Preview Film: The Huntsman: Winter’s War (2016)

Hollywood sedang memanjakan para penggemar dongeng pada bulan April ini. Setelah Disney merilis The Jungle Book (2016), Universal Pictures juga tak mau kalah: Dengan mengeluarkan The Huntsman: Winter’s War. Yang kisahnya diadaptasi dari fairy tale asal Jerman.

Cerita film yang dibesut oleh sutradara Cedric Nicolas-Troyan ini merupakan “sprekuel”. Alias sekuel dan sekaligus prekuel. Dari Snow White and the Huntsman (2012). Yang empat tahun lalu cukup sukses mencetak box office itu.

Ya, disebut prekuel karena The Huntsman: Winter’s War mengangkat kisah Eric the Huntsman (Chris Hemsworth) sebelum ia bertemu Snow White. Setelah itu, berubah menjadi sekuel. Karena ceritanya melompat tujuh tahun pasca pertemuannya dengan sang Putri Salju.

Dalam film ini, the Huntsman, dikisahkan, bahu-membahu dengan pujaan hatinya: Sara (Jessica Chastain). Untuk berjuang melawan the Ice Queen Freya (Emily Blunt). Dan kakaknya: The Evil Queen Ravenna (Charlize Theron). Yang bangkit dari kematian berkat the Magic Mirror.

Seperti halnya film Snow White, film The Huntsman ini juga mengangkat sosok wanita yang jago berperang dalam diri Sara. Yang berbeda dari karakter-karakter princess dalam dongeng-dongeng klasik lainnya. Yang, biasanya, lemah dan kemayu itu.

Film The Huntsman ini, mungkin, ingin mengulang kesuksesan Snow White. Yang digambarkan sebagai sosok Putri Salju yang tangguh. Yang dulu diperankan oleh Kristen Stewart itu. Yang mampu memikat perhatian penonton pada tahun 2012 itu.

Jessica Chastain pun dianggap cocok untuk memerankan Sara. Yang merupakan pacar pertama Eric itu. Menurut sang sutradara, Cedric Nicolas-Troyan, bintang Zero Dark Thirty (2012) tersebut mampu menampilkan akting yang dominan. Terutama, bila dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang lainnya.

Secara garis besar, plot cerita film berbujet USD 115 juta ini memang didominasi oleh sosok perempuan yang berkuasa. Masa lalu tokoh Ravenna, Freya, maupun Sara dikupas sejak awal. Ketiganya menunjukkan karakter wanita yang kuat. Yang mampu menguasai dunia yang didominasi oleh kaum pria.

Sementara itu, sebagai aktor utama dalam film berdurasi 114 menit ini, Chris Hemsworth mengaku tidak ada masalah dengan girls power tersebut. Bahkan, ia mengaku sangat nyaman. Cowok macho pemeran Thor (2011) tersebut mengungkap, dirinya adalah penganut paham feminis. Keluarganya sangat mendukung kesetaraan gender. Isu feminisme itulah yang membuatnya sangat antusias untuk ikut bermain dalam film The Huntsman ini.

Selain itu, perselisihan segitiga, antara Sara, Ravenna, dan Freya, juga sangat menarik bagi Chris Hemsworth. Akting Charlize Theron dan Emily Blunt, yang memerankan dua ratu kejam, ia puji sangat natural. Ditambah dengan Jessica Chastain, ketiganya mampu menampilkan aura yang berbeda. Namun, kepiawaian tiga aktris berpengalaman tadi tidak sampai membuat Chris Hemsworth terintimidasi. Aktor asal Australia tersebut malah mengaku bisa membawakan karakter Eric dengan lebih santai. Dan penuh humor.

Memang, meski film ini didominasi para cewek, bukan berarti karakter yang diperankan oleh Chris Hemsworth hanya menjadi bumbu pemanis. Malah, masa lalu sosok Eric bakal digali lebih dalam. Jati diri the Huntsman yang sebenarnya akan diungkap. Terutama, hubungannya dengan Freya. Dan kisah cinta pertamanya dengan Sara. Jauh sebelum ia membantu Snow White (untuk membinasakan si Ratu Jahat Ravenna) dalam film yang pertama dulu.

Btw, di Inggris, film yang diproduseri oleh Joe Roth (produser Maleficent) ini sudah bisa dinikmati mulai 4 April 2016 yang lalu. Sementara itu, di Indonesia, baru akan serentak diputar di bioskop-bioskop pada hari Rabu (13/04) ini. Namun, sayangnya, sejauh ini, sejumlah situs review memberi sambutan yang kurang positif. Meski sudah berusaha maksimal untuk menampilkan dunia fantasi (dengan efek visual CGI), The Huntsman: Winter’s War dianggap kurang berhasil. Terutama, dalam menyajikan cerita “sprekuel” yang menarik.

***

The Huntsman: Winter’s War

Sutradara: Cedric Nicolas-Troyan
Produser: Joe Roth
Penulis Skenario: Craig Mazin, Evan Spiliotopoul
Berdasarkan: Karakter-karakter yang diciptakan oleh Evan Daugherty
Pemain: Chris Hemsworth, Charlize Theron, Emily Blunt, Jessica Chastain, Nick Frost, Sam Claflin, Rob Brydon
Musik: James Newton Howard
Sinematografi: Phedon Papamichael
Editor: Conrad Buff
Produksi: Perfect World Pictures, Roth Films
Distributor: Universal Pictures
Budget: USD 115 juta
Durasi: 114 menit
Rilis: 4 April 2016 (Inggris), 13 April 2016 (Indonesia)

Ratings

IMDb: 6,3/10
Rotten Tomatoes: 19%
Metacritic: 36/100

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: The Huntsman: Winter’s War (2016)

Leave a comment