Ulasan Film: The 79th Golden Globe Awards – 2022 Golden Globes Winners

Tidak ada karpet merah dalam ajang the 79th Golden Globe Awards. Oleh karena itu, kali ini, tidak ada lagi pesta selebriti dan ke-glamour-an seperti dalam edisi-edisi sebelumnya. Pada awal tahun 2022 ini, acara puncak Golden Globes memang dihelat dalam skala kecil. Bahkan, tidak ada lagi tayangan live prime time di televisi.

Hollywood Foreign Press Association (HFPA), selaku penyelenggara, memang tetap melangsungkan acara puncak the 79th Golden Globe Awards di Hotel Beverly Hilton, Los Angeles, California, pada 9 Januari 2022 yang lalu. Namun, meski demikian, karena tidak ada tayangan live di televisi, kali ini, para pemenang Golden Globes hanya diumumkan lewat media sosial dan situs resmi HFPA.

Pada tahun 2022 ini, skala Golden Globe Awards memang berubah drastis: Dari sebuah ajang penghargaan perfilman yang paling bergengsi di dunia, yang kedua setelah Academy Awards, berubah menjadi sebuah ajang penghargaan perfilman yang tak dianggap. Seperti aku. Yang ada, tapi tak kamu anggap. Setelah kita putus dulu. *kraaai* #curcol

Penurunan skala Golden Globe Awards pada tahun 2022 ini tidak bisa dilepaskan dari kontroversi yang menerpa HFPA pada Februari 2021 yang lalu. Kala itu, Los Angeles Times memberitakan bahwa penyelenggara Golden Globes tersebut bermasalah. Komposisi anggota HFPA dianggap tidak mewakili para jurnalis asing yang berbasis di Los Angeles. Alias tidak sesuai dengan nama organisasi tersebut. Selain itu, HFPA juga diduga telah melakukan praktik yang tidak etis dan suap dalam seleksi nominasi Golden Globes.

Sontak, pemberitaan Los Angeles Times pada Februari 2021 tadi membuat para sineas, aktor, aktris, rumah produksi dan distributor film melakukan boikot terhadap HFPA. Akibatnya, konsep Golden Globe Awards pun harus berubah total. Karena tidak ada lagi selebriti yang sudi menghadiri acaranya.

Dalam ajang Golden Globe Awards 2022 ini, sebagai pengganti karpet merah dan pesta selebriti yang ditiadakan, HFPA menggelar sebuah acara internal. Isinya: Paparan perubahan dan inisiatif yang mereka lakukan sepanjang 2021. HFPA menyatakan bakal bekerja sama dengan asosiasi nasional yang mendukung kemajuan dan kesetaraan kalangan dari latar belakang kulit berwarna, NAACP, untuk meningkatkan representasi beragam ras dan etnis. Selain itu, HFPA juga bakal menambah anggota dari kalangan jurnalis muda dan nonkulit putih.

Upaya HFPA untuk mewujudkan keberagaman dalam Golden Globe Awards yang ke-79, akhirnya, mendapat apresiasi dari dua orang selebriti kawakan. Yaitu: Arnold Schwarzenegger dan Jamie Lee Curtis. Mereka berdua “hadir” dalam Golden Globes 2022 lewat sebuah video pendek.

Dalam sambutannya, Arnold Schwarzenegger memuji HFPA. Menurutnya, HFPA sudah paham. Dalam mendukung ajang kesenian dan kreativitas, mereka harus mengelola suara-suara baru yang beragam dari semua kalangan. Bintang The Terminator (1984) tersebut mengaku sebagai salah seorang yang telah mendapatkan manfaat dari hal itu.

Sementara itu, seperti halnya Arnold Schwarzenegger, Jamie Lee Curtis juga mengapresiasi HFPA. Bintang Halloween (1978) tersebut ingin memberi penghormatan dan mendukung upaya kelanjutan advokasi yang telah dilakukan oleh HFPA. Dia merasa bangga telah bekerja sama dengan mereka dalam usaha tersebut.

Upaya HFPA untuk mewujudkan keberagaman memang mulai tercermin dalam daftar pemenang Golden Globe Awards 2022. Salah satunya lewat O Yeong-su. Yang tercatat sebagai aktor Korea pertama yang memenangkan kategori individu dalam Golden Globes.

Dalam pernyataan resminya via Netflix, O Yeong-su mengucapkan terima kasih kepada Golden Globe Awards. Menurut pemeran Oh Il-nam dalam serial superpopuler Squid Game (2021) tersebut, penghargaan yang ia terima merupakan apresiasi buat industri film dan budaya Korea. Selain itu, pemenang Aktor Pendukung Terbaik (kategori Serial Drama Televisi) tersebut juga menjelaskan, Squid Game telah memberikan persepsi bahwa setiap individu memiliki semestanya sendiri.

