Ulasan Film: The LEGO Movie 2: The Second Part (2019)

Berbeda dari Disney, Warner Bros. Pictures tidak memiliki rekam jejak yang kuat dalam memproduksi film-film animasi layar lebar. Meski punya divisi Warner Bros. Animation, yang berdiri sejak 1980, salah satu studio terbesar di Hollywood tersebut hanya fokus membuat film-film animasi untuk televisi. Terutama, yang berkaitan dengan DC Comics dan Hanna-Barbera.

Namun, meski demikian, pada tahun 2013, Warner Bros. Pictures mulai merambah animasi layar lebar. Dengan mendirikan Warner Animation Group. Film pertama yang mereka produksi adalah The LEGO Movie (2014). Yang kisahnya didasarkan pada mainan plastik legendaris asal Denmark: LEGO Construction Toys.

Dan, hasilnya, setelah dirilis pada bulan Februari 2014, The LEGO Movie mampu meraih sukses secara komersial. Dengan bujet “hanya” USD 65 juta, film besutan duo sutradara Phil Lord dan Christopher Miller tersebut berhasil meraup pemasukan hingga USD 469 juta dari seluruh dunia.

Selain itu, The LEGO Movie juga mendapat respon sangat positif dari para kritikus. Mereka memuji visual style, humor, dan voice acting yang disajikan oleh film berdurasi 100 menit tersebut. Yang memang memukau. Serta pesan moralnya yang menyentuh hati. Maka dari itu, tak heran, akhirnya, The LEGO Movie dinobatkan sebagai Film Animasi Terbaik dalam ajang BAFTA dan Critics’ Choice Awards. Serta masuk nominasi dalam ajang Golden Globe Awards.

Setelah itu, kesuksesan The LEGO Movie segera diikuti oleh dua spin-off-nya. Yaitu: The LEGO Batman Movie dan The LEGO Ninjago Movie. Dua-duanya dirilis pada tahun 2017. Dan, seperti film pertamanya, juga mendapat respon positif dari para kritikus dan cukup sukses secara komersial.

Pada tahun 2019 ini, Warner Bros. Pictures kembali merilis film dari franchise animasi The LEGO Movie. Film yang merupakan sekuel dari film yang pertama ini disutradarai oleh Mike Mitchell. Dengan judul The LEGO Movie 2: The Second Part. Film animasi LEGO yang keempat ini mulai tayang di seluruh dunia pada hari Jumat (8/2) ini.

The LEGO Movie 2: The Second Part merupakan lanjutan langsung dari The LEGO Movie. Kisahnya ber-setting lima tahun setelah kejadian dalam film yang pertama. Selain itu, tokoh utamanya juga masih sama. Yaitu: Master Builder Emmet Brickowski. Yang suaranya kembali diisi oleh Chris Pratt.

Dalam The LEGO Movie 2: The Second Part, dikisahkan, Emmet harus kembali bersatu dengan Lucy Wyldstyle (Elizabeth Banks), Batman (Will Arnett), dan para superhero lainnya untuk menyelamatkan kota tempat tinggal mereka: Bricksburg. Yang, dikisahkan, sudah hancur berantakan. Bahkan, nama kota tersebut sudah berubah menjadi Apocalypseburg. Setelah diserang oleh DUPLO. Alias alien LEGO penjajah dari luar angkasa.

Untuk mengalahkan DUPLO dan memulihkan keharmonisan LEGO Universe, dikisahkan, Emmet dkk harus bertualang ke dunia yang jauh. Yang belum pernah mereka jelajahi sebelumnya. Yaitu, ke sebuah galaksi yang aneh. Yang disebut Systar System. Di sana, ada sebuah kota musikal yang bernama Harmony Town. Yang suasananya dikisahkan begitu membahagiakan dan menyenangkan. Karena para penghuninya suka menari dan menyanyi di mana pun mereka berada.

Dalam film yang pertama dulu, dikisahkan, Emmet harus menghadapi Lord Business (Will Ferrell). Dalam The LEGO Movie 2: The Second Part, yang menjadi villain adalah ratu alien dari Systar System: Queen Watevra Wa’Nabi (Tiffany Haddish). Yang, dikisahkan, memiliki kemampuan shape-shifting. Alias mengubah bentuk tubuh. Selain itu, juga ada seorang intergalactic mini-doll wanita yang jahat: General Sweet Mayhem (Stephanie Beatriz). Yang, dikisahkan, memimpin pasukan Systar System Army. Yang sekaligus menjadi pengikut setia Queen Watevra Wa’Nabi.

Selain itu, dalam The LEGO Movie 2: The Second Part, dikisahkan, Emmet juga bertemu dengan tokoh baru yang suaranya juga diisi oleh Chris Pratt. Namanya: Rex Dangervest. Sosok misterius tersebut, dikisahkan, merupakan arkeolog, koboi, dan sekaligus pelatih dinosaurus raptor.

Iya, bagi yang penasaran, karakter Rex Dangervest memang terinspirasi dari gabungan beberapa karakter ikonik yang pernah diperankan oleh Chris Pratt. Mulai dari Star-Lord-nya Guardians of the Galaxy (2014), Owen Grady-nya Jurassic World (2015), Joshua Faraday-nya The Magnificent Seven (2016), hingga Indiana Jones. Rumornya, Indiana Jones memang bakal diperankan oleh Chris Pratt untuk versi film terbarunya nanti.

