Review Film: Encanto (2021)

Dalam bahasa Spanyol, Encanto berarti kekuatan pesona. Kata itulah yang dipakai oleh Walt Disney Pictures sebagai salah satu judul film animasi musikal mereka. Yang dirilis di bioskop pada 24 November 2021 yang lalu. Yang kisahnya banyak terinspirasi dari novel-novel realisme magis karya sastrawan legendaris Kolombia: Gabriel Garcia Marquez.

Sesuai dengan judulnya, film produksi Walt Disney Animation Studios yang ke-60 ini menceritakan kisah keluarga magis Madrigal yang luar biasa. Yang hidup tersembunyi di suatu tempat yang menakjubkan dan penuh pesona. Yang disebut Encanto. Yang dikisahkan terletak di pegunungan Kolombia, Amerika Selatan.

Kisah Encanto sendiri berpusat pada sosok Mirabel Madrigal (Stephanie Beatriz): Satu-satunya anak “biasa” dalam keluarga Madrigal yang luar biasa. Film berdurasi 99 menit ini mengisahkan perjalanan Maribel dalam memahami keluarganya dan dirinya sendiri. Serta upayanya dalam menemukan cara untuk “menyembuhkan” keluarga Madrigal.

Keluarga Madrigal, yang dipimpin oleh sang Abuela (alias nenek), Alma Madrigal (Maria Cecilia Botero), memang dikisahkan memiliki kekuatan magis. Setiap anggota keluarga tersebut mempunyai kemampuan supranatural. Mulai dari memiliki fisik yang superkuat hingga mampu menyembuhkan segala macam penyakit dan membuat bunga-bunga bermekaran.

Di antara para anggota keluarga Madrigal, hanya Mirabel Madrigal yang tidak mendapat berkah kekuatan supranatural. Gadis manis tersebut tidak memiliki kesaktian apapun. Namun, meski demikian, akhirnya, justru dialah yang mampu mengatasi masalah besar yang dihadapi oleh keluarga magis tersebut.

Btw, berbicara mengenai karakter Mirabel Madrigal dalam Encanto, salah satu fakta yang menarik, dia merupakan putri ke-14 dalam jajaran Disney Princess. Dan sekaligus menjadi sosok Putri Disney pertama yang berlatar belakang Amerika Latin. Tepatnya, Kolombia.

Hal lain yang juga menarik, karena kisah Encanto mengangkat budaya Kolombia, hampir seluruh pengisi suara dalam film animasi berbujet USD 150 juta ini merupakan aktor kelahiran ataupun memiliki darah Kolombia. Selain itu, seluruh pengisi suaranya juga ikut men-dubbing versi film bahasa Spanyolnya.

Sutradara Jared Bush mengungkap, proses produksi Encanto melibatkan lebih dari 700 orang. Penggarapan film animasi ini dibantu oleh lembaga konservasi budaya Kolombia: Colombia Cultural Trust. Untuk risetnya, tim produksi dari Walt Disney Animation Studios hanya memiliki kesempatan satu kali karena terhalang oleh pandemi Covid-19.

Selain mengangkat budaya Kolombia, Encanto juga dihiasi oleh musik khas Amerika Latin. Sebagai pembuat lagu-lagunya, Walt Disney Animation Studios menggandeng komposer ternama Lin-Manuel Miranda. Yang, sejatinya, sudah mendapat tawaran sejak 2016, tapi baru mulai mengerjakannya pada 2020.

Di Amerika, Encanto dirilis oleh Walt Disney Studios pada 24 November 2021 yang lalu. Bertepatan dengan momen liburan Thanksgiving. Penulis skenario Charise Castro Smith menyatakan, dia bersyukur film animasi ini bisa dirilis pada saat liburan. Karena membuatnya bisa disaksikan oleh seluruh keluarga.

Dari segi cerita, Encanto memang ditujukan untuk seluruh keluarga. Menurut Charise Castro Smith, film animasi ini mengisahkan tentang keindahan dan kesulitan dalam sebuah keluarga. Dia berharap, film yang naskahnya juga ditulis oleh Jared Bush ini bisa membawa setitik kebahagiaan bagi penontonnya.

Encanto memang menyajikan cerita yang apik. Kisahnya menyenangkan dan sekaligus mengharukan. Bisa dibilang, film ini membawa suasana baru di jajaran film-film animasi Disney. Plotnya kreatif, fresh, dan lebih kompleks daripada dongeng. Menurut Jared Bush, tim produksi memang berusaha mengupas cerita dari banyak sudut pandang. Karena mereka ingin cerita film ini menghadirkan sesuatu yang baru.

Oleh karena itu, tak heran, setelah Encanto dirilis di bioskop, para kritikus banyak yang memberikan pujian. Terutama, dalam aspek visual, emosional, dan penceritaannya. Bahkan, banyak kritikus yang menilai, film karya Jared Bush dan Byron Howard ini merupakan film animasi Disney terbaik setelah Frozen (2013).

Bagi yang dulu belum sempat menonton Encanto di bioskop, atau ingin menonton ulang, saat ini filmnya bisa dinikmati di layanan streaming Disney+ Hotstar. Selamat bertemu dengan keluarga magis Madrigal!

***

Encanto

Sutradara: Jared Bush, Byron Howard
Penulis Skenario: Charise Castro Smith, Jared Bush
Pengarang Cerita: Jared Bush, Byron Howard, Charise Castro Smith, Jason Hand, Nancy Kruse, Lin-Manuel Miranda
Produser: Yvett Merino, Clark Spencer
Pemeran: Stephanie Beatriz, María Cecilia Botero, John Leguizamo, Mauro Castillo, Jessica Darrow, Angie Cepeda, Carolina Gaitán, Diane Guerrero, Wilmer Valderrama
Sinematografi: Nathan Warner (layout), Alessandro Jacomini, Daniel Rice (lighting)
Penyunting: Jeremy Milton
Musik: Germaine Franco
Perusahaan Produksi: Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
Negara: Amerika Serikat
Bahasa: Inggris, Spanyol
Durasi: 99 menit
Genre: Animation, Musical, Fantasy, Comedy, Family
Klasifikasi Usia: PG (Amerika Serikat), SU (Indonesia)
Tanggal Rilis: 3 November 2021 (El Capitan Theatre), 24 November 2021 (Indonesia & Amerika Serikat)
Anggaran: USD 150 juta
Box Office: USD 256 juta (hingga 6 Agustus 2023)

Rating (hingga 6 Agustus 2023)
Rotten Tomatoes — Tomatometer: 92% (Certified Fresh)
Rotten Tomatoes — Audience Score: 93℅ (Fresh)
Metacritic — Metascore: 75 (Generally Favorable Reviews)
Metacritic — User Score: 7.0 (Generally Favorable Reviews)
CinemaScore: A
PostTrak: 88%
IMDb: 7.2/10
Letterboxd: 3.5
Edwin Dianto [Filmania]: 5/5 [A] (Highly Recommended Movie)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Review Film: Encanto (2021)

Leave a comment