Preview Film: Havenhurst (2016)

Saw (2004) dikenal sebagai salah satu franchise film horror paling sadis yang pernah dibuat. Kreatornya adalah seorang sineas asal Malaysia: James Wan. Yang, akhir-akhir ini, namanya semakin booming setelah merilis franchise film horror Insidious (2011) dan The Conjuring (2013) itu.

Selain James Wan, sebenarnya, juga ada sosok yang sangat berperan dalam kesuksesan Saw. Yang, akhirnya, dibuat hingga delapan film itu. Yakni, seorang sineas berusia 57 tahun yang bernama Mark Burg. Yang bertindak sebagai produsernya. Mulai dari Saw (2004) hingga Saw 3D (2010).

Pada 2016 yang lalu, Mark Burg kembali menelurkan sebuah film horror. Yang berjudul Havenhurst. Film ini disutradarai oleh Andrew C. Erin. Yang, sebelumnya, sudah pernah menghasilkan sebuah film horror bertajuk Sam’s Lake (2006).

Havenhurst sendiri sudah tayang di Amerika Serikat pada Februari 2017 yang lalu. Namun, meski demikian, film ini baru diputar di bioskop-bioskop Indonesia (Cinemaxx Theater, CGV Cinemas, dan Platinum Cineplex) pada hari Rabu (31/5) kemarin.

Kisah film Havenhurst ini berfokus pada seorang cewek cantik: Jackie (Julie Benz). Yang dikisahkan baru saja keluar dari pusat rehabilitasi kecanduan alkohol. Dia dikisahkan kerap mabuk-mabukan. Karena merasa bersalah setelah kehilangan putrinya. Dalam sebuah kecelakaan mobil. Delapan tahun sebelumnya.

Setelah dinyatakan bebas dari ketergantungan terhadap minuman keras, Jackie kemudian diberi kesempatan kedua. Dan pekerjaan baru. Selain itu, dia juga mendapat sebuah tempat tinggal baru. Yaitu, di sebuah kompleks apartemen bergaya gothic: Havenhurst. Yang dikisahkan berlokasi di Tudor City, New York.

Havenhurst sendiri didirikan pada awal abad ke-21. Dan dihuni oleh 3000 orang. Kompleks apartemen tersebut, sebenarnya, dikisahkan sebagai sebuah bangunan yang indah. Dan terawat. Selain itu, harga sewanya juga fleksibel. Bukan DP nol persen, melainkan tergantung seberapa mampu si penghuninya dalam membayar. Aturannya pun cukup sederhana: Asalkan berkelakuan baik, bisa tinggal selamanya.

Namun, meski demikian, di balik segala kenyamanannya tadi, ternyata, Havenhurst dikisahkan menyimpan sebuah rahasia gelap. Jackie, yang dikisahkan masih dibayangi oleh kematian putrinya, dengan mudah tertarik pada misteri kelam di rumah susun tersebut. Terutama, misteri tentang kasus hilangnya seorang cewek bernama Danielle (Danielle Harris). Yang dikisahkan pernah menjadi temannya di pusat rehabilitasi kecanduan alkohol. Yang, sebelumnya, menghuni apartemen yang dia tinggali.

Dengan dibantu oleh seorang detektif polisi bernama Tim (Josh Stamberg), dan seorang anak yatim piatu bernama Sarah (Belle Shouse), Jackie pun berusaha untuk menghadapi kekuatan jahat yang sudah lama menjadi “penunggu” Havenhurst. Selain itu, dia juga dikisahkan harus melawan kuasa gelap dari dalam dirinya sendiri.

Btw, kabarnya, judul Havenhurst dipilih karena mengandung dua huruf H. Mirip dengan H.H. Holmes. Yang namanya disebut-sebut dalam film berdurasi 84 menit ini. Sosok bernama lengkap Dr. Henry Howard Holmes tersebut merupakan seorang pembunuh berantai pertama yang berhasil didokumentasikan. Yang dulu hidup di Amerika Serikat pada tahun 1890-an.

Oleh karena itu, awalnya, Havenhurst cukup bikin penasaran. Namun, meski demikian, sayangnya, setelah tayang terbatas di Amerika pada Februari 2017 yang lalu, film produksi Twisted Pictures ini mendapat respon negatif dari sejumlah kritikus. Havenhurst dianggap tidak menawarkan sesuatu yang baru. Terutama, dalam genre house of horror.

***

Havenhurst

Sutradara: Andrew C. Erin
Produser: Andrew C. Erin, Mark Burg
Penulis Skenario: Andrew C. Erin, Daniel Farrands
Pemain: Julie Benz, Fionnula Flanagan, Danielle Harris
Musik: Tomandandy
Sinematografi: Thomas Hencz
Penyunting: Todd Zelin
Produksi: Twisted Pictures
Distributor: Brainstorm Media
Durasi: 84 menit
Rilis: 10 Februari 2017 (Amerika Serikat), 31 Mei 2017 (Indonesia)

Rating (hingga 1 Juni 2017)
IMDb: 5/10
Rotten Tomatoes: 30%

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Havenhurst (2016)

Leave a comment