Selain lewat O Yeong-su, keberagaman dalam daftar pemenang Golden Globe Awards 2022 juga tercermin lewat Michaela Jae Rodriguez. Berkat aktingnya dalam serial Pose (2018) musim ketiga, aktris transgender tersebut berhasil menyabet trofi Aktris Terbaik (kategori Serial Drama Televisi). Yang sekaligus menjadi kemenangan pertamanya dalam Golden Globes.

Yang menarik, kemenangan Michaela Jae Rodriguez dalam Golden Globe Awards 2022 sekaligus menjadi kemenangan pertama seorang aktris transgender sepanjang sejarah Golden Globes. Cewek kelahiran 7 Januari 1991 tersebut kemudian merayakan kemenangannya lewat media sosial.

Menurut Michaela Jae Rodriguez, kemenangannya dalam Golden Globe Awards 2022 adalah pintu yang membuka pintu lainnya bagi individu-individu muda bertalenta. Mereka akan melihat bahwa segalanya lebih dari mungkin. Mereka bakal melihat seorang perempuan kulit hitam Latin dari Newark, New Jersey, yang memiliki mimpi untuk mengubah pikiran orang lain dengan cinta. “LOVE WINS,” tulisnya di media sosial.

Selain O Yeong-su dan Michaela Jae Rodriguez, yang juga berjaya dalam kategori Televisi Golden Globe Awards 2022 adalah Succession (2018). Sesuai dengan judulnya, serial drama komedi satire yang tayang di HBO tersebut memang benar-benar sukses: Menyabet tiga trofi Golden Globes. Terbanyak bila dibandingkan dengan serial-serial lainnya. Termasuk, mengalahkan serial komedi andalan Apple TV+: Ted Lasso (2020).

Selain menjadi Serial Drama Televisi Terbaik dalam Golden Globe Awards 2022, Succession musim ketiga juga berhasil mengantarkan dua bintangnya, Jeremy Strong dan Sarah Snook, memboyong trofi individu Aktor Drama dan Aktris Pendukung Serial Televisi Terbaik. Namun, meski demikian, sayangnya, untuk kategori Aktor Pendukung Serial Televisi Terbaik, Succession gagal mengantarkan Kieran Culkin sebagai pemenang. Padahal, dua musim sebelumnya, ia juga gagal menang.

Sementara itu, untuk kategori Film, West Side Story (2021) berhasil meraih kemenangan besar dalam ajang Golden Globe Awards 2022 ini. Film musikal garapan Steven Spielberg tersebut mampu memboyong tiga trofi dari empat nominasi. Yaitu: Film Musikal/Komedi Terbaik, Aktris Musikal/Komedi Terbaik, dan Aktris Pendukung Terbaik.

Salah satu aktris yang menyumbangkan kemenangan untuk West Side Story dalam Golden Globe Awards 2022 adalah Ariana DeBose. Menurut pemenang Aktris Pendukung Terbaik (kategori Film) tersebut, meski sudah melakukan perubahan, HFPA masih butuh perbaikan. Namun, meski demikian, dia tetap merasa kemenangannya dalam Golden Globes merupakan sesuatu yang spesial.

Sementara itu, pemenang Aktris Musikal/Komedi Terbaik (kategori Film), Rachel Zegler, memilih untuk tidak mengkritisi HFPA. Selain itu, seperti halnya Ariana DeBose, dia juga merasa kemenangannya dalam ajang Golden Globe Awards 2022 ini terasa spesial.

Yang menarik, Rachel Zegler mengungkap, dia terpilih sebagai pemeran Maria dalam West Side Story pada 9 Januari 2019. Dan, uniknya, dia memenangkan trofi Golden Globe Awards atas penampilannya tersebut pada 9 Januari 2022. Atau tepat tiga tahun setelahnya. “Hidup begitu aneh,” tulisnya di media sosial.

Btw, satu-satunya nominasi Golden Globe Awards 2022 yang gagal dimenangkan oleh West Side Story adalah kategori Sutradara Terbaik. Pemenangnya adalah sutradara film Netflix The Power of the Dog (2021): Jane Campion.

Dalam ajang Golden Globe Awards yang ke-79 ini, West Side Story memang bersaing ketat dengan The Power of the Dog. Film adaptasi novel yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch tersebut berhasil memboyong tiga trofi dari tujuh nominasi. Salah satunya disumbangkan oleh Kodi Smit-McPhee. Yang menjadi pemenang Aktor Pendukung Terbaik (kategori Film).

