Preview Film: Thank You for Your Service (2017)

Yang namanya perang memang lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Terutama, bagi para prajurit yang terlibat langsung di dalamnya. Hal itulah yang diangkat menjadi tema buku non-fiksi berjudul Thank You for Your Service. Karya jurnalis Amerika David Finkel.

Thank You for Your Service, sebenarnya, merupakan sekuel dari The Good Soldiers (2009). Setelah dipublikasikan pertama kali pada 1 Oktober 2013, buku berisi kisah nyata tersebut langsung mendapat sambutan positif dari para kritikus. Bahkan, berbagai penghargaan langsung didapat pada tahun itu juga. Antara lain: New York Times Book Review Notable Books of the Year dan NPR Best Book of the Year.

Sang penulis sendiri, David Louis Finkel, merupakan jurnalis yang cukup ternama. Pria berusia 62 tahun tersebut pernah mendapat penghargaan Pulitzer Prize pada 2006. Yakni, saat ia bertugas sebagai staff writer di The Washington Post.

Buku Thank You for Your Service sendiri mengangkat kisah nyata para prajurit anggota 2-16 Infantry Battalion. Yang bertugas di Baghdad, Irak, dari tahun 2007 hingga 2008. Yang, saat kembali ke kampung halaman di Amerika, mengalami kesulitan beradaptasi dengan keluarga dan lingkungan sekitar mereka. Akibat trauma perang.

Kesuksesan buku Thank You for Your Service kemudian membuat DreamWorks Pictures tertarik untuk mengangkatnya ke layar lebar. Awalnya, sang boss sendiri, Steven Spielberg, yang rencananya akan menjadi sutradaranya. Dengan mengusung bintang utama aktor kawakan Daniel Day-Lewis.

Namun, pada bulan Juni 2015 yang lalu, tersiar kabar bahwa Jason Dean Hall yang bakal membesut Thank You for Your Service. Yang bakal menjadi film debutnya sebagai sutradara. Sebelum ini, ia dikenal sebagai penulis skenario ulung. Yang pernah masuk nominasi Piala Oscars. Lewat film yang juga didasarkan pada kisah nyata seorang veteran perang: American Sniper (2014).

Setelah mendapatkan sutradaranya, yang kemudian terpilih sebagai aktor utama film ini adalah Miles Teller. Cowok ganteng yang sepintas mirip Mike Lewis tersebut memerankan karakter Sersan Adam Schumann. Yang mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD), atau gangguan stress pascatrauma, setelah pulang dari Irak.

Adam Schumann merasa kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan normal setelah kembali dari medan perang. Memori kelam peperangan benar-benar mengganggu kehidupannya bersama keluarga dan masyarakat sekitar di Fort Riley, Kansas.

Namun, untungnya, Adam Schumann, yang biasanya berjuang membela negara melawan musuh itu, tidak sendirian dalam berjuang melawan gangguan PTSD. Ada sang istri, Saskia (Haley Bennett), yang sangat setia menemani dan mendukungnya. Agar ia bisa kembali hidup normal.

Melalui film Thank You for Your Service ini, penonton memang akan dibawa ikut merasakan sisi lain kehidupan tentara. Yaitu, gangguan mental yang mereka alami pascaperang. Bagaimana rasanya jika kamu sudah berjuang membela negara, dengan mempertaruhkan jiwa dan raga, tapi setelah kembali kamu malah sulit beradaptasi dengan orang-orang yang sudah kamu perjuangkan?

Dan, hasilnya, setelah tayang di Amerika sejak 27 Oktober 2017 yang lalu, film rilisan Universal Pictures ini mendapat respon cukup positif dari para kritikus. Akting Miles Teller banyak dipuji. Ia dianggap mampu menampilkan sosok prajurit yang mengalami PTSD akibat perang. Penampilan apiknya membuat film ini sangat layak untuk ditonton. Bagi yang penasaran, Thank You For Your Service, saat ini, sedang diputar di bioskop-bioskop CGV Cinemas Indonesia.

***

Thank You for Your Service

Sutradara: Jason Hall
Produser: Jon Kilik
Penulis Skenario: Jason Hall
Berdasarkan: Thank You for Your Service by David Finkel
Pemain: Miles Teller, Haley Bennett, Joe Cole, Amy Schumer, Beulah Koale, Scott Haze
Musik: Thomas Newman
Sinematografi: Roman Vasyanov
Penyunting: Jay Cassidy, Dino Jonsäter
Produksi: DreamWorks Pictures, Reliance Entertainment, Rahway Road Productions
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 108 menit
Budget: USD 20 juta
Rilis: 15 Oktober 2017 (Heartland), 27 Oktober 2017 (Amerika Serikat), 3 Nopember 2017 (Indonesia)

Rating (hingga 9 November 2017)
IMDb: 6,5/10
Rotten Tomatoes: 78%
Metacritic: 68/100
CinemaScore: A-

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Thank You for Your Service (2017)

Leave a comment