. Yang sekaligus menjadi assistennya tersebut.

Ceritanya, tujuh tahun setelah istri tercintanya meninggal, Dolittle masih berduka dan mengurung diri di rumahnya. Dengan hanya ditemani oleh hewan-hewan kesayangannya tadi. Hingga pada suatu hari, datanglah Lady Rose (Carmel Laniado). Yang memintanya untuk membantu Ratu Inggris: Queen Victoria (Jessie Buckley). Yang sedang sakit.

Dolittle, yang kemudian mengetahui sang Ratu ternyata sakit karena diracun, akhirnya bersedia membantu untuk menyembuhkannya. Karena jika sang Ratu sampai meninggal, kerajaannya bakal diambil alih oleh pihak Treasury. Yang juga berniat mengusir Dolittle dan hewan-hewan peliharaannya tersebut.

Masalahnya, yang dapat menyembuhkan sang Ratu dari racun hanyalah buah langka dari Eden Tree. Dari sinilah petualangan dokter hewan tersebut dimulai. Dolittle dan pasukan binatangnya pun menjelajahi dunia demi menemukan buah ajaib tadi. Sesuai dengan kisah buku kedua: The Voyages of Doctor Dolittle. Yang terbit pada 1922 itu.

Sebelum versi terbaru yang dibintangi RDJ ini, sejatinya, sudah ada tiga film layar lebar yang pernah dibuat. Yang pertama adalah Doctor Dolittle (1967). Yang dibintangi oleh Rex Harrison. Lalu, 31 tahun kemudian, sutradara Betty Thomas menggarap Dr. Dolittle (1998). Dengan mengusung aktor keling Eddie Murphy sebagai bintang utamanya. Yang kemudian disusul oleh sekuelnya: Dr. Dolittle 2 pada 2001.

Sementara itu, untuk film terbaru yang disutradarai Stephen Gaghan ini, awalnya diberi judul The Voyage of Doctor Dolittle. Namun, kemudian diubah menjadi Dolittle saja. Dibandingkan dengan film sebelumnya yang dibintangi Eddie Murphy tadi, Dolittle versi RDJ ini, selain kental dengan nuansa komedi, juga lebih menonjolkan visual dari kisah petualangannya yang menakjubkan.

Saat diwawancarai dua tahun yang lalu, RDJ mengaku sangat menikmati perannya sebagai Doctor Dolittle. Meski demikian, banyak juga tantangan yang harus ia hadapi. Misalnya, tantangan untuk berbicara dengan aksen Wales. Yang bahkan orang-orang Wales sendiri mengatakan hal itu sulit untuk dilakukan.

Selain RDJ, film Dolittle ini juga diperkuat oleh jajaran cast dan pengisi suara yang mantap. Semuanya artis top papan atas. Mulai dari Antonio Banderas, Michael Sheen, John Cena, Kumail Nanjiani, Ralph Fiennes, Tom Holland, Rami Malek, Marion Cotillard, Emma Thompson, Octavia Spencer, hingga Selena Gomez.

Oleh karena itu, film rilisan Universal Pictures ini cukup dinantikan oleh para moviemania. Apalagi, tanggal tayangnya sempat lama diundur. Dari yang awalnya 12 April 2019 menjadi bulan Januari tahun ini. Para fans RDJ juga penasaran dengan penampilannya pasca Iron Man.

Namun, sayangnya, setelah cukup lama ditunggu, Dolittle tampaknya kurang mampu memenuhi ekspektasi para penonton. Terutama, di Amerika. Hal ini terbukti dari polling CinemaScore. Yang hanya menghasilkan nilai B tersebut.

Selain itu, laju Dolittle di box office juga loyo. Hampir sepekan tayang, hanya mampu mengumpulkan pemasukan USD 57 juta dari seluruh dunia. Masih jauh dari bujet produksinya yang mencapai USD 175 juta itu.

Para kritikus pun banyak yang menghujat film berdurasi 106 menit ini. Jajaran cast dan pengisi suara yang bernama besar ternyata tidak membuat Dolittle luar biasa. Bisa dibilang, ini film bermodal jumbo dengan kualitas yang biasa saja. Alias medioker. Seperti kondisi Manchester United dan AC Milan saat ini.

Bagi anak-anak, Dolittle sebenarnya tidak jelek-jelek amat. Meski efek visualnya kurang sempurna (di beberapa bagian ada yang terlihat seperti kartun), penampakan para binatang di film ini cukup lucu dan menggemaskan. Para bocah pasti banyak yang suka.

Namun, bagi orang dewasa, jalan cerita Dolittle mungkin cenderung membosankan dan membingungkan. Karena alurnya bukan hanya lambat, tapi juga campur aduk dan terkesan melompat-lompat. Begitu pula dengan unsur humornya. Yang bisa dibilang garing itu.

Ditambah lagi, akting RDJ sebagai Dolittle tampak setengah hati dan tidak mengesankan sama sekali. Seperti akting pacar kamu yang bilangnya lagi sibuk, tapi sebenarnya sudah bosan sama kamu itu. Hehe.. Tampaknya, RDJ masih belum bisa menikmati perannya seperti saat ia menjadi Iron Man dulu. I’m sorry 3000.

***

Dolittle

Sutradara: Stephen Gaghan
Produser: Joe Roth, Jeff Kirschenbaum, Susan Downey
Penulis Skenario: Stephen Gaghan, Dan Gregor, Doug Mand, Chris McKay
Pengarang Cerita: Thomas Shepherd
Berdasarkan: Doctor Dolittle by Hugh Lofting
Pemain: Robert Downey Jr., Antonio Banderas, Michael Sheen, Emma Thompson, Rami Malek, John Cena, Kumail Nanjiani, Octavia Spencer, Tom Holland, Craig Robinson, Ralph Fiennes, Selena Gomez, Marion Cotillard
Musik: Danny Elfman
Sinematografi: Guillermo Navarro
Editing: Craig Alpert, Nick Moore
Produksi: Team Downey, Roth Films, Perfect World Pictures
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 106 menit
Genre: Adventure, Comedy, Fantasy
Klasifikasi Usia: PG (SU)
Budget: USD 175 juta
Rilis: 15 Januari 2020 (Indonesia), 17 Januari 2020 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 21 Januari 2020)
Rotten Tomatoes – Tomatometer: 19% (Rotten)
Rotten Tomatoes – Audience Score: 76% (Fresh)
Metacritic: 27/100
CinemaScore: B
PostTrak: 3/5
IMDb: 5,6/10
Edwin Dianto (Filmania): 4/10 (D)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Review Film: Dolittle (2020)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s