Preview Film: Inhumans (2017)

Sejak diakuisisi oleh The Walt Disney Company satu dekade silam, Marvel terus mengembangkan sayap mereka di layar lebar. Setelah sukses dengan The Avengers (2012) dan Guardians of the Galaxy (2014), pesaing DC Comics tersebut kembali merilis film geng superhero lainnya. Yaitu: Inhumans. Yang mulai tayang di bioskop pada hari Jumat (1/9) kemarin, tapi hanya khusus di layar IMAX.

Proyek film Inhumans ini, sebenarnya, sudah terdengar sejak dua tahun yang lalu. Rencananya, film yang mengisahkan kelompok superhero peranakan alien ini bakal dirilis pada tahun 2018. Namun, sayangnya, planning tersebut harus dibatalkan.

Salah satu penyebabnya, keberhasilan Marvel Studios menarik kembali Spider-Man dari tangan Sony Pictures. Yang membuat film Inhumans terpaksa mengalah. Slot yang menjadi jatah Inhumans kemudian diduduki oleh Spider-Man: Homecoming (2017). Yang sudah tayang di bioskop pada bulan Juli yang lalu itu.

Alhasil, Inhumans pun harus rela turun kasta: Dengan hanya menjadi serial televisi. Yang terdiri dari delapan episode untuk musim pertamanya. Akan tetapi, para fans tak perlu kecewa. Sebab, Marvel memutuskan untuk merilis dua episode perdana Inhumans, yang berjudul “The First Chapter”, di bioskop. Tepatnya, di layar IMAX.

Inhumans pun mencetak rekor: Sebagai serial pertama yang ditampilkan dalam format IMAX. Rencananya, dua eposide awal ini bakal tayang di bioskop selama dua pekan. Setelah itu, episode-episode selanjutnya akan disiarkan oleh stasiun televisi ABC. Mulai akhir bulan September ini.

The Inhumans sendiri merupakan salah satu kelompok superhero Marvel. Yang dibuat oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Yang pertama kali muncul dalam komik Fantastic Four Vol. 1 #45 (edisi Desember 1965).

Inhuman, sebenarnya, adalah manusia dengan kekuatan super. Yang diciptakan oleh ras alien berkulit biru: Kree. Sebagai pasukan untuk berperang melawan Skrulls. Ras alien berkulit hijau. Yang bisa berubah bentuk itu. Namun, karena satu dan lain hal, para Inhumans kemudian memberontak. Mereka menolak menjadi bawahan bangsa Kree.

Pemimpin dari para Inhumans adalah Black Bolt (Anson Mount). Yang merupakan raja dari Inhuman Royal Family. Yang kekuatannya, selain mampu mengendalikan elektron, juga terletak pada gelombang suaranya. Yang dahsyat itu.

Sekali saja Black Bolt bersuara, semua bangunan bisa hancur-lebur. Karena daya rusak dari suaranya tersebut, Black Bolt pun menjadi tokoh yang irit bicara. Bahkan, ia nyaris tidak pernah berbicara atau berbisik sekalipun.

Hal itu menjadi tantangan berat bagi Anson Mount. Yang berperan sebagai Black Bolt dalam serial Inhumans ini. Karena bukan hal yang mudah untuk memerankan karakter yang, bisa dibilang, “bisu” tersebut.

Awalnya, peran sebagai Black Bolt diincar oleh Vin Diesel. Bintang franchise Fast & Furious tersebut mengaku sudah deal. Dan sudah menjalani audisi untuk menjadi raja para Inhumans tersebut. Namun, sayangnya, Marvel Studios kemudian membatalkan proyek film Inhumans. Lalu mengubahnya menjadi serial televisi seperti sekarang ini.

Vin Diesel pun urung memerankan Black Bolt. Bahkan, kabarnya, Diesel sangat kecewa setelah proyek film Inhumans dibatalkan. Menurutnya, film tersebut berpotensi menjadi saga besar. Yang bakal membuat Marvel Cinematic Universe (MCU) semakin keren.

Dalam film-film MCU sebelumnya, The Inhumans memang belum pernah disebut-sebut. Namun, dalam serial televisi Marvel’s Agents of S.H.I.E.L.D. (2013), istilah “inhuman” sangat familiar. Bahkan, salah satu tokoh utamanya, Daisy Johnson (Chloe Bennet), adalah seorang Inhuman. Dengan nama julukan Quake.

Oleh karena itu, ada kemungkinan, serial Marvel’s Inhumans ini bakal di-crossover, alias dipertemukan, dengan Agents of S.H.I.E.L.D.. Apalagi, dalam dua episode perdananya, dikisahkan, para Inhumans melarikan diri. Lalu bersembunyi di Hawai’i. Setelah terjadi kudeta militer di tempat asal mereka: Attilan.

Namun, sayangnya, sejauh ini, belum ada respon dari para kritikus untuk serial Inhumans ini. Yang pasti, bagi para fans Marvel, dua episode pertama yang tayang di IMAX ini cukup sayang jika dilewatkan.

***

Inhumans (The First Chapter)

Sutradara: Roel Reiné
Produser: Jean Higgins
Penulis Skenario: Scott Buck
Berdasarkan: The Inhumans by Stan Lee, Jack Kirby
Pemain: Anson Mount, Iwan Rheon, Serinda Swan, Eme Ikwuakor, Isabelle Cornish, Ken Leung, Ellen Woglom, Sonya Balmores, Mike Moh
Musik: Sean Callery
Sinematografi: Jeff Jur
Produksi: ABC Studios
Distributor: IMAX Corporation
Durasi: 75 menit
Rilis: 1 September 2017 (Amerika Serikat & Indonesia)

Rating (hingga 1 September 2017)
IMDb: 6,5/10

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Inhumans (2017)

2 thoughts on “Preview Film: Inhumans (2017)

Leave a comment