Demikianlah sekelumit ulasan tentang ajang Golden Globe Awards ke-79. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar pemenangnya:

Kategori Film

BEST MOTION PICTURE – DRAMA
BELFAST
CODA
DUNE
KING RICHARD
THE POWER OF THE DOG (Winner)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTRESS IN A MOTION PICTURE – DRAMA
JESSICA CHASTAIN (THE EYES OF TAMMY FAYE)
OLIVIA COLMAN (THE LOST DAUGHTER)
NICOLE KIDMAN (BEING THE RICARDOS) (Winner)
LADY GAGA (HOUSE OF GUCCI)
KRISTEN STEWART (SPENCER)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTOR IN A MOTION PICTURE – DRAMA
MAHERSHALA ALI (SWAN SONG)
JAVIER BARDEM (BEING THE RICARDOS)
BENEDICT CUMBERBATCH (THE POWER OF THE DOG)
WILL SMITH (KING RICHARD) (Winner)
DENZEL WASHINGTON (THE TRAGEDY OF MACBETH)

BEST MOTION PICTURE – MUSICAL OR COMEDY
CYRANO
DON’T LOOK UP
LICORICE PIZZA
TICK, TICK…BOOM!
WEST SIDE STORY (Winner)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTRESS IN A MOTION PICTURES – MUSICAL OR COMEDY
MARION COTILLARD (ANNETTE)
ALANA HAIM (LICORICE PIZZA)
JENNIFER LAWRENCE  (DON’T LOOK UP)
EMMA STONE (CRUELLA)
RACHEL ZEGLER (WEST SIDE STORY) (Winner)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTOR IN A MOTION PICTURES – MUSICAL OR COMEDY
LEONARDO DICAPRIO (DON’T LOOK UP)
PETER DINKLAGE (CYRANO)
ANDREW GARFIELD (TICK, TICK…BOOM!) (Winner)
COOPER HOFFMAN (LICORICE PIZZA)
ANTHONY RAMOS  (IN THE HEIGHTS)

BEST MOTION PICTURE – ANIMATED
ENCANTO (Winner)
FLEE
LUCA
MY SUNNY MAAD
RAYA AND THE LAST DRAGON

BEST MOTION PICTURE – NON-ENGLISH LANGUAGE (FORMERLY FOREIGN LANGUAGE)
COMPARTMENT NO. 6  (FINLAND / RUSSIA / GERMANY)
DRIVE MY CAR  (JAPAN) (Winner)
THE HAND OF GOD (ITALY)
A HERO (FRANCE / IRAN)
PARALLEL MOTHERS (SPAIN)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTRESS IN A SUPPORTING ROLE IN ANY MOTION PICTURE
CAITRIONA BALFE (BELFAST)
ARIANA DEBOSE (WEST SIDE STORY) (Winner)
KIRSTEN DUNST (THE POWER OF THE DOG)
AUNJANUE ELLIS (KING RICHARD)
RUTH NEGGA (PASSING)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTOR IN A SUPPORTING ROLE IN ANY MOTION PICTURE
BEN AFFLECK (THE TENDER BAR)
JAMIE DORNAN  (BELFAST)
CIARÁN HINDS (BELFAST)
TROY KOTSUR (CODA)
KODI SMIT-MCPHEE (THE POWER OF THE DOG) (Winner)

BEST DIRECTOR – MOTION PICTURE
KENNETH BRANAGH (BELFAST)
JANE CAMPION (THE POWER OF THE DOG) (Winner)
MAGGIE GYLLENHAAL (THE LOST DAUGHTER)
STEVEN SPIELBERG (WEST SIDE STORY)
DENIS VILLENEUVE (DUNE)

BEST SCREENPLAY – MOTION PICTURE
PAUL THOMAS ANDERSON (LICORICE PIZZA)
KENNETH BRANAGH (BELFAST) (Winner)
JANE CAMPION  (THE POWER OF THE DOG)
ADAM MCKAY (DON’T LOOK UP)
AARON SORKIN  (BEING THE RICARDOS)

BEST ORIGINAL SCORE – MOTION PICTURE
ALEXANDRE DESPLAT (THE FRENCH DISPATCH)
GERMAINE FRANCO  (ENCANTO)
JONNY GREENWOOD (THE POWER OF THE DOG)
ALBERTO IGLESIAS (PARALLEL MOTHERS)
HANS ZIMMER (DUNE) (Winner)