Selain Chris Pratt, The LEGO Movie 2: The Second Part juga didukung oleh berbagai aktor terkenal sebagai pengisi suaranya. Yaitu: Elizabeth Banks, Will Arnett, Tiffany Haddish, Will Ferrell, Channing Tatum, Jonah Hill, Gal Gadot, Jason Momoa, Margot Robbie, dan Ralph Fiennes. Beberapa di antara mereka, bahkan, sudah tampil sejak film yang pertama dulu.

Di samping itu, yang menarik, dalam daftar pengisi suara The LEGO Movie 2: The Second Part, juga ada Bruce Willis sebagai cameo. Sutradara Mike Mitchell mengaku tidak menyangka aktor kawakan tersebut berkenan ambil bagian. Meski ia hanya tampil dalam dua adegan. Dalam film komedi animasi berdurasi 107 menit ini, mantan suami Demi Moore tersebut memerankan karakter polisi legendaris yang dulu melambungkan namanya. Yaitu: John McClane dari franchise film Die Hard (1988).

Sementara itu, di lain pihak, karakter Garry Potter, yang suaranya diisi oleh Daniel Radcliffe, terpaksa dihilangkan oleh Mike Mitchell. Alasannya, ia tidak mau menyinggung perasaan para fans Harry Potter. Karena karakternya dalam The LEGO Movie 2: The Second Part memang terkesan mengolok-olok karakter penyihir ababil tersebut.

Namun, meski demikian, The LEGO Movie 2: The Second Part tetap menampilkan karakter Larry Poppins (suaranya diisi oleh Jorma Taccone). Yang merupakan parodi dari salah satu tokoh andalan Disney: Mary Poppins. Film terbarunya, Mary Poppins Returns, baru saja tayang pada akhir tahun 2018 yang lalu.

Seperti dalam film pertamanya dulu, The LEGO Movie 2: The Second Part juga menampilkan banyak tokoh terkenal sebagai cameo. Tercatat, ada 523 karakter yang muncul. Yang semuanya berbentuk balok plastik mainan. Uniknya, balok-balok tersebut tidak hanya berbentuk kotak. Ada lebih dari 3000 bentuk balok yang menjadi bagian dari film yang teknik animasinya dibesut oleh Trisha Gum ini. MetalBeard, yang suaranya diisi oleh Nick Offerman, adalah tokoh yang paling banyak susunan baloknya.

Dalam trailer The LEGO Movie 2: The Second Part yang dirilis beberapa waktu yang lalu, terlihat teknik animasi komputer canggih yang membuat gerakan balok-balok LEGO terkesan alami. Balok-balok LEGO tersebut seakan-akan hidup. Bahkan, bisa menyanyi dan menari. Selain itu, aksi para balok LEGO tersebut juga tampak semakin memukau dengan iringan lagu-lagu yang riang.

Btw, sebenarnya, The LEGO Movie 2: The Second Part dijadwalkan untuk rilis pertama kali pada 26 Mei 2017. Namun, jadwal rilisnya kemudian diundur menjadi 18 Mei 2018, lalu ditunda lagi. Hingga, akhirnya, resmi dirilis pada 8 Februari 2019 ini. Sebelum dirilis secara global, Warner Bros. Pictures sempat mengadakan one-day previews. Di 500 bioskop di Amerika. Pada 26 Januari 2019 yang lalu.

Dan, hasilnya, para kritikus yang sudah menonton preview tadi memberi respon cukup positif. Memang, secara overall, The LEGO Movie 2: The Second Part tidak sebaik film pendahulunya. Namun, film yang kedua ini dianggap mampu mempertahankan unsur humornya yang menghibur, voice acting-nya yang ciamik, dan visualisasi animasinya yang memukau. Selain itu, The LEGO Movie 2 juga tetap menyajikan kisah yang menyentuh perasaan.

***

The LEGO Movie 2: The Second Part

Sutradara: Mike Mitchell
Produser: Dan Lin, Phil Lord, Christopher Miller, Roy Lee, Jinko Gotoh
Penulis Skenario: Phil Lord, Christopher Miller
Pengarang Cerita: Phil Lord, Christopher Miller, Matthew Fogel
Berdasarkan: LEGO Construction Toys
Pemain: Chris Pratt, Elizabeth Banks, Will Arnett, Tiffany Haddish, Stephanie Beatriz, Charlie Day, Alison Brie, Nick Offerman, Maya Rudolph
Musik: Mark Mothersbaugh
Penyunting: Clare Knight
Produksi: Warner Animation Group, LEGO System A/S, Rideback, Lord Miller Productions, Vertigo Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 107 menit
Genre: Action, Adventure, Animation, Comedy, Kids, Family
Kategori Usia: PG (SU)
Rilis: 7 Februari 2019 (Denmark), 8 Februari 2019 (Indonesia & Amerika Serikat)

Rating (hingga 7 Februari 2019)
IMDb: 7,5/10
Rotten Tomatoes: 90%
Metacritic: 64/100

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Ulasan Film: The LEGO Movie 2: The Second Part (2019)

Leave a comment