BEST ORIGINAL SONG – MOTION PICTURE
“BE ALIVE” — KING RICHARD
Music by: Dixson, Beyoncé Knowles-Carter
Lyrics by: Dixson, Beyoncé Knowles-Carter
“DOS ORUGUITAS” — ENCANTO
Music by: Lin-Manuel Miranda
Lyrics by: Lin-Manuel Miranda
“DOWN TO JOY” — BELFAST
Music by: Van Morrison
Lyrics by: Van Morrison
“HERE I AM (SINGING MY WAY HOME)” — RESPECT
Music by: Carole King, Jennifer Hudson, Jamie Hartman
Lyrics by: Carole King, Jennifer Hudson, Jamie Hartman
“NO TIME TO DIE” — NO TIME TO DIE (Winner)
Music by: Billie Eilish, Finneas O’Connell
Lyrics by: Billie Eilish, Finneas O’Connell

Kategori Televisi

BEST TELEVISION SERIES – DRAMA
LUPIN
THE MORNING SHOW
POSE
SQUID GAME
SUCCESSION (Winner)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTRESS IN A TELEVISION SERIES – DRAMA
UZO ADUBA (IN TREATMENT)
JENNIFER ANISTON (THE MORNING SHOW)
CHRISTINE BARANSKI (THE GOOD FIGHT)
ELISABETH MOSS (THE HANDMAID’S TALE)
MICHAELA JAÉ RODRIGUEZ (POSE) (Winner)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTOR IN A TELEVISION SERIES – DRAMA
BRIAN COX (SUCCESSION)
LEE JUNG-JAE (SQUID GAME)
BILLY PORTER (POSE)
JEREMY STRONG (SUCCESSION) (Winner)
OMAR SY (LUPIN)

BEST TELEVISION SERIES – MUSICAL OR COMEDY
THE GREAT
HACKS (Winner)
ONLY MURDERS IN THE BUILDING
RESERVATION DOGS
TED LASSO

BEST PERFORMANCE BY AN ACTRESS IN A TELEVISION SERIES – MUSICAL OR COMEDY
HANNAH EINBINDER (HACKS)
ELLE FANNING  (THE GREAT)
ISSA RAE (INSECURE)
TRACEE ELLIS ROSS (BLACK-ISH)
JEAN SMART (HACKS) (Winner)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTOR IN A TELEVISION SERIES – MUSICAL OR COMEDY
ANTHONY ANDERSON (BLACK-ISH)
NICHOLAS HOULT (THE GREAT)
STEVE MARTIN (ONLY MURDERS IN THE BUILDING)
MARTIN SHORT  (ONLY MURDERS IN THE BUILDING)
JASON SUDEIKIS (TED LASSO) (Winner)

BEST TELEVISION LIMITED SERIES, ANTHOLOGY SERIES OR MOTION PICTURE MADE FOR TELEVISION
DOPESICK
IMPEACHMENT: AMERICAN CRIME STORY
MARE OF EASTTOWN
THE UNDERGROUND RAILROAD (Winner)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTRESS IN A LIMITED SERIES, ANTHOLOGY SERIES, OR A MOTION PICTURE MADE FOR TELEVISION
JESSICA CHASTAIN (SCENES FROM A MARRIAGE)
CYNTHIA ERIVO (GENIUS: ARETHA)
ELIZABETH OLSEN (WANDAVISION)
MARGARET QUALLEY (MAID)
KATE WINSLET (MARE OF EASTTOWN) (Winner)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTOR IN A LIMITED SERIES, ANTHOLOGY SERIES, OR A MOTION PICTURES MADE FOR TELEVISION
PAUL BETTANY (WANDAVISION)
OSCAR ISAAC (SCENES FROM A MARRIAGE)
MICHAEL KEATON (DOPESICK) (Winner)
EWAN MCGREGOR (HALSTON)
TAHAR RAHIM (THE SERPENT)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTRESS IN A SUPPORTING ROLE ON TELEVISION
JENNIFER COOLIDGE (THE WHITE LOTUS)
KAITLYN DEVER (DOPESICK)
ANDIE MACDOWELL (MAID)
SARAH SNOOK (SUCCESSION) (Winner)
HANNAH WADDINGHAM (TED LASSO)

BEST PERFORMANCE BY AN ACTOR IN A SUPPORTING ROLE ON TELEVISION
BILLY CRUDUP (THE MORNING SHOW)
KIERAN CULKIN (SUCCESSION)
MARK DUPLASS (THE MORNING SHOW)
BRETT GOLDSTEIN (TED LASSO)
O YEONG-SU (SQUID GAME) (Winner)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Ulasan Film: The 79th Golden Globe Awards – 2022 Golden Globes Winners

Leave a comment